Antara Slank dan Dewa 19

Dua grup band ini merupakan grup band besar di Indonesia, kiprah mereka di dunia rekaman musik Indonesia sudah dimulai sejak era 90’an. Dan semua orang tentu tahu betapa susahnya untuk bisa berkiprah dan tetap eksis di dunia musik seperti apa yang telah dua grup band ini lakukan.

Ada satu yang terlintas di benak saya selama beberapa hari ini, bahwa dua grup band ini punya berbagai kesamaan sejak dari pertama kali album mereka muncul sampai sekarang ini. Berikut akan saya coba jabarkan persamaan persamaan tersebut.

Pertama, persamaan yang paling mudah dilihat dalam kemunculan album perdana Slank dan Dewa 19 adalah jumlah personel, dan gaya rambut mereka. Slank album pertama bermaterikan 5 orang personel yaitu Bim Bim (Drum), Kaka (Vokal), Bongky (Bass), Indra (Keyboard), dan Pay (Gitar). Sedangkan Dewa 19 di isi oleh Dhani (Keyboard), Erwin (Bass), Wawan (Drum), Andra (Gitar), dan Ari Lasso (vokal). Pada album perdana ini juga seluruh personel dari Slank dan Dewa 19 tampil dengan gaya rambut gondrong khas musisi awal tahun 90’an.

Kedua, Slank dan Dewa 19 dalam album pertamanya sama sama menampilkan kualitas musik yang tinggi dan mampu menggebrak pasaran, menununjukkan karakter musik yang kuat, serta punya vokalis dengan suara yang khas.

Ketiga, Slank dan Dewa 19 punya satu orang yang menjadi aktor utama dalam inspirasi lagu dan penulisan lirik lagu, aktor ini adalah yang paling dominan dan paling banyak menciptakan lagu buat grup band masing masing. Slank punya Bim Bim sebagai penulis lagu yang utama, sedangkan di Dewa 19 ada Dhani.

Keempat, baik Slank maupun Dewa 19 sama sama berjaya dan meraih popularitas mereka dalam rentang waktu 1993 sampai 1999, dimana dalam lima tahun tersebut kedua grup band ini meraih berbagai penghargaan, menggelar konser dan tampil di televisi dengan intensitas yang cukup tinggi pada saat itu, termasuk mengambil hati rakyat Indonesia dari berbagai latar belakang pendidikan maupun status sosial untuk menjadi fans mereka.

Kelima, vokalis mereka sama sama makin turun kualitas vokalnya, meski tidak kehilangan karakter, namun baik Kaka Slank maupun Ari Dewa sama kehilangan nafas panjang dan nada tinggi suara mereka. Tak akan ada lagi teriakan sangar Kaka Slank macam yang ada di lagu Aborsi, Karang, ataupun Mau Tidur. Ari Lasso juga tak lagi menunjukkan kemampuan vokalnya seperti pada lagu Kangen, Hanya Mimpi, atau Swear.

Keenam, baik Slank maupun Dewa 19 pernah bermasalah dengan yang namanya narkoba. Personel Slank dan Dewa 19 terjerumus dalam lorong hitam bernama narkoba, bahkan sampai pada taraf yang parah sekali. Sampai sampai Bim Bim pernah digosipkan mati.

Ketujuh, Slank dan Dewa 19 pernah hampir bubar saat mereka kehilangan personilnya. Slank kehilangan Bongky, Indra, dan Pay (sekarang membentuk BIP), sedangkan Dewa kehilangan Ari Lasso (solo karir) dan Erwin (kalau tidak salah sekarang bergabung dengan Nukla).

Kedelapan, baik Slank maupun Dewa 19 menyisakan dua personil asli mereka sejak album pertama mereka, yaitu Bim Bim dan Kaka pada Slank, sementara Dewa 19 menyisakan Dhani dan Andra

Kesembilan, Slank dan Dewa 19 terus berevolusi dengan warna musik mereka yang makin beragam, progresif dan inovatif dalam setiap album barunya. Hal ini sedikit banyak terpengaruh oleh pergantian personel di tubuh masing masing

Kesepuluh, masing masing sudah memiliki manajemen yang kuat, termasuk mereka juga sudah mampu memproduseri sendiri album mereka. Kedua band ini juga punya studio rekaman sendiri.

Kesebelas, kedua band ini punya penghasilan besar dari penjualan album, manggung dan lain sebagainya. Namun salah satu konsekuensinya adalah lagu lagu dalam dua album terakhir mereka yang mulai datar, jarang lagi ada warna warni musik seperti yang sering mereka tampilkan pada album album sebelumnya.

Demi menjaga konsumen yang juga berarti menjaga penghasilan, Slank dan Dewa 19 lebih memfokuskan diri untuk membuat lagu lagu yang bisa laku dipasaran, sehingga mereka mempertahankan gaya bermusik yang sudah pasti diterima masyarakat meski dengan gaya musik tersebut akhirnya musik yang mereka tampilkan menjadi statis, ketimbang membuat lagu lagu bagus dan beda dari yang lain seperti yang biasanya mereka lakukan, dengan kata lain musik mereka mulai basi dan menjemukan untuk didengar, apalagi kalau harus didengar berulang ulang.

Dewa 19 dan Slank mungkin masih tertolong dengan skill alami dan pengalaman personel mereka sehingga lagu lagu mereka masih tidak kehilangan ciri sama sekali, namun kalau disuruh memilih, saya akan lebih memilih lagu lagu Slank seperti Reaksi Kimia, Telanjang, Apatis Blues, Pulau Biru, ataupun Bang Bang Tut ketimbang lagu lagu seperti Slankkissme, Yang Manis, Atjeh, atau pun Juwita Malam dan Jakarta Meledak Lagi. Saya juga lebih menyukai lagu lagu Dewa 19 macam Restu Bumi, kita Tidak Sedang Bercinta Lagi, Mahameru, Aspirasi Putih, Satu Sisi, Cukup Siti Nurbaya, maupun lagu lagu macam Angin, Pupus, dan Roman Picisan, ketimbang, Pangeran Cinta, Matahari Bintang Bulan, Indonesia Saja, Laskar Cinta, Sedang Ingin Bercinta, Lelaki Pencemburu, atau Aku Tetaplah Aku.

Padahal, dengan popularitas dan penghasilan tinggi seperti mereka sekarang, apa salahnya membuat warna warni musik seperti yang sudah mereka lakukan sebelumnya, kenapa harus membuat lagu yang nuansanya “itu itu saja”, kalau bisa menjelajah gaya musik baru yang lebih progresiff?.

Bim Bim mungkin sudah dimakan usia, dan idenya mulai kering, tambah lagi Ridho dan Abdee sebagai personel baru kurang banyak memberi warna lain dalam musik Slank, tidak seperti Bongky, Indra, dan Pay.

Sementara Dhani Dewa lebih suka menjadi artis infotainment dan melakukan hal hal kontroversial ketimbang bikin lagu bagus kaya Cintakan Membawamu, ataupun Still I’m Sure We Love Again. Kalaupun bikin lagu, seperti yang terjadi pada dua album terakhir Dewa 19, Dhani lebih suka mengkondisikan agar ia bisa ikut menyanyi, bahkan kalau perlu jadi lead vokal, bukan jadi keyboardist yang mengeksploitasi kemampuannya dan memperindah musik dengan dentingan nada nada manis dan enak didengar.

Andra sibuk dengan side project nya. Sementara Once dan Yuke lebih banyak jadi anak manis dan penurut, lalu memainkan musik sesuai instruksi dan rancangan Dhani, ketimbang menyodorkan ide kreatif seperti yang dulu dilakukan oleh Ari Lasso dan Erwin.

About these ads

105 Responses to “Antara Slank dan Dewa 19”


  1. 1 Amd 12 February 2007 at 09:03

    Hari gini ngebahas Slank ama Dewa? Nidji dong! Ungu kek, atau Samsons sekalian! Atau kalau mau yang paling heboh? ST12!

    @Amd
    Sorry, ga sudi

  2. 2 mbah keman 2 March 2007 at 00:52

    ah semua lagu 2 band itu membosankan, Sujiwo tejo keren coy

  3. 3 Fortynine 3 March 2007 at 21:51

    Susah ngedapetin Sujiwo Tedjo disini Mbah, kalau Trio macan, baru mudah dicari

  4. 4 wahyu "bala_dewa" 4 March 2007 at 16:34

    kedua band itu sangat produktif, lht aja usia bandnya, udah tua kan?tapi walo gtu, mereka tetap berkarya dan lagu2nya masih enak di dengar, klu ada yang bilang g enak, berarti mereka BUTA musik!!!
    GO!!!!!DEWA19,aku BALA_DEWA MU yang setia.

  5. 5 Fortynine 5 March 2007 at 12:57

    Wah ada baladewa berkunjung nih. Makasih kunjungannya yaa..

  6. 6 tian bs 6 March 2007 at 21:28

    gw Slankers sejati,gw akan dukung slank dimanapun kapanpun selama gw masih hidup.

    Slank adalah the Rolling Stonesnya Indonesia lw pada nyaho gak.gw yakin indonesia gak ada slank ga akan ada “band.”

    Salam gw ke seluruh Slankers di dunia…piss

  7. 7 manusiasuper 7 March 2007 at 16:57

    Siti ropeah saja rid..
    Atau “kejamnya A’a”

  8. 8 Faris Hiltono 8 March 2007 at 15:23

    gak slank, gak dewa pokoknya saat ni gua g mau ngebahas. Gua mo fokus d ujian dulu, buat apa 12 tahun skul, cm d tentuin 3 hari doank, gak kongkrit!! waktu sd ja kencing g pernah lurus masa ujian g lulus-lulus……
    salam bwt mas Tukul.. KEREN!!

  9. 9 raultaufan 8 March 2007 at 16:54

    Semuanya bagus, gak ada yg jelek… Tapi di atas mereka berdua, masih ada yg lebih bagus… Yaitu: IWAN FALS… HIDUP OI…!!!

  10. 10 Anjaz 10 March 2007 at 01:04

    saluut buat slankers

  11. 11 Fortynine 11 March 2007 at 17:07

    @Manusiasuper: Indahhhhh!!

    @Faris&Anjaz: Makasih kunjungannya

    @raultaufan: Sebenarnya saya juga ngefans Iwan Fals

  12. 12 Hafil 12 March 2007 at 23:09

    Tulisan anda memang sangat tepat menggambarkan keadaan kedua band papan atas tersebut.

    Slank dan Dewa adalah bagian dari perjalanan musik Indonesia yang fenomenal. Tetapi yang perlu aya catat dari kedua Band tersebut selain masalah musikalitasnya adalah kedua Band tersebut berusaha menjadi suatu paham yang bersiri sendiri.

    Sebagaimana Slank yang berani menyatakan bahwa Slank adalah sebuah paham (Slankissme) yang menekankan pada sifat hidup yang jujur,polos dan apa adanya serta mengajarkan kepada para penggemarnya bagaimana supaya bisa survive dalam kehidupan ini melalui perjuangan seperti dalam kisah2 perjuangan Slank dari awal yang penuh dengan liku2.

    Sedangkan Dewa lebih kepada tujuan mengajarkan penggemarnya yang humanis dengan mengajarkan kerukunan antar sesama.

    Saya rasa ini perlu diambil sisi positifnya dan bisa diikuti oleh penggemar masing2 kedua band tersebut

  13. 13 Fortynine 22 March 2007 at 12:00

    Makasih kunjungannya, Mas. Semoga kita selalu bisa mengambil yang baik dan meninggalkan yang jelek (emangnya sendal di mesjid????)

  14. 14 masdan 5 April 2007 at 09:51

    SLANK LEGENDA – DEWA MERASA LEGENDA
    SLANK TIDAK SOMBONG — DEWA SANGAT ANGKUH
    BIMBIM PEMIMPIN DEMOKRATIS — AHMAD DHANI OTORITER
    SLANK ROLLING STONES — DEWA QUEEN
    SLANK JUJUR DAN APA ADANYA — DEWA HIPOKRIT / MUNAFIK
    SLANK KEKELUARGAAN —DEWA KELUARGANYA BERANTAKAN
    SLANK TEMENYA AMIEN RAIS — DEWA TEMENNYA GUSDUR
    SLANK BELAJAR DAN BERUSAHA TOBAT — DEWA SOK SUCI

  15. 15 Fortynine 5 April 2007 at 15:25

    Luar biasa, moga moga Slankers dan Baladewa bisa membaca tulisan ini, dan komentar anda yang luar biasa ini.

  16. 16 asep1974 17 April 2007 at 12:38

    lagu favoritku: “Anyer 10 Maret” dan “Satu”

  17. 17 Fortynine 17 April 2007 at 17:11

    Sip lah!!

  18. 18 bibo 25 April 2007 at 22:08

    gw bukannya sok jd penengah, tapi gw suka kedua band ini

  19. 19 golog 26 April 2007 at 21:51

    kalo pingin dangdutan bukan disini ya…?

  20. 20 bymo_vergil 7 May 2007 at 05:39

    What the fuck it is?
    Rolling stone, dengan bejibun karya yang fenomenal, tapi dunia sll berubah krn generasi ke generasi akan sll menjadi juri dlm sgl bentuk apresiasi. terutama musik. rolling stone akhirnya harus dan wajib mengakui kalo ini bukan jamannya lagi untuk mereka, orang tua lebih baik cuci kaki trus tidur.but they are a legend.

    Slank , dari kelas 2 sd gw dengerin ,yang gw liat cuma kepolosan mereka mencipta lagu. jujur banget.but dewa? dewa dah mati, yg ada dhani band!!! Tapi yang gw heran kok kita2 slm ini ngebandingin slank sama dewa sehhhh…. its different music style. Dua2 nya sm2 pengen bermusik awalnya kan? kok g ngebandingin slank dengan soneta or koesplus?kan legen hrs dibandingin ma yang legend dong. dhani kelaut aja deh. andra&backbone tuh yang hrs di perbincangkan. hehehhe…thanks piss

  21. 21 BS 24 May 2007 at 12:24

    Slank ROCKS…!!

    http://www.slankerscyber.com

  22. 22 Fortynine 30 May 2007 at 17:13

    Yeah, thanks man

  23. 23 yoedii 13 June 2007 at 14:12

    aduh cape deh….kenapa qta harus membeda2 kan?gue suka slank dan juga suka dewa..kalo da yg menjelekin salah satu gue gak stuju tuh..musikalitas dewa sama slank tuh beda, slank yang cinta damai……..dan dewa yang selalu men-dewa-kan cinta…..cinta style( lagu dan albumnya berbau cinta semua-red). slank atw dewa sama saja….mereka juga manusia biasa..kok?napa qta mesti ributin mereka sih..!!gitu aja kok repottt(kata gusdur)

  24. 24 Neo Forty-Nine 14 June 2007 at 22:35

    @Yoedii: Ada yang bikin repot, Dhani itu Yahudi sentris

  25. 25 whitegun 29 June 2007 at 05:08

    Dari penjabaran di atas, ada beberapa hal yang gw kurang setuju dan setuju:

    pertama: gw setuju

    kedua: gw kurang setuju, alasan: di album pertama Slank memang menampilkan kualitas musik yang patut diacungi jempol, tapi dewa…? Dewa cuma menampilkan musik cengeng dengan kualitas mentah banget, permainan yang sepertinya masih takut-takut dan tanpa skill bermusik yang mantap, buktinya lagu ini sempat dirilis ulang oleh Dhani sendiri dan hasilnya jadi bagus, ini bukti bahwa lagu kangen pada saat itu masih sangat mentah, gak percaya? dengerin sekali lagi lagu kangen, lalu dengerin lagu cukup siti nurbaya setelahnya, pasti keliatan bedanya.

    Ketiga: kurang setuju, alasannya: setiap band pasti punya seorang motor penggerak bagi bend tersebut, Slank punya Bimbim dan Dewa punya Dhani, yang aku kurang setuju, Bimbim di Slank adalah leader yang mungkin bukan pencipta lagu terbanyak dari karya-karya Slank, sebab dari album pertama (gak tau yang sekarang) selalu ada tulisan di cover albumnya Slank yang bunyinya: “semua lagu yang terekam dalam album Slank ini diciptakan dan dimainkan oleh Slank” lalu apa buktinya Bimbim sebagai pencipta lagu terbanyak. Kalo Dhani jelas, hampir semua lagu Dewa diciptakan oleh Dhani.

    Keempat: setuju

    Kelima: setuju, sedikit komen: Kaka dan Ari memang kehilangan suara emasnya, tapi kalo mo denger teriakan sangar Ari dengerin Cukup Siti Nurbaya.

    keenam: setuju

    ketujuh: setuju, ini sebuah kesamaan lain antara keduanya.

    kedelapan: setuju dan ini yang buat warna musik mereka berubah secara anarkis

    kesembilan: setuju, seperti yang gw bilang barusan

    kesepuluh: setuju, emang udah sepantasnya mereka begitu

    kesebelas: setuju, seharusnya sebagai band yang udah dianggap besar, Slank dan Dewa gak boleh lupa untuk tetap mempertahankan warna warni musik yang beragam terhadap karya mereka. Gw bahkan terkejut waktu denger album terakhir Dewa, dalam hati bertanya-tanya, “Ini beneran lagunya Dewa? Kok ancur banget.” Wajar aja kalo setiap band menampilkan warna baru di setiap albumnya, tapi album Dewa yang ini, aduh bukan warna baru tapi ‘ketololan’ baru. Sementara Slank memang udah gak bisa bikin lagu sangar kyk dulu, skillnya udah kering kerontang seperti juga idenya, malah menurut gw ini terjadi semenjak Slank ditinggal Pay, Indra dan Bonky.

    Kritik dikit, nama bandnya Dhani bukan Dewa 19 lagi, tapi Dewa aja semenjak ditinggal Ari Lasso. 19 itu maksudnya adalah Dewa masuk dapur rekaman pertama sekali waktu mereka sama-sama masih berusia 19 tahun.

  26. 26 whitegun 29 June 2007 at 05:11

    @ tian bs
    Salah bgt tuh, jauh sebelum Slank lahir udah ada band rock di Indonesia yang hingga sekarang masih eksis ditengah kesibukan masing2 personilnya, God Bless. Pantesnya Slank manggil mbah sama mereka.

  27. 27 mahi daan 21 July 2007 at 17:21

    Dewa emang ampir sama kayak Slank karena Dewa ngikutin Slank contohnya waktu Slank bikin fans club pulau biru Dewa bikin mahameru hijau yang sekarang kayaknya udah mati. Bukti Slank lebih unggul dari Dewa adalah Slank kepilih menjadi MTV Ikon Indonesia pertama ngalahin band yang lain

  28. 28 STORMY 26 August 2007 at 21:34

    kurang ajar………. kalian semua gak ngerti musiikk…. kalian pada gak kenal sapa tu DEWA19…. gak tau apa kalo ada boss dhani?????? sang jenius komposer?????? gak ada orang seperti dia… dia tidak seperti yang kalian kira… sia hanya cuek saja… saya selaku ketua baladewa malang merasa terhina…. kalian tuch pada g ngerti apa itu musik??? dan apa ari semua ini…. jangan sok!!!!!! jangan sok tau,,,!!!!!!!!! ga ada yang seperti DEWA19 di belantika musik saat ini….. hidup baladewa… hidup DHANI…. liat kualitas donk!!! jangan bagusnya… karna baladewa orang yang berkualitas… emang sich banyak yg lebih bagus dari DEWA19…. tapi yang lebih fantasti dan berkualitas BELUUUUMMM AAADDDAAAAA… you know… salam baladewa… dan lagi… angka 19 adalah angka keramat…. 19 adalah angka pengunci ALQURAN… tau!!!!

  29. 29 Neo Forty-Nine 26 August 2007 at 23:32

    Katanya Baladewa? kok ga menebarkan cinta? Dewa apa ga merasa terhina tuh, saat manggung bareng Kangen Band?

  30. 30 nnay 10 September 2007 at 13:28

    yang kedua belas…. slank dan dewa sama sama menghilang dari benakku di atas album ke 7

  31. 31 nnay 10 September 2007 at 16:30

    nambah, nemenin mbah keman,
    sujiwo tejo bagus tuh…

    cuman di album keempat, presiden yaiyo, blm bisa disandingkan dgn album2 terdaahulu, terlebih album pertamanya (pada suatu ketika)

  32. 32 yuda 21 September 2007 at 18:08

    wah dua2nya mank krenzzz…..Tp gw lebih cenderung ke DEWA karena gw BALADEWA….majo terossss…..DEWAAA…!!!!

  33. 33 setiawan 26 November 2007 at 14:54

    DEWA 19 = HIDUP DHANI

  34. 34 john 5 December 2007 at 13:52

    Ada satu titik jenuh saat menjadi baladewa, ketika gak ada lagu baru yang nendang, tapi untuk berpaling ke band lain rasanya belum ada yang kharismanya seperti dewa.
    Koil semakin gak kedengaran namanya
    Slank gak ngerti mau di bawa kemana
    Naif jadi band menyebalkan dengan menjelek – jelekkan Kangen Band
    Nidji terlalu Canggung
    Samsons hanya beberapa lagu yang bagus
    Saya Suka Dhani se Natural Dhani.
    Sosok yang idealis kharismatik dan Cueeeek Abis
    Go Dhani Go
    Lagu Baru belum ada Gpp Jadi pengikut Dhani Gpp karena Dia juga patut ditiru

  35. 35 angga 20 December 2007 at 23:18

    klo,menurut gw sich,lebih baek slank!!dari gw kecil ampe sekarang gw masih setia dengerin lagu2 slank!lagu2-a polos dan apa adanya!!klo lagu dewa19 kayak-a kampungan bnget dech!!!lagunya basi,gak da kreasi-a sama s x,,kurang skill!!jadi gw lebih memilih slank,slank,tetap slank,hidup slank!!piss!!

  36. 36 g-zoot 20 December 2007 at 23:26

    wow ngomongin slank and dewa nech!!!menurut gw slank lebih unggul dari dewa!!!klo slank udah mempunyai banyak pengalaman!!and skillnya juga gk kalah ama group2 band luar negri!!klo dewa sich masih mentah banget!!gw suka liat abdee memainkan melodi guitarnya,,abdee gitaris indonesia!!hidup slank!!salam boat slank and slankers2 indonesia

  37. 37 fahua faatihub slanker 1 January 2008 at 22:09

    aku bocah SLANKER NGANJUK!
    SLANK IS GREAT!

    jangan samakan antara slank yang idealis, dengan dewa MATERIALIS.
    jangn samakan slank yang ngeblues dg dewa yang sok MULUS!

    dhani, kalu lu baca tulisan ku ini,

    LIRIK2 LU SOK FILUSUFIS!! NAJIS!

  38. 38 fahua faatihuN slanker 1 January 2008 at 22:11

    salam damai dan willujeng sentoso kagem slankers sak indonesia.
    DENGUNGKAN PISS BUAT SEMUA!

  39. 39 virus 21 January 2008 at 06:02

    dari album pertama ampe album yg sekarang slank lah yg keren ^^ lagu lagu mereka bener” lagu buat rakyat slankers hehe he he

    peace^^

  40. 40 ian 31 January 2008 at 09:51

    kalo bole saya usul ..(terutama buat dhani) mbok ya jd orang jgn arogan lah ,santai aja man …ga usah banyak bicara malah di anggap tong kosong nanti nya ..bole bicara asal yang jelas jgn sok puitis ,malah basi kalo di didengar (apalagi liat muka lo) ..wajar2 ajalah jd orang ,,,kyk gw nih santai ,,ga rusuh,ga cari sensasi and .. ga S.A (Sok Artis)contoh aja ya :Andra bikin the back bone..menurut gw Andra bikin proyek sama the backbone mungkin jenuh aja liat sikap ma bicara lo yang ga jelas ..maka nya dhan,jgn sok jago ya..gw tau lo jago buat lagu..jago silat..apalagi jago cr sensasi,wes pokok e rek.koen dadi arek seng afdhol wae …jenggot mu kui di cukur mengko malah iso di anggap kyai ..kyai tombak langkang ….(hehehee)

  41. 41 ian 31 January 2008 at 09:54

    mending dhani gabung aja ke kangen band biar bisa belajar lebih baik dan mengerti soal kehidupan….

  42. 42 TERBAIK 31 January 2008 at 12:28

    YA EMANK 2 BAND INI AJA YANG TERBAIK SAAT INI

  43. 43 slankersurya 9 February 2008 at 13:38

    jgn gt!!!

    kita sbg slankers lbh menghargai smua aliran musik di dunia

    slank itu polos apa adanya

    ga neko2
    lo liat aja jebolan potlot
    kaya nidji, brandals, naif, S.I.G.IT, anto, SO7, dll

    jd aplg yg dragukan dr slank yg pny slankers di saentero negri.
    just rock n roll

    kalo lo yg brani2 ngejek slank n slankers, siap2 aj kena tanggungnya! kalo lo g di gebugin di jalan

    oke

    slank love iwan fals

  44. 44 slankersurya 9 February 2008 at 13:40

    oia satu lagi bro

    band indonesia ga bakal maju klo g da slank n iwan fals

    PEACE

  45. 45 Jalidu 18 February 2008 at 22:47

    Slank nggak asyik buktinya kalo ada konser pada tawur ,tuh anak mau perang atau mau pis…pipismaa…ss kebanyakan congyang jadi pinginnya piii….ssss terus mas ?
    Slank katanya gak neko-neko ya jelas to lha wong bikinnya aja sambil mabuk ,tul nggak mas.
    Slank kayak The Rolling Stones jauh mas itu bagaikan bumi dan langit, Kaka kesannya cuma lethek (kusam) kalau Jegger walopun mabuk masih kempling.
    Yang jelas Band ini penuh kemunafikan dan membohongi publik.Personelnya ada yang terlalu membanggakan kalo dirinya bekas pemakai, itu tidak sebanding dengan band-band lain sebut saja God Bless,Jamrud yang personelnya sampai sekarat tapi mereka tidak membanggakan bahwa mereka pemakai bahkan personel Slank ngomongnya dibikin-bikin kaya lagi teler. Itulah kemunafikannya.

  46. 46 rizaldee 19 February 2008 at 21:27

    SLANK itu musisi tulen,coba aja loe liat di infotainment ada gak berita dari SLANK yg diluar dari karya2 mereka, bandingin aja ama yg jual popularitas selain dari gossip2 murahannya…???

  47. 47 Jalidu 20 February 2008 at 21:14

    Gimana wartawan infotainment mau dekat dengan Slank kalau penampilannya dan auranya berbau narkoba jangan-jangan nanti wartawannya ketularan. Di luar negeri masih kalah sama anak-anak shaggy Dog .kalau konser diluar paling-paling Slank yang nonton ya orang-orang kita juga. Sepandai-pandai slank melompat akhirnya akan jatuh juga, ingat Fariz RM dan Ahmad Albar.

  48. 48 ryan 5 March 2008 at 18:31

    lo2 gk thu musik la mbok diam aj d rumah,, slank adlh band dari segala band. semua band di ina pasti kagum dengan keberadaan slank di ina

  49. 49 Jalidu 7 March 2008 at 15:06

    ya kagum karena kasihan, nanti kalo diajak main bareng kagak mau dikira sombong, tau ?
    Slank tidak ada bagusnya Amin rais dulu salah pilih maunya dijadikan icon dalam pemilu lewat PAN hasilnya kasihan deh lu, mendingan Gus Dur banyak yang tidak suka tapi kan pernah jadi Presiden penguasa di Republik Indonesia termasuk Slank jadi anak buahnya Gus Dur

  50. 50 Anyer Bimo 15 March 2008 at 11:30

    Ech….JALIDU…nggak ada konser di indonesia tanpa tawuran…Jgn nuduh hanya slank yg tawuran..msh mnding SLANK Ngasih semboyan PISS (ada nggak band kyk slank..).
    Kl Bim-Bim mengaku pernah makai narkoba, tch namanya jujur nggak ditutupin…seprti musisi yg laen..!.(Buat bagi pngalaman ma slankers…)

  51. 51 dante 16 March 2008 at 07:14

    eh, msh hidup po dewa?

    slank bentar lagi nelorin album versi intelgorengnya tuh. kt tunggu ya, apa lgu br or lgu lama yang di rekondisi.hehehe…

    hidup dewa!!!!(niruin seruan di lagu 8ball; 8ball apa 9ball ya, yah, yang lagu ngentot itu lho)(huuu…dante saru…)

  52. 52 Bon-Q 16 March 2008 at 10:10

    Mo lg rekondisisi,Mo lg rekonstruksi,mo lg reformasi,ato revolusi…..
    Peduli amat…gue tetep beli albumnya….
    To: adisty….I Miss you Babe`s..

  53. 53 Jalidu 19 March 2008 at 23:08

    Justru Pissnya Slank yang niru-niru dari luar bukan nya nggak ada band yang kayak slank coba itu The Police, Phill Collin ,Beattle terutama John Lenon atau si Paul suka neriakin Peace kalau habis nyanyi tapi nggak keseringan, bukannya Piss itu mah pipis kayak bandnya Slank makanya wajahnya lesu dan kuyu kaya personelnya Slank.

  54. 54 Case_Study 27 March 2008 at 04:12

    wooi JALIDU,, kami slankers Indonesia memang terlihat kampungan,, tapi kami jauh lebih cerdas daripada lo,, berani berbuat-tau resikonya-berani bertanggung jawab,, gak kayak lo yg bisanya cuma ngebacot doank !!!

  55. 55 Mbombob 27 March 2008 at 21:08

    Eh para personil slank mang keliatany lesu.Tu krna memikirkn band2 katrok macam DEWA..Para personilny bubar,gra2 pusing ngliat dhani d tv,yg cri sensasi..Gosip murahan..Dasar Dani pecundang…
    Salam Piss
    “karangpandan
    SLANKer comunity
    Mawar_Merah”

  56. 56 abiehakim 2 April 2008 at 16:01

    wah…komentarnya dahsyat semua….ngomong2 lagu restu bumi-nya mana bos?

  57. 57 Jalidu 6 April 2008 at 22:57

    Waduh rekaman lagunya diluar negeri kok kayak gudang kasihan tuh personelnya slank.

  58. 58 cHaRLie 8 April 2008 at 14:16

    oe, jaLiddu… sOk kerenz bgt se LooO!! emang seLama idup Lo, Lo udah pernah nyiptain karya2 sebaguz sLank?? gaaaaak kyaaaan……
    klo Lo dah pernah nyiptain karya kayak slank, baru keluarin bacot Lo yg gak bermutu itu… wLo amien Rais gak maju sampe menang, kan gak malu2in.
    dibanding gusdur, udah buta, jalan aja masih dituntun!!!
    malu dunkz…
    gw aja yg jadi WNI malu pernah punya pemimpin kayak gusdur. cukup dech negara kita kayak gini. jangan ditambah kemaluan donk.. kecuali Lo, yg gak punya kemaluan!!

  59. 59 sigit 2 May 2008 at 15:48

    slank yg plg keren dr smua band……….
    salam damai dr slankers TULUNGAGUNG……..PISS!

  60. 60 jimbok 21 May 2008 at 20:37

    salam buat slank and para slanker,s dimanapun berada.
    jangan samakan slank dengan dewa.
    slank lebih bebas and lagu2nya banyak menjadi impirasi slanker,s dimanapun’
    SALAM DAMAI DR SLANKER,S ELORAAAAN………….PISS!!!!!!!

  61. 61 dinad 24 May 2008 at 16:55

    slank donk…..
    dewa tu munafik dan sok melegenda
    enak hidup apa adanya….

  62. 62 slanker juga 25 May 2008 at 19:23

    coba liat blognya mas remy soetansyah dan link2 di sana
    http://soetansyah.multiply.com/

    sori bukan cari musuh, cuma mau rusuh
    hee…hee..

  63. 63 Mr. Fortynine 29 May 2008 at 22:34

    @john:

    Lagu Baru belum ada Gpp Jadi pengikut Dhani Gpp karena Dia juga patut ditiru

    Hidup Dhani!!! Hidup Hijacking! Hidup Arogansi!!!

    @ian: Seharusnya Dhani baca, tapi kan kata Dhani itu tempatnya orang pengecut dan bodoh

    @abiehakim: He he.. Ketinggalan ya?

    @slanker juga: Sudah saya liat, he he he

  64. 64 jumpin 18 June 2008 at 21:20

    he……..jalidu………..

    bacot loe jogoen……..

    deWa iku nDeso g kyok sLank.mKane deWa g tW muNcuL.deWa ngisin2ni inDoneSIa..
    isone gAwe kOnflik tok.

    deWa kaCanGan…

    slaM smUA slANkERs indOnEsia…..

    pEaCe!!!

  65. 65 affandi 6 July 2008 at 00:39

    Dewa 19 katanya mau bubar ya? karena Dhani dan Andra sibuk sama Side projectnya

  66. 66 affandi 6 July 2008 at 00:42

    bubarin aja DEWA 19 biarin aja Dhani sibuk dengan keangkuhannya

  67. 67 aditya 6 July 2008 at 00:44

    Dewa 19 sudah tenggelam sama the Rock Indonesia dan Andra & the backbone ya??? Baladewa??? Hayo ngaku hayo ngaku

  68. 68 Mbombob 23 July 2008 at 21:16

    Lah..Dewa mang dri dlu mati,dah bubarin aj band kyk gtu,,,dani sibuk cari selakang..Buktiny bwt band personilny cwe..Tu krn dani pngn selakangnya aj..Hidup SLANK…Hidup slanker karangpandan..Salam PLUR bwt slanker se jagad raya

  69. 69 Mbombob 23 July 2008 at 21:21

    Lah..Dewa mang dri dlu mati,dah bubarin aj band kyk gtu,,,dani sibuk cari selakang..Buktiny bwt band personilny cwe..Tu krn dani pngn selakangnya aj..Hidup SLANK…Hidup slanker karangpandan..Salam PLUR bwt slanker se jagad raya..Peace

  70. 70 Slanker Papua 26 July 2008 at 12:41

    Gw setuju banget sama komen nya Masdan (no. 14).
    Slank is the Best, coba loe perhatiin, mau konser siapapun, apapun, kapanpun n dimanapun di Indonesia, gw sering banget ngeliat BENDERA SLANK…
    Mau itu konser gigi, nidji, peter pan, ungu, inul, trio macan, dewi persik; pop, rock, bahkan dangdut bendera SLANK selalu berkibar….(kecuali kasidah n marawis)
    Bravo Slank, Bravo Slankers, Bravo Pulau Biru Production (anti republik cinta)…

  71. 71 gw 6 September 2008 at 14:14

    hey..mau baladewa slankers sm aj,lo jgn sok tahu wajar lo jelekin sana sini krn lo ngidolain dia..p’cm mas bim2 am mas dhani (presiden)blg kt surh cnt&piss lo pd brntm kampungan lo smua..bim2&dhani org yg super arogan aj bs damai msk lo br curut udh sok berantm..siap yg blg bim2 g’ arogan(w lm diptlot ) bim2 sm kyk dhani tp justr kearogan mrk jd bsr krn ada pemimpn..ok

  72. 72 ardan 25 September 2008 at 11:45

    jalidu mending loe ke laut,idola loe si dhani dah jadi penjahat kelamin kelas wahid.pria pecundang,dah tau maia jadi pecum tp tetep aja gak mo ceraiin.udah tau maia jadi bispak masih aja mau make,katanya kaya dan terkenal tapi nyari pengganti maia aja gak becus.mending dhani mangkal di taman lawang aja wakakakakakakakakakakakaka

  73. 73 ampu gw... 6 November 2008 at 19:24

    indonesia…indonesia….kasihan bgt…..cuma gara2 slank am dewa aja ribut…Sebenernya 2 band nich emg band besar buktinya org tahu smua….pd ngmngin,Pdhl lo yg ribut dhani am bimbim lg mabok sng2 dimarkas masing2…mending lo ngurus diri lo sendiri dah tercapai lom cita2 lo….kl lo g suka dewa ya…g’ usah dgrn lagunya kl g’ suka slank g’ usah dgrn boz…..gampangkan…..w yakin smuanya tahu lagu2nya slank juga y kan ngaku lo….kl lg mabok…y dgr slank kl lg mbok cinta y dgr dewa…ha…hay….

  74. 74 Bajidul 15 November 2008 at 19:51

    Wah,….kalo gw lebih suka sama lagu-lagunya Slank yang masih ada Pay, Bongki, Indra. Soalnya lagu2nya masih “fenomenal” dan “extra-ordinary”,..gak kayak lagu2 Slank yang sekarang,,……cuma komersil dan “datar2″ aja,..

  75. 75 lembahbaliem 3 December 2008 at 23:31

    Slank begitu dekat dengan orang yang lagi sakit hati, kecewa dengan pemerintahan, dan juga kehidupan sosial dan berbudaya

  76. 76 adnan 6 December 2008 at 11:55

    kedua band itu memang bagus”’
    tp gw mili slank krnaaaa
    lebi sle’ngaan n lb savage
    salm nya wt slankrs n selank ki
    se jagat raya n bw mz pay yg da keluar dr slank
    tetap peace

    bida dari penyelamat ku mana

    peace!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  77. 77 seno slankers 24 December 2008 at 14:30

    yang ngejelek-jelekin slank akan gw bunuh….gw gak main2!!!!!! karena gw slankers berani mati!!!!!!

  78. 78 bieb slank7 9 January 2009 at 00:45

    SLANK……..
    YESTERDAY….
    TODAY….
    TOMORROW…….
    and..
    FFFFOOOOORRRREEEEVVVVEEEERRR………………………

  79. 79 BornChild 5 March 2009 at 06:15

    Lo emang lucu, pake acara mao bunuh2 segala.. Kalo lo bunuh tu orang2 yang ngejelekin Slank ntar lo pasti dipenjara.. Trus akibatnya lo gak bakal bisa nonton konsernya Slank ato ngedengerin lagu2nya sambil santai2 n ngumpul2 ama temen2 lo, emang enak kalo kayak gitu.. Makanya mikir dulu kalo mao ngomong jangan sok emosi trus nyeruduk kayak kambing..
    Kalo gw meski gak ngefans ama kedua group band tersebut tapi gw seneng2 aja denger lagu2nya, toh yang terpenting kualitas bermain musiknya bukan orang2nya coz kehidupan n keseharian mereka bukanlah kehidupan n keseharian kita..
    PEACE!!!

  80. 80 Koco Gendeng 27 March 2009 at 17:52

    Gwa adalah SLANKER sejati! Tapi hanya SLANKER sejati yang mendukung n mengagumi lagu2 Slank Formasi INDRA, BONGKY, PAY, KAKA, dan BIMBIM! Slank generasi sekarang benar2 bukan THE REAL SLANK yang memiliki karakter orisinil! N sebagai Slanker sejati, gwa terus berharap n berdoa semoga Bongky, Indram n Pay dapat bergabung kembali dengan Slank n membuat Album Slank Returns seperti yang dibuat oleh Kla Project! Saam PISS!

  81. 81 cape dech 15 July 2009 at 13:45

    AHMAD DHANI= YAHUDIIIIIIIIIIIIIIIII BANGSAT LO!

  82. 82 cape dech 15 July 2009 at 13:48

    YANG PENTING HIDUP OI!

  83. 83 Danny Elgar 15 July 2009 at 18:58

    SLANK FUCK!!!!!!!!!!!!!!!!!! NGAPAIN KALIAN SEMUA NGEJELEK-JELEKKIN DEWA19? KALIAN SEMUA ITU GAK TAU KUALITAS MUSIK DEWA19.,JADI DIAM AJA DECH GAK USAH KOMENTAR!!!MUSIK DEWA19 ITU CUMAN BUAT ORANG2 YANG MENGERTI MUSIK!!!! SLANK KAMPUNGAN!!NDESO!! PENGGEMAR SLANK KEBANYAKAN ORANG2 GELANDANGAN!!Menjijikkan!!!Mending dewa19 penggemarnya orang2 intelektual!!Penggemar dewa19 tu rajin mandi&punya rumah!! dari pada slankers kebanyakan gelandangan,gak pernah mandi,gak punya rumah dan satu lagi yg lebih parah kebanyakan kagak diurusin orang tua(kurang kasih sayang orang tua)..!!!! kasihan banget sich para slankkers!!SLANK+SLANKERS BAJINGAN!!!!!!!!!!

    “Sebarkanlah benih-benih cinta.,musnahkanlah virus-virus benci”

  84. 84 ipen 7 October 2009 at 00:22

    slanker kebanyakan cuma ikut ikut. mereka ngoceh tanpa berpikir, klo mereka gak punya pikir. masak yang difans kok orang dekil…….. baladewa seluruh dunia acungkan jari tengahmu…….

  85. 85 slanker 15 November 2009 at 13:13

    PISS LOV UNITI and RESPEK !!!!

  86. 86 Ibenk 23 November 2009 at 10:40

    Anjing dewa + baladewa sok tajir bgt seh lo!! Liat prfl2’y ketua SFC d tiap kota d indonesia, mrka gk seangkuh lo!!! Dhani emg nybarin keangkuhan, Cuuih!!..

  87. 87 SLANKERS 25 November 2009 at 03:23

    kawan-kawanku SLANKERS, se-antero negeri khususnya yang komen di blog ini..jangan timbulkan bau-bau permusuhan diNegeri ini. Indonesia sudah cukup rusuh, kata SLANK di lagu Prakiraan Cuaca : “Mau dibawa kemana negera kita tercinta?”. Trend disini emang sudah makin tinggi. Kata SLANK di lagu Bang-Bang Tut : “anjink menggonggong, kafilah tetap berlalu”. Malu nggak kalo kita teriak P.L.U.R. tapi perbuatan kita nggak P.L.U.R. ??wajar SLANK dilecehkan..diremehkan..disukai..dibeli dan akhirnya dibajak. SLANKERS berdiri diatas semua golongan kawan. Buat para Baladewa, maafkan kami kalo ada salah ucap dari kawan-kawan kami para SLANKERS. Setiap orang punya pendapat, anda baladewa dan kami SLANKERS. Anda boleh mengkritik SLANK karena itu yang SLANK mau untuk kemajuan musik SLANK, tapi kami para SLANKER nggak mau mengkritik Dewa 19 karena kami tidak tahu mereka secara utuh.

    Salam P.L.U.R.
    dari anggota Slank Fans Club Pusat

  88. 88 ipank 29 November 2009 at 23:18

    ayooo………

    cemua ikutin……… slankers…

    tetap.. PEACE LOVE (cinta damai)

  89. 89 ipank 29 November 2009 at 23:20

    jangan iikuti ali……….ran….

    pewegaskin…..

    pwg anjing……..

  90. 90 Wayoe 13 January 2010 at 01:25

    Kedua band itu terlalu sibuk masih ada waktu kah mereka menjalankan sholat 5 waktu,kan uda dkasih rizki..damai[piss] itu bagus tp syukur itu lebih penting..popularitas,uang,keberkahan dtng nya dari ALLAH swt..ayo kita doakan smoga mas bimbim tdk mabuk lg & mas dani gak arogan lg dan smoga mjadi musisi yg religius..amin

  91. 91 Edyan 5 February 2010 at 16:09

    Tidak ada waktu untuk berdebat.
    Slankers ataupun Baladewa, mari kita dukung band idola masing-masing agar mereka terus membuat karya yang bermutu dan menyelamatkan musik Indonesia yang sedang terdegradasi oleh band-band alay!!

  92. 92 ade 2 June 2010 at 13:28

    gue slankers sejati ,,,,gue akan tetep dukung slank d mna pun slank berada…..

    …pizz bwt slankers indonesia………..

    ..lho haruz grak….

  93. 93 wawan 13 May 2011 at 23:40

    mnding orang yg gak tau slank pda diem aja …
    gak usah oceh sana sni tapi gak ada isi kyk tong kosong yg nyaring bunyi nya aja ..
    terserah mreka kalian atau saya asal nggak mlanggar hukum biarkan saja..
    hak manusia ingin bicara..
    hak manusia ingin bernyayi …..
    klo kmu kamu suka ya d dengarkan…
    gak usah bnyak koment ya …….

  94. 94 Anak Shaleh 18 May 2011 at 19:31

    ya ya ya

  95. 95 noel 2 June 2011 at 19:01

    ALBUM TERLARIS SEPANJANG MASA DI INDONESIA MASIH DIPEGANG OLEH PETERPAN…3 JUTA COPY….

  96. 96 puniser 2 September 2011 at 12:46

    O sama I aja dah…..gue 1 lagi avenged sevenfold nih band” indoesia kroco….LOco Coliii,,,

  97. 97 puniser 2 September 2011 at 12:54

    AVENGED SEVENFOLD COYY BAND TERLEGNDARISSSS….MELODI SANGARR..PADA LEWAT TUH BERUDUA DARI PADA NOTONG SALANKERS SAMA DEWA MENDIGAN W KE MASJID ,,,,,L, ………….NONTON KONSER IWAN FALS POLITIK DI MASJIDDD….AVENGED GUA NONTON DI CALIPORNIA NIHHH JINKK

  98. 98 IRVAN 2 September 2011 at 13:32

    HUUUUUSSSSSS…..
    jangan pada brantem mulu lah….
    w suka slank…
    w juga suka dewa…

    TAPI….
    W CINTA SAMA IWAN FALS…
    SERDADU OI …
    BERSATULAH………….

  99. 99 KANCEL SKW BRT 14 May 2012 at 11:02

    udah kalok gua yg simpulkan k2 2 ny sama2 bagus
    contoh ny dewa 19 kualitas ny bagus enngak ada yg nyamain seperti band dia
    sedang kan slank aliran ny rock dan band2 d indonesia nggak ada kualitas ny seperti slank
    tapi kalok gua d suruh milih antara k2 2 ny ya gua pilih dewa 19 dong lagu ny enak d dengar meski pun udah d ulang2 dan kata2 ny pun enggak seperti band2 skarang.
    kalok loe mo kritik jangan jelek2kin dong belum tentu loe pada bisa bikin band kayak gini

    di mana2 kalau band vokalis ny keluar maka smua ny hancur contoh aja dewa19 pada saat ari lasso masih ada,lagu2 ny keren2 kok..

    itu aja yg gua sampai kan kpada loe loe pada..

    BALADEWA MANA SUARA NY…………….
    HIDUP DEWA 19 MUDAH2AN AJA BISA TERBENTUK LAGI DAN MAIN LAGI BERSAMA ONCE,YUKE,ERWIN,AHMAD DHANI,ANDRA,DAN SATU LAGI MANTAN VOKALIS NY DEWA SMOGA AJA BISA GABUNG,,,WWEESSTT ARI LASSO…..

    HIDUP UNTUK BALADEWA 19….

  100. 100 kempes 15 October 2012 at 00:39

    MAJU TERUS SLANK KEMPES YANG SELALU ANTI DEWA 19

  101. 101 dzallu slankers bsd 7 December 2012 at 11:16

    Lagu” slank gg ada yg membosankn,,
    ’setiap album baru yh slank, mereka slu bervariasi, , 1 album gg smua’a tentang cinta ,tp tentang alam, solidaritas,motivasi buat anak” muda, itu lah beda’a slank dg band” lain’a di indonesi, ,  stuju qlo slank rolling stonesnya indonesia

  102. 102 Samoel 4 December 2013 at 20:28

    Gw slankker sejati bung. Cinta slank sampai mati


  1. 1 Slank Makin « Generasi Biru Trackback on 11 April 2007 at 12:54
  2. 2 Slank Makin Melegenda Dewa 19 Makin Basi « Generasi Biru Trackback on 6 December 2007 at 11:22
  3. 3 Tanggapan Buat Komentar Menarik « Generasi Biru Trackback on 6 December 2007 at 16:31
Comments are currently closed.



Monthly Archives

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 166 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 166 other followers

Twitter

  • Makin sempit aja waktu Touring dan Camping kaini caranya 1 day ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: