Slank Makin Melegenda Dewa 19 Makin Basi

Perhatian. Artikel ini amatlah subjektif. Kalau merasa belum siap mental, atau mengaku ngaku merasa Baladewa sejati. Silakan baca artikel yang berjudul Antara Slank dan Dewa 19 atau ini dulu.

2007. Slank mengeluarkan album akustik berjudul “Slow But Sure”. Tak ketinggalan Dewa 19 dengan “Kerajaan Cinta” nya. Slank melakukan sebuah revolusi dengan mengeluarkan album akustik, sebuah konsep album yang belum pernah digarap sebelumnya plus lagu lagu yang memang previously unreleased. Dewa 19? Basi, dengan cuma 2 lagu baru yang dilengkapi dengan lagu lagu lama yang sebagian diantaranya diaransemen ulang.

Slank masih tetap slenge’an, potret anak muda dan tidak ketinggalan memunculkan sesuatu yang selama ini menjadi salah satu ciri khasnya: topik sosial. Dewa 19 makin sok puitis dan sok romantis, mengangkat tema tema cinta yang kadang terlalu menggebu gebu atau berlebihan.

Slank masih bertahan dengan ide idenya yang sekaligus juga masih kreatif. Bimbim tidak berusaha menjadi penggerak tunggal band besar ini. Masih ada lagu lagu yang di ciptakan bukan oleh Bimbim. Bahkan ada satu lagu yang menurut saya akan menjadi lagu kebangsaannya Kaka Slank dan para Scooter mania : “My Scooter Love”.

Dewa 19 mulai kehabisan ide, Dhani makin menunjukkan otoritas tunggalnya sebagai pencipta, pengaransemen sekaligus produser album Dewa 19. Musik Dewa 19 malahan terkesan jalan ditempat, sekaligus ini menunjukkan bahwasanya Dhani belum mampu menemukan aransemen dan lagu lagu baru untuk dicontek dan dicampur adukkan. Seperti yang pernah ia lakukan dalam lagu Arjuna Mencari Cinta.

Dengarkan lagu “Arjuna Mencari Cinta” dari Dewa 19 di album keenam. Kemudian dengarkan lagunya Sting yang berjudul “Roxxane”, itulah lagu yang aransemennya dicomot Dhani. Sedangkan untuk mengisi lyricnya ia melakukan terjemahan bebas dari sebagian lyrics lagu U2 yang berjudul “I Still Haven’t Found What I’m Looking For”. Sedikit contoh :

I have climbed highest mountainI have run through the field

Only to be with you

Sudah kudaki gunung tertinggi hanya untuk mencari dimana dirimu


Sudah kujelajahi isi bumi


Hanya untuk dapat hidup bersamamu

Wanna find more? Click Here!

Bimbim makin romantis dengan istrinya, lagi lagi ia membuatkan lagu special buat Reny yang berjudul “Me & Reny”. Dhani mengais sisa sia kemesraannya dengan Maia Ratu lewat lagu “Dewi”nya. Lagu lagu di album baru Slank menunjukkan bahwa mereka tidak menghilangkan ciri khas, tapi tidak memaksakan lagu untuk menjadi seperti lagu lagu terdahulu yang pernah sukses.

Berbanding terbalik dengan 2 lagu baru Dewa 19 yang jelas sekali aransemennya mengekor kesuksesan aransemen lagu lagu terdahulu yang komersil. Bahkan lagu “Dewi” di telinga saya terdengar seperti lagu iklan Yamaha, artinya Dhani sedang kering kreatifitas, ia hanya memodifikasi lagu! Bukan mengkomposisi sesuatu yang baru. Mungkin ia terlalu sibuk dengan proyek sampingan macam “Obsesi Dewa Mencari Dewi Dewi”.

Slank tetap rendah hati, tidak pindah distributor sekaligus membuktikan kesetiaan mereka pada Virgo Ramayana Record yang menerbitkan dan membesarkan mereka. Dewa 19 (Dhani) sangat angkuh dan ambisius dengan memindahkan manajemen Dewa 19 ke disributor baru EMI. Meninggalkan Aquarius Musikindo yang menerbitkan dan membesarkan nama Dewa 19. Bimbim tidak menunjukkan individualistisnya dengan tidak menamai Slank Record dan Pulau Biru Production menjadi Bim’s Record atau Bimbim Production. Dhani menunjukkan egonya dengan menamakan proyeknya menjadi Ahmad Dhani Production.

Semakin terbukti, kekeluargaan di Slank, dan kebebasan dari Bimbim membuat Slank tetap bertahan dan terus melegenda. Otoritas Dhani di Dewa 19, membuat Dewa 19 mandek dalam ide, sekaligus memecah belah band ini lebih sering daripada Slank.

About these ads

131 Responses to “Slank Makin Melegenda Dewa 19 Makin Basi”


  1. 1 deking 12 April 2007 at 05:50

    Tetap KOESPLUS dan PANBERS aja dech :D

  2. 2 nayla zahra 12 April 2007 at 10:08

    SLANK .. jadi orang yang lebih baik (hope so!)..
    DEWA .. bikin Dhani .. nge-“dewa” banged ..
    mendingan KEcapi SUling ajah deh :)

  3. 3 hamlennon 12 April 2007 at 14:18

    Wah klo boleh liat secara keseluruhan Dewa 19 itu, biasalah obsesi Dhani. Seharusnya kalopun mereka pengen mirip Beatles, tambah tua harusnya musik mereka tambah dewasa. Ya kayak Slank contohnya, banyak bikin lagu tentang gejala sosial. Satu-satunya cara Dewa 19 bisa jadi legenda : Mereka bikin album yg paling bagus, trus di puncak kejayaan mereka bubar!!! Percaya deh.

  4. 4 Fourtynine 12 April 2007 at 15:07

    @DeKing
    Oke oke. Kalau Om Iwan dan Ebiet G Ade? Suka ga?

    @Nayla Zahra
    Wah usul yang bagus tuh buat Dhani Dewa

    @Hamlennon
    Menurut saya malah Dewa 19 justru sedang turun pamornya sekarang

  5. 5 manusiasuper 12 April 2007 at 15:21

    Sheila On 7!!!

  6. 6 Fourtynine 12 April 2007 at 15:33

    @Mansup
    Slank On Seven!

  7. 7 destiutami 15 April 2007 at 17:21

    Ahuy! Nanti saya suruh temen saya yang penggila Dewa baca inih ah! haha :)

    Hidup MLTR! Nah lho?! :D

  8. 8 Fourtynine 16 April 2007 at 12:34

    Wah, kalau saya untuk lagu baratnya : Queen, Bon Jovi, dan Metallica. Boleh juga tuch, dipromosiin ama teman temannya.

  9. 9 golog 26 April 2007 at 21:36

    ngedangdut boleh ga…….

  10. 10 prim 27 April 2007 at 19:10

    Ah keroncongan dulu lah… Bengawan Solo.. Riwayatmu dulu…

  11. 11 Fourtynine 29 April 2007 at 13:44

    @Golog & Prim
    Silakan……tidak ada larangan dan batasan di sini

  12. 12 baladewa 29 April 2007 at 16:58

    musikalitas dewa dan slank beda.. so ente kagak bisa ngebandingin dong.. emang lo bisa bikin musik.. klo ngomong mah dipikir bang…

  13. 13 Fourtynine 30 April 2007 at 11:15

    @Baladewa
    Apa saya harus jadi Maradona atau Pele untuk mengatakan mereka itu legenda?

    Klo ngomong mah dipikir bang…
    Ini aja mikirnya butuh 2 hari 2 malam, apa masih kurang lama?

  14. 14 hafil 30 April 2007 at 17:24

    slank mang lebih alami
    Dewa terlalu mengada2

  15. 15 riyan 4 May 2007 at 03:05

    subhanallah slank bisa sampai sekarang… dewa juga.. tinggal bagaimana cara biar go internasional… slow but sure dengan doa pada 4JJI..

  16. 16 Fourtynine 6 May 2007 at 14:34

    @Riyan
    Amiiin

  17. 17 bymo_vergil 7 May 2007 at 05:54

    slank g perlu lirik atau musik yang komersil, karna dengan kelugasan dan kejujurannya aja bikin umat salnkers dan yg akan jd slankers akan mengerti maksud dibalik semua lirik slank. slank seharusnya sudah punya partai, dengan faham slankkissme nya.

    seharusnya sebagai slankers , kita harus faham dong dengan PLUR. seharusnya kita g ngebeda-bedain sesama pemusic. seharusnya slankers tetap apa adanya , g songong dengan mengatakan band mereka yang paling hebat, paling pantas di bilang legend blabla bla bla… yah, i hope my INDONESIA still a BLUE ISLAND like SLANK say with the PLUR.I HOPE WE DO NOT DISKRIMINATE . I HOPE SO …I SAD WITH PERBEDAAN DAN PERASAAN BANGGA DENGAN KEHEBATAN. I HOPE WE STILL LIKE “PADI” pissssssssssssss………..

  18. 18 jan-mbuh 7 May 2007 at 14:38

    “Perhatian. Artikel ini amatlah subjektif”

    bener, emang sangat subyektif, amat sangat subyektif sekualee…

  19. 19 Fourtynine 8 May 2007 at 11:43

    @bymo_vergil
    kenyataan Mas….kenyataan bahwa Slank makin melegenda

  20. 20 ilyass hussein 11 May 2007 at 11:09

    slankers seharusnya bisa meneladani idolanya Slank yang sangat berjiwa besar dalam memahami hidup yang PLUR (peace-love-unity-respect)..sehingga SLANK bisa dewasa dalam memahami perbedaan terhadap musik2 lain. mereka bersaing dengan sangat sportif..dan mereka bisa survive sampai sekarang. Walaupun mereka besar..tetapi SLANK tidak pernah merasa menjadi band no.1 mereka selalu bilang bahwa SLANK itu band no.103….klise memang,,tetapi itu adalah cara mereka mengajari slankers agar tidak sombong walaupun dengan cara bercanda.

    kritik untuk penulis tulisan ini :
    jangan membanding2kan slank dengan yang lainnya dalam forum
    sebab slank adalah slank bukan lainnya…
    tulisan ini membuat anda tidak dewasa dalam menghadapi perbedaan….

    @Ilyass Hussein
    Yang sombong siapa ya? Saya kira yang saya suguhkan adalah fakta, meski pahit….Kalau saya ingin, masih bisa kok yang lebih kasar dan merendahkan daripada tulisan ini. Jangan membandingkan? Yang jelas saya membandingkan dengan band yang tepat, yaitu band dengan kapasitas yang hampir sama. Coba misalnya saya bandingkan dengan ST 12, kan Ga tepat

  21. 21 eckolay 30 May 2007 at 22:14

    terserah……..
    lo aja deh………(yang panting ga kampungan…)
    ppiisssssssss…… slow but sure, aja deh….
    emang::: terlalu manis::tuk di lupakan…

    salam damai…tuk (ridho SLANK piss)

  22. 22 Fourtynine 2 June 2007 at 11:36

    @Eckolay
    Piss juga Man!

  23. 23 SumOne 7 June 2007 at 10:44

    @Golog & Prim :

    Gimana kalo keroncong ama dangdut di gabung…Congdut? sound cool? jadinya apa ya campur saru? eh campur sari?

  24. 24 yoedii 13 June 2007 at 13:42

    kalo menurut gw 2-2 nya bagus( ada kelebihan dan kekurangan masing2), tapi kalo mau menilai sebuah band kayaknya gak fear kalo cuma liat dari satu personil yang jelek, trus kita memilai band itu jelek juga(dewa 19).kalo qt nilai salah satu dari personil band itu bagus trus band itu bagus juga(slank), itu gak fear. Sebuah band adalah satu kesatuan dari para personilnya bukan dari sebuah satu personil yg dianggap dominan di band itu. yang pasti dari kedua band itu saya gue suka( terlebih2 dewa 19),karena saya menilai mereka dengan melihat karya mereka dan bukan dari sifat2 masing2 personilnya. dan ini mungkin lebih fear dan lebih subyektif kesannya..dari pad memuji yang satu dan menjatuhkan yg lain..at least semua itu khan bagian dari dunia musik indonesia..kalo gak ada mereka industry musik indonesia jadi kurang seru kayaknya…

  25. 25 Rifki 13 June 2007 at 16:03

    Slank memang asik,mereka lebih alami,kalau dewa kebanyakan gombal,Rocker masak gombal terus

  26. 26 Neo Forty-Nine 14 June 2007 at 22:37

    @Rifki: Ya ya ya, saya juga ngga menggombal. He he he

  27. 27 whitegun 29 June 2007 at 05:49

    Perbedaan topik yang dibahas di lagu2nya Dewa dan Slank memang merupakan tembakan jitu ke arah tujuan fans yang ingin dicapai. Slank menginginkan pangsa pasar dari kalangan siswa SMP, SMA dan mahasiswa, sementara Dewa menginginkan yang lebih dewasa, makanya slank terkesan blak-blakan sementara Dewa banyak kiasan.
    Ide-idenya Slank udah jauh dari kata kreatif, kulitas musik yang semakin menurun, topik lagu yang katanya jujur tapi semakin lama semakin sempit, terlalu banyak pengulangan kata dan musik, kesannya seperti keabisan ide, sementara dewa tidak hanya meniru lagu Sting dan U2 saja, tapi coba dengarkan album format masa depannya Dewa lalu bandingkan dengan album Balads-nya Toto, satu album Balads Toto habis dilalap dhani di album format masa depan. Contohnya Mahameru, pas dengan lagunya Toto yang judulnya Africa.
    Kemesraan antara Bimbim dengan istrinya semakin terlihat dengan lagu yang diciptakan hanya untuk sang istri, sementara dhani tega merendahkan istri di depan publik, tapi bagaimana dengan kasus perceraian Kaka dan istrinya beberapa tahun yang lalu? itu terjadi jauh sebelum dhani melepas maia, bahkan ketika itu dhani sedang hangat-hangatnya dengan maia.
    Soal pindah distributor, kali aja kontrak dhani dengan aquarius musikindo udah berakhir hingga akhirnya dhani memilih EMI yang jelas udah mendunia.

  28. 28 whitegun 29 June 2007 at 05:54

    kayaknya ada baiknya juga kalo kamu baca ini mungkin ada gunanya, bukan ngajakin perang lho…

  29. 29 c3n_dhol 2 July 2007 at 16:27

    Sebagai seorang baladewa, saya sangat tidak setuju dengan argumentasi di atas. Karena saya tidak menemukan patokan dalam menentukan sebuah band untuk menjadi LEGENDA. Menurut saya DEWA 19 tetap band yang melegenda dan tidak basi. Buktinya :
    1. Manggungnya masih banyak (off-air maupun on-air).
    2. Albumnya juga laku koq.
    3. Dhani pun juga dapat penghargaan dari Amerika atas lirik-liriknya yang mempersatukan bangsa.

    So….

  30. 30 Neo Forty-Nine 2 July 2007 at 16:36

    So. mari kita sepkat untuk tidak sepakat. Betul? He he he

  31. 31 shandie 21 July 2007 at 18:26

    ikutan neeh saya nimbrung, saya gak anti dengan dewa karena lagu-lagunya ada beberapa LUMAYAN-lah dari pada LU MANYUN, tapi perlu digaris bawahi, sebagai sosok selebriti (Dhani pada khususnya) yang di pandang oleh fans-fansnya dan telah mengumandangkan LASKAR CINTA lewat lagunya, yang katanya “terbarkan cinta dan musnahkan virus-virus benci” tapi pada kenyataannya dia selalu banyak masalah dengan Contoh Tim Manejemen Ratu, Keluarga (istri), bahkan orang tua cing, dan saya rasa banyak lagi masalah yang menimpa Ahmad yang tidak terlihat infotainment, nah kenapa orang bisa banyak masalah dengan Dhani itu berarti Kang dani ini ada masalah dalam karakter kejiwaannya yang Sombong, Keras Kepala Merasa Paling Pintar dan selalu menganggap rendah orang lain, dan yang jelas dia adalah seorang otokrat, Nah Apakah Layak Dia dikatakan sebagai LEGENDARIS sedangkan dia tidak KOMITMEN dengan apa yang ditebarkannya yaitu LASKAR CINTA, tapi penuh dengn PERANG.
    Menurut saya Dewa seorang yang tidak komitment dan tidak punya misi sosial. Dia berkarya hanya untuk kepentingan Materi dan Kesenangan Pribadi.
    Dan Hal itu yang tidak layak untuk menjadi seorang LEGENDARIS.

    Buat anak-anak Slanker, Jangan suka menyudutkan band-band lainnya, sombong dan merasa band kesayangan kalian yang paling baik, sebab karakter itu tidak di KUMANDANGKAN oleh SLANK sendiri.

    Sukses buat Slank dan Bunda untuk segala yang dilakukan buat Slanker-slanker yang pernah terjerumus NARKOBA, Bunda bukan cuma milik Bimbim dan Slank tapi milik slanker dan kaum-kaum muda yang selalu harus SIAP GRAK.

    Maju terus Slank, Semoga Sukses
    Dan Kembalilah Dhani kepada LASKAR CINTA jauhi PERANG

  32. 32 shandie 21 July 2007 at 19:16

    Biasanya seorang Seniman akan menuangkan segenap perasaan dan jiwanya terhadap sebuah karya, jadi sebuah karya merupakan belahan atau dikatakan gambaran dan implementasi dari kejiwaannya. Dan hendaknya mereka para Seniman selalu komitmen antara Jiwa dan Karyanya. kalau seorang seniman tidak komitmen dengan karyanya berati dia menghianati Karyanya Sendiri.
    Kemudian dikatakan,” Dhani pun dapat penghargaan dari Amerika atas lirik-liriknya yang mempersatukan bangsa”, Amerika adalah sebuah negara yang penuh dengan topeng, sikat sini sikat sana, jajah sini jajah sana, dan layak dikatakan sebagai Penjahat Perang. Terus Gimana dengan Dhani …? mampukah mempersatukan negara dengan karyanya sedangkan keluarganya hampir berantakan.
    gak tahu gimana yaahh, apakah sosok Dhani dan karyanya adalah sosok yang dicintai Amerika ?
    heheheh………… Just Kidding neeh Jangan ada yang tersinggung yah !

    PEACE………………. SEMUA !
    mmmmmuuuuuuuuaaaaaaa……..hhhhhhhh!

  33. 33 Neo Forty-Nine 2 August 2007 at 16:04

    PEACE!
    Aku ga menyudutkan,, tapi membeberkan fakta

  34. 34 Shark 23 August 2007 at 15:24

    Aduh.. speechless yah kalo ngebandingin Slank sama Dewa, karena terlalu banyak yg mau diomongin jadi bingung.

    Yang jelas, Slank punya banyak sekali fans dan sedikit groupies, itu yang membuat mereka tetap jujur dan apa adanya, terlepas dari setiap individu mempunyai kekurangan secara pribadi. Sebaliknya dengan Dewa, mempunyai banyak sekali groupies dan sedikit fans. Analisanya silahkan dilanjutkan sendiri :)

    Secara musikalitas jelas berbeda banget, karena yg satu jualan tema sosial dan sedikit porsi tentang cinta, sementara yang satu lagi total effort jualan tema cinta. Disini udah jelas terlihat kekhawatiran AD akan ketidak lakuan karyanya. Makanya dia jualan yg jelas laris dan paling komersil di dunia ini; cinta.

    Tema2 itu menurut gw yang secara alami memfilter dan menyeleksi kedewasaan sebuah Band. Yah..kembali lagi ke orientasi bermusik si musisi dan skill yg dimilikinya juga sih.. :P

    Semoga kita bisa menjadi PENIKMAT musik yang baik, bukan hanya sekedar pendengar yang memiliki fanatisme buta tanpa tahu esensi sebuah karya musik itu sendiri.

    Keep Rockin’ n Still Rollin’ !

  35. 35 Neo Forty-Nine 23 August 2007 at 20:59

    Thanks maaannn. Nice review
    Peace!

  36. 36 beno 13 September 2007 at 02:19

    hidup dewa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!hidup dani!!!!!!!!!!hidup the rock!!!!!!hidup maia ahmad!!!!!!

  37. 37 roni 29 November 2007 at 17:34

    gw demen slank dimasa-masa awal di mana lagunya rock n roll end ngebluess abiisss…..tapi sekarang slank mah NARAK bin KAMPUNGAN ….hehehehhh

    kalo dewa 19 dulu mah gw ga demen waktu masih cinta cintaan cengeng….tapi sejak album bintang 5 itu…gw langsung DEMEN bgt….gileee…syairnya daleemmm….didengerin juga enak :D…kalo slank yg sekarang mah cuma genjreng genjreng doang ga jelas….gw dengerin slank

  38. 38 john 5 December 2007 at 13:20

    Gak Independent Blas….
    Gak profesional
    Slanker kok ke dunia dewa ya beda lah….
    malu dong sama P.L.U.R nya SLANK yang menggebu – gebu di elu-elu kan
    R-nya = Respect
    Mana Respect mu Slanker!!? kok jelek – jelekin Band lain
    No body Perfect include you and me

  39. 39 wankie 11 December 2007 at 13:53

    Slank n DEWA adalah sebuah PRODUCT MUSIC yg sama2 menghibur RAKYAT dlam berbagai SUASANA!!!

    PIISS sebarkan benih CINTA luluhlatahkan VIRUS2x BENCI !!!

  40. 40 john 14 December 2007 at 16:52

    Slank Basi : Masih tetep mengangkat tema yang hampir sama dengan album pertama sampai terakhir (gak ada pembaharuan) !
    Dewa Dinamis gonta ganti tema lagu dan warna musik dengan hampir setiap maks. 4 album sekali ganti personil kunci (drummer)untuk menyesuaikan warna musiknya.

    Slank semakin ke belakang dengan dangdutan teyusss……
    Dewa maupun personilnya punya solo project dan udah ngorbitin penyanyi – penyanyi yang dulu gak kedengeran jadi berkibar di musik Indonesia

    Sebut aja :
    Reza by Dhani
    Tere by Dhani
    Dewi – Dewi by Dhani
    Maya/Mulan/Pinkan by Dhani
    Piyu Padi tuh dulu additional nya Dewa
    Andra punya Back Bone
    The Rock
    Once urusan soundtrack pilem juga jago
    Tyo (eks Dewa) project jazz, etnic and kolaborasi dj

    kok gw belum pernah dengar penyanyi solo projectnya personil slank yang berkibar ya, apa di laut nyanyinya ???

    jadi siapa yang basi sekarang………………

    “Siapa yang menebar angin akan menuai badai”

  41. 41 Neo Fortynine 15 December 2007 at 12:27

    @john:

    Dewa Dinamis gonta ganti tema lagu dan warna musik dengan hampir setiap maks. 4 album sekali ganti personil kunci (drummer)untuk menyesuaikan warna musiknya.

    Ganti drummer apa dipecat Dhani karena ga sesuai dengan egonya Dhani dan ga bisa disetir Dhani?

    Bikin solo bukan termasuk basi tidaknya musik dan album band. alias tidak sesuai konteks pembahasan. Lagian produktifitas Dhani masih berdekatan dengan “kreatifitasnya” mencampur adukkan lagu lagu orang orang lain seperti yang saya tuliskan diatas

  42. 42 john 18 December 2007 at 17:29

    to neo fortynine

    the real is warna musik dewa emang banyak berubah bila drummernya ganti = suatu harga yang harus dibayar untuk kedinamisan musikalitas dan itu sah sah saja. Emang karena tidak sesuai dan tidak bisa disetir aliran musiknya itu yang bikin drummernya dipecat piye tooo..??? bukti kedinamisan dewa(dhani) khan ? dhani menghendaki selera yang baru tapi gak bisa disupport dengan drummer yang itu itu aja ya gak pas donnnk ….

    Di mana – mana yang monoton itu yang basi… ujung – ujungnya dangdut bisa ditebak gampang diterka..

    semakin banyak referensi musik semakin kreatif, toh gak ada sejarahnya dhani plagiator njiplak sama persis kecuali emang di remix kaya’ lagunya the queen i want to break free

    Dewa ma Dhani emang gak bisa dipisahin bisa dibilang manunggaling dhani dewa.

    Saking banyaknya lagu hasil gubahan dhani/dewa sampe dewa kewalahan nyanyiinnya makanya biar gak bosen (gak basi lebih tepatnya) bikin solo project bwt nyanyiin lagu tersebut.

    Slank itu ya cuma monoton slengean.. itu doang
    dewa dinamis, energetic, romantis, peace maker etc.

  43. 43 senggul 20 December 2007 at 23:48

    slank and dewa!!!!!!yang jelas lagu2 dewa tu ,kampungan,mentah,kurang skill and kreativitas,trus basi dech,,,!!!!!!kalau lagu slank wowww mantapppppp!!!!slank sang legendaris,,dia mampu bertahan sampai zaman sekarang ini,,,,hebat bngt slank!!!lagu2 slank banyak merakyat!!tak heran dari banyak kalangan dari orang tua anak2 and remaja,suka bngt lagu2 slank!!!oh ya gw suka lagu lembah baliem lho!!coal-a lagu tu menggambarkan kondisi indonesia terutama pada hutannya yang sekarang ini makin terpuruk!!jadi kita semua harus jaga hutan indonesia ya,dan lestarikan hutan di indonesia!!!!ok,ok!

  44. 44 B-Wox 21 December 2007 at 00:06

    Ya kalow saya mah lebih memilih slank,soal-a dari setiap lagu2&tema2-a yang dikeluarkan-a mengandung makna yang besar,dan sangat berarti!!apalagi personel2 slank sangat,sangat mencintai kesuburan alm indonesia!sedangkan dewa lebih cenderung kepada percintaan!!!jadi gw milih slank!!piss!!!!!

  45. 45 Bob 3 January 2008 at 09:49

    dewa 19 iz suck…dewa 19 fuck u all….baladewa asu..tai kucing…tai tai tai…personel dewa 19 itu homo,.. guy…apalagi keybordisnya dani ahmad mamat…tai dani itu mukanya kaya tai…

  46. 46 Bob 3 January 2008 at 10:11

    Dhany ahmad kberatan nama…harusnya dani tai tai…itu baru hokki…baladewa cuma bisa mabok nyabu nyimeng..payah… sama ma vocalis dan keyboardisnya pemakai semua…guwe tau karena gw bandar narkobanya Dewa 19.nama gw bob, Dewa 19, baladewa perkumpulan orang yang MUNAFIK dhani ahmad pernah nge***** ma homo….nama homonya si Alex.tanya deh ma si dhani tai tai…..

  47. 47 totok 3 January 2008 at 10:51

    to john siapa bilang dewa dewa dinamis, energetic, romantis, peace maker etc, its fucking bullshit, dewa can’t do anything,including create a new song…dewa ga mampu bro…gw ini dr management republik cinta.selama ini dewa 19 tidak mencipta lagu dewa 19 itu membeli lagu bukan mencipta…jd lo salah besar..dewa itu suck salah satu band besar di Indonesia tdk bisa create lagu hanya dewa 19.gw lebih suka ma slank karena hanya slank band yg ga munafik,mereka apa adanya and the important things they can create the song n lyric.got that john u are fuck…..

  48. 48 Neo Fortynine 3 January 2008 at 11:15

    Saudara John banyak mendapat tanggapan nich. Gimana John?

  49. 49 glanx 5 January 2008 at 19:45

    ngapain baladewa sirik???
    ini kenyataan bung gak bisa di pungkiri lagi
    jelas2 siapa yang bisa melegenda
    tp bukan maksud saya ngajak ribut
    pisss
    cman kesel ja liat comment td

  50. 50 john 16 January 2008 at 13:14

    Gw cuman bisa menghela napas panjang :

    itulah bedanya baladewa sama slanker
    Slanker tu liat aja bahasanya bob & totok where are you live guys, di hutan ya bahasa – bahasa kayak gitu di pake gak punya sopan santun. Norak idiot gak puya etika……….
    Penggemarnya aja kayak gitu apalagi idolanya ya …..

  51. 51 riiiii 26 January 2008 at 03:58

    nyantai aja..
    knp mesti repot2 mikirin perbedaan.
    yang penting kan tujuan mereka baik.
    masih halal aja kan…???
    dan otak, pikiran dan jalan hidup mereka juga beda.
    slank sibuk dengan nyiapin buat launching album baru
    dhani lg sibuk ngurus perceraian.
    hahahaha

  52. 52 dhani 31 January 2008 at 14:02

    bos, klo kasih komentar jangan asal2an. ilangin dulu rasa cinta ke Slank dan rasa benci pada Dhani, baru kamu bisa nulis…terus terang sbg baladewa, aku ngrasa tersinggung. baik buruknya musik bukan ditentukan pada satu telingga..buat baladewa, dewa19 dan dhani,, kamu adalah yang terbaik..ok?ilove u all

  53. 53 ob1en 2 February 2008 at 21:20

    hehehehe

  54. 54 Bon-Q 15 March 2008 at 14:32

    Dhani= PeaceMaker…..???
    Jhon.. loe tau kan dhani kyk gmn orangnya..??
    (jangan munfik loe..)
    Buat SLAnkers in the world :
    PISS Br0…..

  55. 55 dante 16 March 2008 at 07:23

    mudah mudahan urang banjar bisa lebih dewasa dalam membahas sesuatu, bukannya songong sih, tapi yahhh loe keliatan g dewasanya. mending lu belajar dulu deh tentang kearifan dalam berfikir dan bertanggung jawab.dan lihatlah sesuatunya dari berbagai angle . jangan hany satu sudut saj. ok bung. piss…

    eh, ak suka tuh tanggapannya si bymo vergil .jiakakak jiakakak.

  56. 56 john 26 March 2008 at 19:56

    Shine one let’s make harmony for a better future
    buat harmoni biar bumi ini jadi lebih indah
    untuk anak kita..

    Lagu ini sudah diakui di Amerika sebagai lagu pembawa kedamaian
    gw liat liputannya saat para bule itu berkunjung ke rumah dhani untuk peliputan lebih lanjut

    Laskar Cinta II
    Wahai jiwa jiwa yang tenang
    Jangan sekali kali kamu
    Mencoba jadi tuhan dengan
    mengadili dan menghakimi

    Bahwasanya kamu memang
    tak punya daya dan upaya
    Serta kekuatan untuk
    menentukan kebenaran yg sejati
    Bukankah kita memang
    tercipta laki laki dan wanita

    Dan menjadi suku-suku
    dan bangsa-bangsa yang pasti berbeda
    Bukankah kita memang harus saling
    mengenal dan menghormati
    Bukan untuk saling bercerai-berai
    dan berperang angkat senjata

  57. 57 opank 1 April 2008 at 12:56

    rasakan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    dewa 19 emang dari dlu udah basi tau!!!!!!!!!!!!!
    eh loe klo nghina jngn dlem2 bro cz kacian bgt kan klo dihina,,,,,,,,,,,,ntr nangis lagi
    heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek

  58. 58 away 8 April 2008 at 13:29

    basi lo semua , jangan pernah lo brani banding2 mereka kalo lo ngga punya jiwa musik . mereka punya karakter masing2 dan carea kepemimpinan mereka juga beda , cuma satu yang sama mereka jadi band yang melegenda pada akhirnya ….itu pasti

  59. 59 john 9 April 2008 at 13:31

    Kamu itu yang basi
    Emang lo pikir lo siapa
    namanya aja gak pernah kedengeran di dunia musik Indonesia kok
    emang lo punya jiwa musik
    buktiin dulu dong …

  60. 60 gentole 9 April 2008 at 23:35

    analisis yang aneh…apa hubungannya setia ama label, demokrasi dalam sebuah grup musik dengan kreatifitas dan basi-tidak-basinya sebuah grup musik? terus kayaknya mas yang punya blog ini memaksakan definisinya sendiri tentang “menulis lagu” dengan “komposisi” dan “modifikasi” [emangnya motor, ini slanker banget deh...sok anti-kemapanan, yang sayangnya udah gak relevan lagi saat ini]. belajarlah untuk menghargai orang lain. slank juga punya affair ama rolling stones, dan itu wajarlah. come on…man.

  61. 61 zhax_19 10 April 2008 at 13:32

    aduh Bo….. kalo suka ma ssuatu tu ga usah jdi ngjlek2n yg lain dunk!!! suka itu rlatif dan itu hak!!!! jngan bsa’y ngece orang aja, kamu ndiri bsa kyk Mas Dhani / g????????

  62. 62 jomblo 15 April 2008 at 15:37

    pokok nya kek gue lgi minat slank dari dewa…gue ni dri malaysia..

  63. 63 arief 27 April 2008 at 01:31

    gw suka dua2nya nih, baik slank atau dewa. tp jujur gw lebih prefer ke slank.
    gw suka bgt slank di masa2 awal, tp skrg jg msh bnyk kok lagu slank yg enak.
    tp ada satu masalah, sebagai slankers, gw ga bisa memungkiri, kl mister ahmad dhani tu presiden musik indonesia. gw ga meragukan tangan dinginnya yg mensukseskan berbagai macam artis, trutama yg dibawah naungan republik cinta management.
    dia juga pinter buat kontroversi dlm berbagai aspek kehidupannya.
    piss, salam dari slankers buat baladewa,

  64. 64 Ninja 28 April 2008 at 20:20

    Semuanya Pada ngelawik nih….
    Sekarang gini aja… dihati loo loo pade lagunya siapa yang paling menyentuh hati ente…
    Jangan munafik dech… sebenernya lo lo pade suka lagunya siape…
    Jangan blagu dech… sok keren, sok gaul, sok roker, sok merakyat, sok gembel, pengen di pandang jagoan, pengen di bilang berani, padahal dalam hatinya… kalian tuh masih suka lagunya shela on seven, masih suka lagunya roma irama, masih suka lagunya peterpan, masih suka lagunnya trio wek-wek, masih suka lagunya ”
    GARUDA PANCA SILA” masih suka lagunya DEWA… HAHAHAHAHAHA

    AINK BALA DEWA

    Waalaikum salaam SlanKer’s PISS KITA SATU NUSA SATU BANGSA — kaloo pade ribut aja meningan ane pindah dari REPUBLIK INDONESIA ke REPUBLIK CINTA aman kan… disanah mah orangnya pada cinta damai…. tidak ada virus benci… karena semua orang itu sama di hadapanNya.. Buat apa benci, meningan kita Cinta… “bercinta memang enak” beneran, serius,.. dari pade gak makan asal kumpul… ?? nanti kalo kita gak makan bagai mana bangsa kita bisa maju, orang2nya bisa cerdas… tapi dengan cinta… semua orang bisa saling memberi makanan… minuman.. (kaya lebaran aja…)

  65. 65 penggemar dewa 29 May 2008 at 23:29

    Bob, cocotmu bosok, ngomong tai tai…. rupamu kuwi koyo tai….

  66. 66 Amed 30 May 2008 at 20:52

    *Lirik komen di atas*

    Wah, Sergey Brin ternyata penggemar Dewa juga yaa? :mrgreen:

  67. 67 Mr. Fortynine 30 May 2008 at 21:08

    @john:

    Penggemarnya aja kayak gitu apalagi idolanya ya …..

    Ha ha ha. Hidup Dhani dan bajakan! Hidup Dhani yang beraninya sama perempuan doang! Hidup Dhani yang ignorant!

    @dhani: Satu telinga? Perasaan telinga saya 2 tuh

    @dante: kurang dewasa? Baiklah, lain kali saya bahasa tentang pornografi dan konten dewasa lainnya.

    @john:

    Kamu itu yang basi
    Emang lo pikir lo siapa
    namanya aja gak pernah kedengeran di dunia musik Indonesia kok
    emang lo punya jiwa musik
    buktiin dulu dong …

    Wah komentarnya ciamik sekali. belajar darimana? FPI? JIHAD JUNKIES? He he, mau dong belajar juga

    @gentole: He he he. Cantik sekali pemahaman anda ya? Bukannya gubahan itu selalu terinspirasi dari yang lain, jadi bukan mencipta. tapi kok malah dibolak balik lagi? *BINGUNG*

    @Amed: Ngakak sampai koprol!!!!

  68. 68 rifer 30 May 2008 at 23:28

    wah-wah panas juga nih post, sorry baru ketemu. gw suka slank dari smp, sampe-sampe pas sma semua lirik ke 11 albumnya gw hafal, pas kuliah sih ngikutin tapi gak terlalu hafal :p tapi soal comot-mencomot lyric atau melody kayaknya slank punya record juga deh, bim2 jangan menangis (rolling stone :fool to cry ), desersi (gnr :knock on heaven door ), friday (the cure: friday i’m in love). Dan masih ada lagi kalo gak salah, album 999+09 tuh yang agak rada ngaco. Ungu juga ada kok lagu comot2an nih: antara kita (simple plan :meet you there), ada semua lah kalo band indonesia, siapa lagi coba?? tapi gak papa gw tetap suka SLANK,hehehehe PISS….

  69. 69 gendry 14 June 2008 at 16:46

    jancok bwt slank dewa ttp berkibar

  70. 70 Mr. Fortynine 15 June 2008 at 23:01

    @rifer: Thanks atas informasinya. Saya akan lanjutkan pencarian

    @gendry: tetap berkibar? Berikan bukti otentik Pak. Berikan juga argumen yang positif, bukan menghujat. Itu juga kalau masih ada yang bisa dibela dari Dewa secara logis dan objektif..

  71. 71 aksan 23 June 2008 at 15:47

    cangkem-mu rusak!!

    slank tu ga ada apa2nya sm dewa 19

  72. 72 bedhun_19 24 June 2008 at 14:37

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,,,,,,,

    Wedew,,,,,,,, senengnya liat orang pada adu mulut ! Wah hebat tuch naratornya bisa gali ide untuk dijadikan obrolan yang makin lama makin HOT ~

    Salut banget ~ ~~~~~~~~~~

    Padahalal kalau mau bener2 berpikir secara seksama, kita ini cuman orang bermulut besar ! Bisanya cuman ngomong ngalor-ngidul, ngomongin yang dirasa perlu tapi tidak perlu ! Merasa benar sendiri, merasa yang terbaik sendiri ~

    hiiihihihihihihihihihihi,,,,,,,,,,,,

    Itu artinya tidak disiapkan untuk kedepan, Kemasa Depan !

    wkwkwkwkwk,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Ada hal ini, dikomentari !
    Ada hal itu, diplototin !

    kita ngga punya semangat kemajuan ~ harusnya kita harus bisa lebih lego-legowo dalam segala hal. Apalagi untuk urusan dalam MUSIK ! sebab musik itu relatif ~ Si A bisa bilang Dewa itu bagus ~ Tapi untuk Si B, C, D, pasti lain lagi ~ Nah lho……..

    Tapi bukan berarti hal itu bisa menjadikan kita saling adu mulut ~ Harusnya kita ini mendukung mereka secara moril ataupun materiil ~ dalam hal ini misal kita suka, ya belilah kaset original. Biar Musik indonesia menjadi makin mendunia ~

    wkwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,,,,,,,,,,,

    Tapi dasar kita ini orang Indonesia , kita dijadikan bangsa yang konsumtif bukan Produktif ~ yang artinya , namanya konsumen itu pasti cerewet , banyak omong ngga bisa bikin sendiri ~

    wwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,,,,,,,,,,,

    Yang pasti kita harus bisa menghargai satu sama lain !

    hihihihihihihihihihihihi,,,,,,,,,,,,,,

    oh ya , kalau mau diskusi tentang musik ~ kalian harus menanggalkan atribut pada diri kalian ~ Jadi kalau kamu Baladewa ataupun Slanker , semua harus dihilangkan ~ baru kalian ngomongin yang baik ~

    wkwkwkwkwkwkwkwkwk, salam ~

  73. 73 mahma mahendra 25 June 2008 at 12:12

    HEHEHE… .

    sukses ya non… . tulisan anda telah membuat para baladewa ngamuk.hahaha… .

    saya slankers… . tapi gimana ya? banyak cara sebuah band untuk meraih popularitas. slank yang hanya menjual musik apa adanya. dan dani yang tak hanya menjual musiknya sebagai bahan jualan tapi sampai kehidupan pribadinya juga dijual untuk mendongkrak penjualan albumnya dan kroni2 nya. tapi itu sah2 aja kok. banyak juga legend yang secara sengaja maupun tak sengaja menjual khidupan pribadinya, kurt kobain, ozzy osbourne, bob marley.

    klo segi musikalitas memang tergantung kuping dan hati sih. buat yang suka mello2 mungkin lagu dewa pantes. klo yang suka apa adanya, ya denegrin lagu2 slank.

    yang saya suka dari slank adalah hidup yang apa adanya. klo kere ya dia pake baju apa adanya, klo kaya spt sekarang ya dia penampilannya keren.hehehe… .

    saya sering liat slank sepanggung dengan musisi mana aja. dari bang haji rhoma irama sampai iwan fals. tapi kok saya belum pernah denger bin liat klo slank sepanggung sama dewa ya? waktu slank n iwan fals tour 21 kota rusuh hanya sekali di jakarta. setau saya di surabaya io dan slankers malah bersatu. apa jadinya baladewa n slankers satu stadion ya?

    PISS-LUV-UNITY-RESPECT

  74. 74 Mr. Fortynine 25 June 2008 at 19:47

    @aksan: Bisa menunjukkan faktanya Pak?

    @bedhun_19: Padahal artikel ini hanya saya khususkan sebagai kekesalan saya kepada otoritas Dhani lo. Ga nyangka bisa dapat tanggapan yang beragam

    @mahma mahendra: Slank, Gigi dan Dewa 19 pernah sepanggung di ROCKHESTRA-nya Erwin Gutawa di awal tahun 2000’an. Slank, Gigi dan Dewa 19 juga manggung bareng Iwan Fals di acara Bass Heroes Indonesia, kalau tidak salah tahun 2006. Ya, lagu lagu Slank memang lebih banyak cocok untuk kalangan bawah, sama seperti Iwan Fals.

  75. 75 rifer 27 June 2008 at 10:50

    hohoho banci kayak apa yang nyewa orang buat jelek2in bininya? Ahmad Dhani and the law jawabannya. hahaha banci….

  76. 76 fatchur rohman 16 July 2008 at 18:51

    kalau aku sich… lebih suka dewa 19 karena (wadoh banyak saking banyaknya kagak bisa disebutin satu per satu asli lho…) wongan aku lho bala dewa sejati since 1992 “intinya, group band dewa 19 itu kalau membuat album selalu berubah nggak kanyak band sekarang atau selain dewa 19 selalu tetap dalam pembuatan album, padi band kayaknya mulai berubah.”apalagi presiden dhani sangat jenius dalam bidang apapun misal : bisa menggabungkan antara pop & rock,jazz & rock,dangdut & rock waduh pokoknya dewa 19 is the best

  77. 77 Atep Astrajingga 31 July 2008 at 20:15

    saya g tau dewa banget g tau slank banget… tapi kalo godbless, trus iwan fals, power metal, kantata takwa, ma si mbah sinuwun sujiwo tejo itu akuuuu bangettt….

    cuma mau klarifikasi akan kekurang pahaman…
    diatas ditulis “slank nggarap album akustik itu hal baru. yang belum pernah dilakukan..” hal kaya gitu kan g baru… dulu-dulu juga dah banyak band-band yang bikin album akustik… bang iwan aja banyak yang akustik… Kla juga banyak yang akustik….

    buat yang bala dewa banget….
    g usah mengkultuskan dani lah…..

    coba deh dengerin semua lagu di album bintang lima…

    mungkin yang lirik nya original cuma lagu cemburu doang… sisanya 99,99% adalah tulisan kahlil gibran dan jalaludin rumi….

    so… inikah yang disebut kreatif…..?

    kalo g percaya…. coba deh buka-buka buku kahlil gibran ” kebetulan koleksi saya cuma 20 judulan doang” pasti bakal ditemuin liriknya dewa yang dari sana…..

    tapi apapun itu slank dan dewa telah berjasa memberikan sebuah kondisi sehingga kita dapat bertukar fikiran (walau agak alot) disini….

    cuma kalo kata si mbah sujiwo tejo

    ……. titi kolo mongso…….
    pada suatu ketika bukan slank dan dewa yang ditanyakan tapi adalah amalan kita……

    Tep_Astrajingga

  78. 78 dillah 2 September 2008 at 21:46

    w cuma bilang…mau nulis lagu bikin lirik sejago bimbim sepinter dhani siapapun itu pasti pake imajinasi…dan pasti g’ ada yang original bos…..siapapun…terkecuali musisi luar…ada emang? bayi lahir langsung lari smua pasti belajar,kl lo smua yang komentar disini cuma ngirih aja (sorry bro) lo tahukan huruf cuma ada 26 sedangkan nada hanya ada 7….bagi w hanya kepinteran itu aja gimana bisa ngolah…kl smua bilang lirik ini belum pernah kepake kata yang mana???itu smua pasti dah pernah ada…(kamus bahasa banyak)jadi mending bagaimana kita majuin musik indonesia hidup smua musisi indonesia……..

  79. 79 dillah 2 September 2008 at 22:00

    oh iya w tambahin…dan seseorang musisi dimanapun di bilang mencontek itu dah ada aturan-aturannya salah satunya, kl nada g boleh lebih dari 8 bar,kl lirik itu biasa aja krn musisi itu pinter bisa di muter2in y…meski artinya dalam lagunya te2p itu2 juga…(yg diatas tak terkecuali musisi luar) mending skr ayo kita belajar menghargai karya orang meski jelek sekalipun….ok

  80. 80 d3e5i 31 October 2008 at 23:22

    band dewa n band slank di gabung aja biar g pada ribut,,,,,,music love + music kritik sosial so perfect abiz,,,,,,,
    para fans jgn ribut2,,,,anak2 band nya aja pd g baca : pada sibuk tour n cr job…..yang pasti…gw saudara dr salah satu anggota band di atas,,,,,tp gw g ambil pusing,,,coz yg gw liat saudara gw slalu sibuk nyari musik br,,,,di kamar, di wc, di jalan, di mall, di pasar, di mimpi……..so piss n love to u allllll

  81. 81 Penikmat Musik 18 November 2008 at 16:34

    Haduh”.. Orang Indonesia gimana mau nyatu?? Masalah sepele ginian aja ribut..
    Yang jelas, Dewa sama Slank yah kagak bisa dibandingin lah. 2-2 nya beda jalur jaaaaauuuhhh banget..
    Slank ada dijalur idealis yang mungkin sampe skrng saingan2nya masih dikit.. Sedangkan Dewa ada dijalur pop yang kita bisa liat sendiri selang sebulan ada band yang baru yang lbih muda keluar..
    Kalo gw pikir, bukannya gw belain dewa, saingan di jalur dewa emank lebih berat daripada slank..
    Fans dewa bisa aja mendengarkan lagu” slank yang idealis, tapi fans slank yang idealis dan lbih ke”slenge”an blom tentu bisa nerima musik popnya dewalah atau ungu yang buat mereka terkesan gombal…

    Buat gw slank sama dewa tuh band legenda di Indonesia. Bisa kita liat dari brapa lama mereka dah eksis di dunia permusikan Indonesia.. Kalo ada yang bilang slank musiknya gitu”aja yah juga gak bener, karena gw stuju stiap band emank ada ciri khasnya..
    Kalo orang bilang dewa yang jalan ditempat, gw juga gk setuju karena kalo orang yang mengerti musik, pasti menyukai musik dewa karena lagu” dewa bukanlah lagu yang dibikin dari 4/5 kord macem” lagu peterpan.. lagu dewa bukannya lagu yang bisa asal digenjrang genjreng pengamen bus kota.. Karena lagu2 dewa tuh aransemennya emank bagus dan ngejelimet..

    Salam damai Slankers,Baladewa, n OI…

  82. 82 Tio 28 December 2008 at 16:27

    Komentar gw dengan artikel ini subyektif lah… tergantung elo berat kemana…? elo Slanker yah elo setuju… elo Baladewa yanh elo gak setuju… jadi gw pikir.. yg nulis kemungkinan slanker.. atau kalau toh netral.. si penulis gak suka sama Dhani.. (biasa tuh!) jadinya ujung2nya subyektif…

    Menurut gw sebuah karya musik.. atau karya seni apapun.. pasti ada yang suka, biasa aja, atau tidak suka sama sekali.. jadi ini tergantung banget sama individu2 yang menikmati..

    Menurut sebagian orang slank melegenda..?? menurut gw biasa aja karena gw gak terlalu suka.. dan gw bukan slanker.. dan lebih konkritnya gw gak kan pernah terpikir utk ngeluarin duit buat beli albumnya slank.. dan gw juga bukan Baladewa… tapi kalau untuk milih, di dalam lubuk hati gw yg dalem.. gw lebih seneng ngeluarin duit untuk beli albumnya Dewa.. gak tau kenapa… ada kepuasan batin tersendiri aja.. terlepas yg nyiptain lagunya sapa… gw gak perduli… karena yg gue nikmati karya musiknya.. bukan personelnya.. hehe…

    Kalau analisa sebuah musik gak bisa dengan cara yg ada dalam artikel ini… sebuah karya seni khususnya musik itu Universal.. apalagi karya musik itu adalah karya yang populasinya paling banyak dan pertumbuhannya paling agresif sepanjang zaman di bandingkan dengan karya2 seni yang lain.. jadi kalau kita mau bahas sebuah karya musik tapi tujuannya untuk mencari apakah lagu atau karya musik tersebut plagiat apa bukan [pasti akan ketemu banget.. karena jumlah not itu2 aja tapi karya musik terus berkembang jutaan notasi, lyric, dsb Tapi sekali lagi.. sebuah karya music itu bagus atau bukan juga di lihat dari pencapaian bisnisnya, yang dengerin banyak gak? yang terfluent banyak gak, penjualannya gimana? berapa ribu tau juta copy? kayaknya Dewa sepanjang sejarah semenjak berdiri gak pernah jadi pecundang selalu ada di minimal 10 besar penjualan… dan suka atu tidak suka karyanya selalu di tunggu oleh semua pencinta musik (mo Baladewa atau bukan) sama juga dengan Slank kan??

    Sekali lagi.. tergantung cara kita memandang.. dan bebas sebebas-bebasnya dalam bersikap.. karena ” Hidup ini sejuta warna.. tak hanya Hitam Putih.. (salah satu lagu Dewa Hitam – Putih, karya Once… ;-)

  83. 83 Dewa19 15 January 2009 at 23:34

    Forty nine ANJING LO !

  84. 84 Dewa19 15 January 2009 at 23:36

    Forty nine ANJING LO !
    Bisa nya mbandingin

    kamu yang aku bandingin dengan anjing

    malah bagusan anjing, cuma diem aja

    kamu ?

    Dasar

  85. 85 Amboeradoel 26 January 2009 at 02:14

    Hajar Trussss….
    Aku suka Disco, kau suka keju…. ser.. ser.. seerrr…

    “Kamu bilang aku ANJING, aku bilang kamu manusia”
    Hidup Falsmania…

  86. 86 Amboeradoel 26 January 2009 at 02:19

    ————————————————
    ***** Di Bawah Tiang Bendera *****
    —————– Iwan Fals —————–
    ————————————————
    ——**********************——-

    Kita adalah saudara
    Dari rahim ibu pertiwi
    Ditempa oleh gelombang
    Dibesarkan jaman
    Di bawah tiang bendera

    Dulu kita bisa bersama
    Dari cerita yang ada
    Kita bisa saling percaya
    Yakin dalam melangkah
    Lewati badai sejarah

    Pada tanah yang sama
    Kita berdiri
    Pada air yang sama
    Kita berjanji
    Karena darah yang sama
    Jangan bertengkar
    Karena tulang yang sama
    Usah berpencar

    Indonesia
    Indonesia
    Indonesia

    Mari kita renungkan
    Lalu kita bertanya
    Benarkah kita manusia
    Benarkah ber Tuhan
    Katakan aku cinta kau

    Pada tanah yang sama
    Kita berdiri
    Pada air yang sama
    Kita berjanji
    Karena darah yang sama
    Jangan bertengkar
    Karena tulang yang sama
    Usah berpencar

    Indonesia
    Indonesia
    Indonesia

    Hidup Falsmania…

  87. 87 ifoel 26 January 2009 at 22:06

    hahaha..seru juga baca nih postingan.. yang pasti.. apapun warna musiknya.. minumnya tetap teh botol sosro ya..??? heheheheh

  88. 88 krisna 10 February 2009 at 00:30

    aku suka Iwan Fals

    Apalagi OI

    Berjaya

    aku suka juga dengan Slank

    Tapi yang paling aku benci

    adalah yang buat ini artikel

    Memang lidahnya kaya ANJING Bener

    tu tu lidahnya

  89. 89 Bujang kelane 28 February 2009 at 22:07

    A mail, Sampoerna, Bukan Basa basi tapi dah basi. sekali selenge`an tetap selenge`an cuy……

    peace………..

  90. 90 BornChild 5 March 2009 at 06:44

    Gw gak bisa ngomong apalagi nech.. Kebanyakan komen lucu disini.. Wakakaka.. Lucu abis ini Blog.. Semua pada mao menang sendiri..
    Daripada gw ngejelekin group bandnya mending memuji yang punya Blog ini.. Hebat lo Bro.. :P Wagagagak.. XD

  91. 91 rizaldee 5 March 2009 at 15:24

    PISS semuanya…
    hahhahahaha…caur semua loe pade…
    slank aja ga pernah ngerasa jago,ga tau kalo AD…
    semua manusia diciptain untuk jadi plagiat…dari bayi malah…
    buat para slankers ga usah diladenin yg ngejelekin slank
    buat baladewa jgn terprovokasi dengan hal2 seperti ini…
    so PISS 4 all
    jaya musik indonesia

  92. 92 schatzi 14 April 2009 at 15:46

    Tuhan dan seluruh indonesia (khususnya penikmat musik) jg tw kalo Slank is the best……………..band paling papan atas negeri ini.
    tidak hanya diakui oleh kaum gembel, bahkan mantan ketua MPR Amien rais pun ngaku kalo dia Slankers senior, dan baru2 ini Antasari Azhar pun jadi nge fans sama Slank.
    coba…..band mana lagi yang bisa kaya gitu??
    gak hanya bahas cinta sama cewek aja…cinta Tuhan, ortu dan negeri juga perlu…..
    Slank mewakili rakyat kelas bawah Indonesia………..hidup SLANK…….hidup rakyat kecil…….MERDEKA…!!!
    teruskan perangi korupsi dan tetap ROCK N ROLL……..PISS !!!
    I LOVE SLANK very much…………………………..
    tetap slengean………………………..

  93. 93 elang 19 17 April 2009 at 19:38

    dewa 19 & slank adalah grup band indonesia yg pernah bersatu,lo pd ga tau ap wktu personelnya slank sm dewa lg kecandu narkoba,trus hampir bubar,trus lo jg ga tau ahmad band personelnya itu(dhani,andra dari dewa19 & bonky,pay dari slank&bimo netral,dari situ mrk pernah bersatu,tapi klo baladewa sm slankers ga pernah bersatu,contohnya ky topik disini,slankers sm aj ky provokator,NGEBEDA-BEDAIN dewa sm slank,slh satu contoh:wkt dewa tur konser yamaha d bekasi,kenapa setiap ad konser dewa pasti ad slankers,itu berarti slankers jg baladewa,alias suka sm lagu2 dewa,tapi ap lo ga malu sm anak2 punkers bekasi yg bela2in beli tiket buat nntn knser dewa,dasar kampungan lo,klo ga punya duit jgn nntn knsr,pake jebolin pager segala & nimpukin baladewa,ga malu ap sm punkers bekasi,maka dari itu kawan2 dewa sm slank ga pernah satu panggung,sekali lg sorry klo kata2 gw bikin sakit hati lo,ok…..(BALADEWA SELURUH INDONESIA)

  94. 94 lody 11 June 2009 at 21:54

    paling gampang kalo jadi komentator……..
    slank juga kalo dibandingin ma jaman pay dl juga jauh dari sudut musikalitasnya….
    so dewa tetaplah dewa slank tetaplah slank…toh saya liat hasil recording di dewa n andra backbone juga lebih bgs dari slank. itu sih menurut saya….subjektif aj…selera

  95. 95 GUSTA 12 June 2009 at 08:53

    ARTIKEL SAMPAH.. NDAK ADA HUBUNGANYA.. SELERA MUSIK MASING2 BRO? JGN JELEK2IN ORANG LAIN DONK? SLANKER SEJATI TU MENGHARGAI ORANG LAIN? BUKAN KYA ELO?

  96. 96 fhme 26 September 2009 at 16:04

    cb direnungi. . .
    slank tu para ahli neraka……pecandu narkoba, ahli alkohol, ahli seks bebas, ahli rampok…..apa itu yang perlu dibanggakan??????????
    dewa, lirikny kental bget am tasawwuf, bg org2 goblok ky slanker gak mgkin bs msuk tu lirik2 dewa19….krna lirik dewa hny bs diresapi oleh mrka para ahlisurga. . . .Amiiinnnn……

  97. 97 DEWA CINTA 22 February 2010 at 23:13

    Pa pun coment lho tntang DEWA19..gue te2p cinta mati ma DEWA19…mpe kpn pun!!!
    BALADEWA

  98. 98 randi 30 March 2010 at 04:19

    wahai sodara2 kawan2 se bangsa se tanah air..
    musik itu bebas, bebas dalam segala artian..
    lu mau banting2 monitor komputer lu jg itu adalah musik selama mengandung bunyi..
    jangan lah banyak men cerca karya orang lain,
    lebih baik tanyakan pada diri sendiri..
    sudah kah anda ber karya??

  99. 99 qeis ghifari (slankers kamikaze UPN JATIM) 2 April 2010 at 04:15

    first , i appreciate with all of Ahmad dhani’s songs karna saya suka dengan ideologi yg tersurat maupun tersirat di beberapa lagunya. two thumbs up for Ahmad Dhani.

    second, we (all of slankers, especially slankers KAMIKAZE UPN JATIM)would like to invite you to learn the truth essence of life. knapa ? out of “war and comparing” between Slank and Dewa 19, we must know that both of them are inspirate for their fans.

    third, “let it flow and the show must go on”.

    fourth, let them creating their inspiration to pour in their songs.

    fifth, Slank is Slank. Dewa is Dewa. we just a piece of people who’s never know what they have to do in the future. so, we have to support each idol of we.

    sixth, agree or disagree, love this difference. virus continues to spread peace to Slank, Slankers, Dewa, Baladewa, beloved Indonesia, and the world

    “Slankers memang slenge’an, tapi punya sikap.”

  100. 100 nar 13 May 2010 at 00:38

    Slank musik nya nora n kya pengamen, ga cma dewa ja yg ngejiplak, slank jga sama aja. lo juga jilak rolling stone n led zep.
    kampungan tau ga loh !!!!!!!!!!!!!
    jd w rasa ga usah so deh lo !!!!!!!!!!!

  101. 101 baladewa tapi bukan pembenci slamk 11 August 2010 at 22:50

    mulai dari atas gw scroll ampe bawah, gw cuman sibuk kasih like and dislike aja :D, btw buat TS (fourtynine) kesukaan lu akan slank dan ketidaksukaan lo akan dewa19 plus AD rasanya sdh terlalu subyektif kalo ditampilkan disini Man. Gw baladewa sejati masalah AD arogan, suka jiplak lagu, ga kreatif dsb bagi gw itu ga masalah karena itu sisi lain yg harus gw terima sbg fans dia. Sama halnya dgn slank dan personelnya yang terjerat narkoba, pelaku seks bebas dan perilaku negatif lainnya loe bisa terima krn memang loe fans sejatinya. Nobody is perfect man, termasuk loe dan gw dan seluruh manusia lainnya. Gw suka lagu slank walaupun lagu2 tertentu terutama album 1-3 dan beberapa lagu hits dari album berikutnya tapi gw tetap baladewa yang juga suka lagu ungu dan kangen band :D….so grow up man…sekali lagi nobody is perfect…

  102. 102 baladewa celebes 7 September 2010 at 12:28

    Dlam musik tidak ada yg “mencipta” tapi “menggubah”,musisi manapun didunia ini tak ada yg original tulen karyanya, dulu coldplay pernah dituntut karna diduga menjiplak..linkinpark terinspirasi limbizkit,diindonesia juga banyak band2 mirip band luar tapi tdak 100 persen sama,meniru apa yg kita anggap baik itu sudah sifat alamiah manusia..bukan dimusik saja tapi disemua sisi, saya menyukai dewa19 karna selera saya ada didewa bukan tabiat anggota2nya,saya tdak mengkotak kotakan aliran musik maupun musisi mau dangdut rock jazz kroncong rapp dll semua saya dengarkan dan tdak ada rasa suka tdak suka apalagi membenci aliran tertentu karna “bahasa” musik itu universal, saya mengutip lirik lagu dewa19 buat yg punya blog
    “APA YANG KAMU YAKINI SBG SEBUAH KEBENARAN MUNGKIN BUKANLAH SEBUAH KEBENARAN BUAT YANG LAINYA”
    pizzz bwt slanker….!!!

  103. 103 piss_aja 24 September 2010 at 19:28

    jujur gw slankers…
    tapi gw gak benci dewa 19, mau aja sih dibikin panas tuh kuping ama artikel ginian yg subjektifitas nya hanya dari sisi penulis..
    jelas² ke 2 band ini beda aliran, semua punya kekurangan ama kelebihan.
    musik itu bahasa universal untuk menyatukan perbedaan, bukan bikin perbedaan makin gak jelas & semakin gontok gontokan.
    sama aja lo ngadu balap sama motor beda jenis tp CC sama, yg satu 2T, satu lagi 4T.. gak ketemuuuuuuuuuuuuuuuu.

  104. 104 slanker sampe mati 27 September 2010 at 18:23

    cinta………..damai………..saling menghargai dan mnghormati…………akn mmbuat kita bersatu dan mnjadi kesatuan yg kuat dibwh merah putih………gue slnker saat usia gue 10 th…..skrng usia gw 25 th……bkn wktu yg dikit memang……tp slma nie slank mengajarkan kita untuk rendah hati……….sbnarnya gw g tlalu suka dgn artikel ini………. buat para baladewa,,,,,,,,,,atas nama slanker di indonesia………. “GW MNTA MAAF ATAS TULISAN2 YG MNYINGGUNG PERASAAN BALADEWA SEMUA”…….. kita tetap satu sperti lagu Iwab Fals di atas,,,,,,,,,,P.L.U.R

  105. 105 seno 2 October 2010 at 03:02

    begooo…songong amat u katain dewa ma dhani apa u liat,prnah denger personil slank ngatain dhani ,,,ga pernah coy,,
    dhani hargai slank karena prnah nongkrong di potlot,,
    bgitu juga slank hargai dhani,,,
    krena slank tahu dhani tuh lelaki ga kaya u bisanya coment ngatain doank
    tapi ga da yg bisa di banggain…

  106. 106 cyfit 4 October 2010 at 13:48

    g da bedax ko DEWA n SLANK
    mereka sama2 makan nasi
    jangan bikin petaka yang bikin dua kubu g nyatu

    bala dewa n slankers/y bisa nyatu jg ko

    jujur q g suka ma dani dewa
    tapi q menghargai mereka karna mereka menghargai slank n para pengikutx

    PLUR DUNK,,,,

    percuma slank bikin PLUR tp g pernah dipake jg,,,,

  107. 107 JOEL 5 December 2010 at 21:19

    TOM N JERRY G KAN AKUR,,,

  108. 108 bimo 18 July 2011 at 14:01

    slank gda dua’y…!!!!!!
    slank dalam darahku….!!!!!
    slank inspirasiku…!!!!!!!!

    dewa 19 d pantatku…!!!!!!

  109. 109 stanley baladewa sejati 21 July 2011 at 07:58

    gua cuma mau melurusin aja,faktanya tuh Ahmad Dhani dulunya adalah slankers n SLANK adalah band idolanya Ahmad Dhani ampe skrg.Dhai bikin DEWA19 juga karena terinspirasi sm SLANK..temen2 gua bnyk kok yg slankers.malah temen 1 kerjaan gua tuh(sahabat karib) slankers yg mendukung baladewa n respect sm lagu2nya dewa19.namanya jay prada dia org tangerang mauk.dia gak anti sm dewa19 malah dia juga punya kok album2nya dewa19 dari album ke 3 ampe yg album skrg ini.jujur dia daerah tempat tinggal dia rata2 tuh kebanyakan slankers mayoritasnya n gua sering main kerumah dia dgn memakai atribut2 dewa19 atau yg berhubungan dgn ahmad dhani.malah keberadaan gua disana diterima dgn baik n disambut dgn 1 kata:saudara.jay pernah blg sm gua gini:stan lo dgr ya yg namanya bener2 slankers tuh sedikitpun gak pernah yg namanya ngejelek2in band2 lain atau fans2 band lain.malu sm kaka&bim2.kaka aja temenan sm dhani n bim2 aja temenan sm ari lasso.bahkan dulu thn 2003 waktu di ancol DEWA19&SLANK pernah 1 panggung bareng n baladewa n slankers gabung 1 tempat n menikmati musik bareng2./karena gua dtg n liat sendri dgn mata kepala gua.jadi lo sebagai baladewa gak gua ijinin kalo u nongkrong sm kita2 slankers kalo gak pke kaos dewa atau yg berbau ahmad dhani.gua mikir disitu si jay gila apa ya kok gua nongkrong sm slankers aja harus pke kaos dewa sih.gua tinggal dikebun jeruk-kedoya n didaerah gua juga rata2 mayoritasnya tuh OI&slankers tapi mereka juga menerima kok kehadiran baladewa karena kata sesepuh oi&sesepuh slankers didaerah rumah gua pernah blg sm gua gini:slankers yg bener2 asli n yg sejati tuh yg tercantum namanya di potlot itu paling anti yg namanya rusuh n jelek2in band2lain.justru slankers yg abal2 n baladewa abal2 yg cuma modal bendera doang tapi gak punya KTA n namanya gak terdaftar di potlot n di komunitas baladewa saling menjelek2an. coba kalo slank n dewa lihat komentar2 diatas yg saling nyerang apa gak malu sm kaka,bim2 juga sm dhani.mana slogan slankers yg menggerakkan kata2 piss n respect nya.andia slank n dewa lihat komentar2 diatas mereka juga pasti bakalan marah sm fans2nya.jujur gua skrg ini baca komen2 yg diatas sm anak2 slankers pada malu n ketawa loh lihatnya.malah jay blg kok bisa ya slankers kyk gitu ngejelek2in nama slank sendiri itu n gak ngehormatin kaka&bim2 tuh namanya.kecewa gua sm slankers biarpun gua juga slankers.tuh coba lihat temen gua aja yg aslinya slankers aja bisa blg gitu.buat yg bikin tulisan ini salam kenal aja dari gua.n buat slankers salam satoe hati.mari kita sebarkan benih2 cinta n musnahkan virus2 benci terhadap org2 yg mangadu domba anatara slankers&baladewa.DEWA19&SLANK adalah 2 band LEGEND yg sm2 mengharumkan musik indonesia.

  110. 110 stanley baladewa sejati 21 July 2011 at 08:00

    gua cuma mau melurusin aja,faktanya tuh Ahmad Dhani dulunya adalah slankers n SLANK adalah band idolanya Ahmad Dhani ampe skrg.Dhani bikin DEWA19 juga karena terinspirasi sm SLANK..temen2 gua bnyk kok yg slankers.malah temen 1 kerjaan gua tuh(sahabat karib) slankers yg mendukung baladewa n respect sm lagu2nya dewa19.namanya jay prada dia org tangerang mauk.dia gak anti sm dewa19 malah dia juga punya kok album2nya dewa19 dari album ke 3 ampe yg album skrg ini.jujur dia daerah tempat tinggal dia rata2 tuh kebanyakan slankers mayoritasnya n gua sering main kerumah dia dgn memakai atribut2 dewa19 atau yg berhubungan dgn ahmad dhani.malah keberadaan gua disana diterima dgn baik n disambut dgn 1 kata:saudara.jay pernah blg sm gua gini:stan lo dgr ya yg namanya bener2 slankers tuh sedikitpun gak pernah yg namanya ngejelek2in band2 lain atau fans2 band lain.malu sm kaka&bim2.kaka aja temenan sm dhani n bim2 aja temenan sm ari lasso.bahkan dulu thn 2003 waktu di ancol DEWA19&SLANK pernah 1 panggung bareng n baladewa n slankers gabung 1 tempat n menikmati musik bareng2./karena gua dtg n liat sendri dgn mata kepala gua.jadi lo sebagai baladewa gak gua ijinin kalo u nongkrong sm kita2 slankers kalo gak pke kaos dewa atau yg berbau ahmad dhani.gua mikir disitu si jay gila apa ya kok gua nongkrong sm slankers aja harus pke kaos dewa sih.gua tinggal dikebun jeruk-kedoya n didaerah gua juga rata2 mayoritasnya tuh OI&slankers tapi mereka juga menerima kok kehadiran baladewa karena kata sesepuh oi&sesepuh slankers didaerah rumah gua pernah blg sm gua gini:slankers yg bener2 asli n yg sejati tuh yg tercantum namanya di potlot itu paling anti yg namanya rusuh n jelek2in band2lain.justru slankers yg abal2 n baladewa abal2 yg cuma modal bendera doang tapi gak punya KTA n namanya gak terdaftar di potlot n di komunitas baladewa saling menjelek2an. coba kalo slank n dewa lihat komentar2 diatas yg saling nyerang apa gak malu sm kaka,bim2 juga sm dhani.mana slogan slankers yg menggerakkan kata2 piss n respect nya.andia slank n dewa lihat komentar2 diatas mereka juga pasti bakalan marah sm fans2nya.jujur gua skrg ini baca komen2 yg diatas sm anak2 slankers pada malu n ketawa loh lihatnya.malah jay blg kok bisa ya slankers kyk gitu ngejelek2in nama slank sendiri itu n gak ngehormatin kaka&bim2 tuh namanya.kecewa gua sm slankers biarpun gua juga slankers.tuh coba lihat temen gua aja yg aslinya slankers aja bisa blg gitu.buat yg bikin tulisan ini salam kenal aja dari gua.n buat slankers salam satoe hati.mari kita sebarkan benih2 cinta n musnahkan virus2 benci terhadap org2 yg mangadu domba anatara slankers&baladewa.DEWA19&SLANK adalah 2 band LEGEND yg sm2 mengharumkan musik indonesia.

  111. 111 stanley baladewa sejati 21 July 2011 at 08:27

    perbedaan antara musik DEWA19&SLANK tuh letaknya cuma di sound n kunci aja,musik SLANK tuh kunci2nya n melodinya gampang dipelajarin n gampang meresap ke dalam otak.sementara musik n kunci DEWA19 tuh emg paling susah n gak gampang dipelajarin.DEWA19 main dijalur musik yg rada berat kord2nya n terbilang musik yg susah dipelajarin kunci2nya.gua sih gak mau munafik.BOHONG aja kalo slankers gak ada yg gak suka sm lagu2nya DEWA19 atau gak pernah dgrin lagu2nya n gak punya album2nya DEWA19.begitu juga dgn baladewa BOHONG aja kalo gak suka sm lagu2nya SLANK n gak punya album2nya SLANK.emg sih selera itu gak bisa diganggu gugat apalagi diselewengkan.selera adalah hak setiap org2 n kebebasan dalam memilih adalah dalam hati.sering kok gua temuin di bus2 n di warung makan pengamen yg bawain lagu2 SLANK karena mudah dihafalin.tapi gua jarang bahakan cuma 1` kali temuin pengamen yg bawain lagunya DEWA19.di kereta apalagi juga sm.pernah sih gua nanya sm tuh pengamen knp gak bawain lagunya DEWA19,trus pengamen itu jwb dgn nada simple:kord2 n kuncinya susah buat dihafalin kita dah berulang2 kali pelajarin kunci2nya DEWA tetep aja ujung2nya gagal.kalo lagu2nya SLANK sih gampang.gak perlu mikir panjang juga dah hafal.itu pengalaman gua pas dikereta,pilihan adalah kebebasan,kalo hati dah cinta sm 1 musik ya musik itu aja yg di dgrin n gak masuk musik yg lainnya.baladewa juga cukup bnyk kok cuma setengahnya aja yg terlihat dimata org2 awam.sebenernya kalo mau dikumpulin baladewa2 tuh jumlahnya sm bnyknya dgn slankers.cuma seperti yg gua blg tadi cuma setengahnya doang yg kelihatan eksis.

  112. 112 IRVAN 5 September 2011 at 14:44

    hahahaha….
    gw cukup ngomong luh pada bego….

    oi bersatulah

  113. 113 Bazhak 18 October 2011 at 13:51

    yang komentar pada penatik semua..yang punya rasa kaya gini lah yang membuat kekacawan di lapangan konser…jadi lah pada ribut mulu kalaw ada konser…tanamkan lah rasa perdamaian kalian..

    okey salam damai dari saya..
    ..apapun musick nya minumnya kopi hitam..akakakkakakakakakak…

  114. 114 anak jalanan 19 November 2011 at 13:38

    HALAH NGAPAIN PADA RIBUT NGEBEDA2IN MENDINGAN RIBUT MENGHARMONISKAN PERBEDAAN.SEMUA ORANG PASTI BEDA..NGAPAIN RIBUTIN YANG BEDA..PADA MIKIR KESITU GA SIH???

    KALO MASALAH MUSIK..APA YANG LAGI LOE RASA APA YANG LAGI LOE PENGEN LOE NIKMATI YANG ADA MAU ITU LAGU SLANK APA LAGU DEWA YANG PENTING SAMA AMA ISI HATI LOE PADA.

    MASALAH FANATISME?SAH2 AJA SEMUA FANATIK TAPI SEWAJARNYA GA SAH SALING NGEHUJAT NABI MUHAMMAD AJA GA PERNAH NGEHUJAT YESUS ATAU YESUS GA PERNAH NGEHUJAT NABI MUHAMAD DAMAI2 AJA TUH.

    KALO MO MENILAI..NILAI AJA DALAM HATI GA SAH PROVOKASI PENILAIAN ORANG.KARENA BEDA ORANG BEDA POLA PIKIR PASTINYA BEDA PENILAIAN SO GA SAH RIBUTIN PENILAIAN ORANG.

    BUAT SLANKER BIARKAN MEREKA MENGEKSPRESIKAN DENGAN KE SLANK AN NYA BUAT PARA BALADEWA BIARKAN MENGEEKSPRESIKAN KE DEWA AN NYA GA SAH NGURUSIN YANG LAIN

    UDAH DEH MENDINGAN PADA NIKMATIN LAGU KESUKAAN MASING2 DENGAN DAMAI GA USAH RIBUT.

  115. 115 achmad abdee 2 December 2011 at 21:38

    jujur dulu quw baladewa,,tapi semenjak ari lasso dan erwin ditendang sama ahmad dhani jadi ga simpati lagi sama musiknya dewa19 terutama sama ahmad dhani…menurut quw personel sejati dewa 19 bukan dhani melainkan andra,,,karena dia (andra) jarang banget di gosipkan masalah pribadinya oleh infotaiment kayak personel slank,jadi dia ga menodai bandnya itu baru musisi sejati,jadi dia terkenal murni dari bakatnya bermusik bukan karena masalah pribadinya,,,ga kayak ahmad dhani,,,

  116. 116 Phalonk Dozs 30 December 2011 at 03:16

    aliran musik dewa sama slank beda coy,,,seandainya kamu telusuri musik dewa mungkin kamu akan gila karena disetiap 1 choord lagu yg sebenarnya trdpat banyak kunci,,coba analisis musik dewa sama slank,,,pasti lebih sulit dewa……….hanya cuma ahmad dhani yg musiknya msh sulit di analisis…..

  117. 117 Phalonk Dozs 30 December 2011 at 03:22

    oyyy bagi yang suka seni,,,pasti pikirannya gk sama dgn falsmania,,,musik itu seni….jangan bedakan dong,,,,kamu(falsmania) walaupun km gk suka dewa 19 pasti kamu sdh nyanyiin lagunya……….

  118. 118 ginz sang bala dewa 4 January 2012 at 12:09

    Dewa 19 ataupn slank mereka sama2 menggapai popleritas dri nol&mereka jga sama2 band rock indola buat bala dewa atau pun slankers jdi jngan saling…cela mereka kan tetap bend legendaris dan nomor satu buat para indolanya……

  119. 119 Felix 24 January 2012 at 17:28

    Slank orang2 sok idealis, yang ngomongin politik, tapi mulutnya bau ALKHOL pake NARKOBA , SAMA JUGA NGAJARIN anak muda indonesia dengan tingkah slengean yang ga tau aturan, sadar diri……
    YANG MUDA MABOK,YANG TUA KORUP… AHMADBAND 1998 DHANI,PAY,ANDRA,BIMO.

  120. 120 Azhmy Slankers 28 March 2012 at 01:37

    SLANK makin melegenda,dewa tutup usia

  121. 121 Bryan Yoelindar Putra 24 August 2012 at 20:38

    kalo kita begini???
    kapan bangsa indonesia akan bersatu??????????
    KITA INI #1 KEBANGSAAN , MENGAPA HARUS SALING MERENDAHKAN SESEMA BANGSA INDONESIA????

    gue slankers tpi gue tetep ngehormatin band lainnya!! tanpa saling membandingkan antara band lain (bukan hanya DEWA19)

    prinsip slankers hanya satu : PEACE LOVE UNITY AND RESPECT
    tergantung kaliannya aja bagai mana cara menilai band kami “SLANK”
    dan bila anda membesarkan band anda sendiri sama saja anda sudah merendahkan band2 seluruh INDONESIA!!
    sangat banyak musisi di INDONESIA bukan hanya SLANK dan DEWA19

    katanya pancasila , sila ke3 : “PERSATUAN INDONESIA” apakah ini yg disebut persatuan indonesia????????????????????????????????
    salam damai dari kami SLANKERS!! PISS

  122. 122 kempes 15 October 2012 at 00:52

    maju terus slanker dan slanky

  123. 123 Iqbal Ali 8 March 2013 at 11:37

    komenan2 kalian semua lucu2 juga ya friends…ada yang dewasa ada juga yang kampungan (pake bahasa “tai anjing” itu bukan slankers sejati)… gue adalah Slankers Sejati tapi disatu sisi gue juga Baladewa…setiap Band punya ciri khas masing2 mulai dr gaya musiknya dan sifat2 dr masing2 personilnya…Slank itu mungkin lebih Sederhana dan apa adanya, Slengean dan tidak terlalu mementingkan selera pasar..yang mereke pentingkan adalah menjaga band tetep solid dan berkarya terus karna penggemarnya slalu menanti mereka. Slank slalu sedikit lebih maju .Slank adalah Legend. Dewa adalah Legend. Semuanya sangat bagus…Bim Bim, Kaka, Dkk. trus Dhani, Andra, Dkk….mereka adalah para musisi terbaik… so jangan bermusuhan antara Slankers dan Baladewa…jangan saling merendahkan…kita anak muda yang slengean tp tetep harus sopan dan berprilaku sederhana saja…gak perlu pake bahasa (anjing, tai,bangsat) itu bahasa pecundang…dan kekanak kanakan…Slow But sure saja..toh Slank dan Dewa tidak pernah bermusuhan dan tak akan pernah menjadi musuh.. meskipun beda…Gank Potlot dan Pondok Indah masih djakarta…so..buat apa ribut ribut..gak ada untungnya..Dewasa aja lah..Keep Rock N Roll..(kehidupan nyata para musisi tidak selalu semulus karyanya)..rumah tangga dan lain-lain itu kehidupan pribadi dan gak pantas dikait-kaitkan dengan karya mereka..karna mereka berkarya mungkin sja dr curhatan teman2 mereka atau mungkin diangkat dr kehidupan orang2 disekitar mereka…so dewasa sajalah dalam menyikapi sesuatu yg tidak akan menguntungkan kita “jika kita ngeributin dua Bank terbaik ini”…Dukung terus mereka supaya musik Indonesia Lebih hidup dan makin Berwarna…Amin.

  124. 124 Iqbal Ali 8 March 2013 at 11:41

    Ralat..hehhe “dua Bank” itu salah ketik… dua Band ,maksudnya…

  125. 125 Hollander 19 July 2013 at 14:29

    Iwan Fals
    Slank
    Gigi
    sama2 legend..tapi gimana dgn Dewa 19??
    Kalo ahmad dhani gx egois mungkin Dewa 19 bisa makin besar.

    Pengen deh dengerin lagu BENTO dr Iwan Fals d bawain sama Slank, Iwan Fals, Gigi dan Dewa 19 kaya d acara HUT Indosiar dulu..kalo perlu ajakin Roy Jeconiah ex Boomerang biar makin seru..:-D

  126. 126 gembel 2 November 2013 at 16:57

    slank gak ada matinya

  127. 127 abdillah muhsin 4 November 2013 at 18:43

    menurut saya baik slank maupun dewa 19 itu sama2 bagusnya
    karena saya sangat menghargai semua jenis karya musik musisi Indonesia.

    jangan jadi orang malaysia yg bisanya ngejiplak lagu negara lain
    dan ngeklaim kalo lagu tersebut asli miliknya.
    orang yang seperti ini nih harusnya dimusnahkan dari muka bumi

    fuck you malay!!!!!


  1. 1 Tanggapan Buat Komentar Menarik « I’m not King, Queen, or Gods. I’m just Slankers Trackback on 30 June 2007 at 14:37
  2. 2 Tanggapan Buat Komentar Menarik « Generasi Biru Trackback on 6 December 2007 at 16:28
  3. 3 Ahmad Dhani Dan “Kreativitas”nya « All That I Can’t Leave Behind Trackback on 9 February 2008 at 22:43
  4. 4 ST12, Lethologica Dan Kemampuan Mengapresiasi « A Sort of Homecoming Trackback on 23 February 2010 at 17:05
Comments are currently closed.



Monthly Archives

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 170 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 170 other followers

Twitter

  • Berterimakasihlah kpd Tuhan yang telah menunjukkan bahwasanya semua mantan2 anda memang tak pantas jadi pendamping hidup anda 1 day ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: