Puisi Anak Bangsa

Si anak memandang ke meja itu…
Tersusun tidak rapi piagam dan medali
Untuk apa semua itu?
Tetesan keringat hanya terbayarkan oleh janji janji

Anak itu merenung
Masihkah mimpinya akan dikejar
Melihat semua medali yang sempat terkalung
Hanya menyisakan rasa hambar

*Dari seorang anak mantan atlet. Yang semua prestasinya hanya mejadi pajangan dan kenangan. Hingga akhirnya dilupakan*

Ah…sudah lama tak berpuisi. Panggilan tentang kekangan kebebasan seni mengingatkanku pada Arts have no grammatical and lexical error. Surat ini mungkin menjadi pemicu…kenapa Kang Adhi, Bang Fertobhades, Danalingga dan tentunya Kekasih tercinta menuliskan hal hal bersifat simpatik pada pemberangusan karya seni. Merdeka dari apa kita? Bersuara dan berpendapat saja diberangus? Mungkin besok besok memandang si buta dan tuli yang pengecut beserta penerusnya kelakpun bakalan diharamkan………

*diteriakkan denga lesu*
Selamat Tujuhbelasan…….. Merdeka (dari apa?)……..

About these ads

64 Responses to “Puisi Anak Bangsa”


  1. 1 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 01:44

    :D

  2. 2 almas 17 August 2007 at 01:51

    :mrgreen:

  3. 3 almas 17 August 2007 at 01:53

    *jawab dengan lesu*
    selamat juga.. ikut lomba apa mas?
    pa ada lomba mlintir lehernya koruptor ga mas :)

  4. 4 danalingga 17 August 2007 at 01:58

    merdeka!!!!!! *dengan lantang*

  5. 5 Kopral Geddoe 17 August 2007 at 02:00

    Nulis puwisi aja nggak bebas… Merdeka apanya?
    Merdeka yang cuma bermakna nggak dijajah secara resmi?

  6. 6 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 02:04

    @almas
    Ikut lomba bobo….
    *groookkk…..zzzz……grookkkk*

    @Danalingga
    merkeda
    *dengan lesu*

    @Kopral Geddoe
    Bukan…merdeka cuma berarti bisa ikut Olympiade.. sisanya????

  7. 7 fertobhades 17 August 2007 at 02:13

    merdeka dari dan untuk apa….

    merdeka [dari] sesuatu biasanya adalah bebas dari hal-hal yang membelenggu dan membatasi atau dengan kata lain merdeka [dari] sesuatu yang negatif

    merdeka [untuk] sesuatu adalah bebas untuk melakukan hal-hal yang positif dan konstruktif untuk suatu kemajuan atau dengan kata lain meredeka [untuk] sesuatu yang positif

    salam kemerdekaan….

  8. 8 sikabayan 17 August 2007 at 02:14

    euh.. songsonglah masa depan penuh.. tatapan sibuta.. teriakan sibisu.. dan tendangan sikaki buntung… :mrgreen:

  9. 9 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 02:21

    @Fertobhades
    Merdeka!
    merdeka dari yang negatif….
    Amiiiinnnnnnnnn!!!!!!!!!! sekkencang kencangnya
    merdeka untuk melakukan hal positif…
    Amiiiinnnnn!!!!!!!!!

    @Sikabayan
    Ciaaattttt…… :D

  10. 10 deKing 17 August 2007 at 02:42

    Kalau kita analogikan dengan kimia (busyet hobi amat main analogi), mungkin kemerdekaan itu bukanlah suatu unsur, melainkan suatu senyawa atau mungkin bahkan campuran
    Unsur adalah sesuatu yang tunggal…karena kemerdekaan adalah suatu senyawa atau bahkan campuran maka kemerdekaan bukanlah suatu hal yang tunggal …kemerdekaan itu akan terbentuk dari sekian kemerdekaan…
    kita bisa meraih kemerdekaan yang satu bagian tetapi mungkin kita masih belum mencapai kemerdekaan yang lain.
    Setidaknya sekarang kita sudah merdeka secara status politik…

  11. 11 9uBr4K5 17 August 2007 at 09:48

    walaupun merdeka yg saat ini kita rasakan blom sepenuhnya terangkum dlm hakekat kemerdekaan yg sejati… tapi paling ga kita bisa bebas ikutan lomba panjat pinang dll, tanpa perlu lagi diteriakkin “inlander” sambil ditendang pantatnya sama wong londo, ga perlu lagi angkat bedil atau ada bom-boman…

    hehehe…

    refleksi yg keren…
    :D

    Peace, Love `N Harmony

  12. 12 sora9n 17 August 2007 at 14:13

    Selamat Tujuhbelasan…….. Merdeka (dari apa?)……..

    Hmm, kira2 mirip sama deKing sih. Kemerdekaan (negara) itu melingkupi banyak aspek. Pengakuan kedaulatan baru salah satunya aja…

    Soal kemerdekaan dalam hal ekonomi, berpendapat, dan lain-lain… itu bagian yang beda lagi (IMHO lho). Tujuan utama proklamasi kan agar keberadaan negara kita diakui secara internasional. :D

  13. 13 Mrs. Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 14:14

    Sajak ini kayaknya berlaku juga buat para veteran perang kita… :(

  14. 14 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 17:09

    @deking
    Yah. lumayan. daripada ga ada merdekanya sedikitpun :D

    @9uBr4K5
    Peace! yah setidaknya kita bisa main internet. meski mahal tetapi tidak perlu kerja rodi dulu :D

    @ sora9n :D
    malas membahas kedaulatan negara, apalagi soal pengakuan international. Sejak baca buku Birth of Nation….

    @Mrs. Neo Forty-Nine
    Kayanya sih begitu….

  15. 15 antobilang 17 August 2007 at 17:54

    merdeka dari kebebasan.
    ya, artinya belum bebas. :(

  16. 16 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 17:59

    @Antobilang
    Merdeka dari hongkong? Gondrong aja ga boleh…

  17. 17 Hoek 17 August 2007 at 18:05

    emang merdeka yang kk-kk/mas-mas/mba-mba/om-om/tante-tante inginkan itu seperti apa si? saia bole tau ngga?kemerdekaan dalam hal apa si?saia lho masih binun, kita ini merdeka, tapi ya ko masih ga isa berkembang?perasaan dari dlu, di pelajaran geografi waktu saia smp sampe skarang, ko ya dibilang negara berkembang mulu ya???knapa ya?*tampang bloon*
    lha terus, mas-mba semua pada bilang kita masih belum merdeka, emang merdekanya itu mesti gimana si?tolonk, saia ini masi binun banget….
    makasih….

  18. 18 Mihael "D.B." Ellinsworth 17 August 2007 at 20:20

    Walah, pesimis begitu. Arti Blogger tidak ada dong. :D

  19. 19 cK 17 August 2007 at 21:34

    makany rid, elo potong rambut donk :mrgreen:

  20. 20 hoek 17 August 2007 at 21:36

    @Mihael “D.B.” Ellinsworth
    blogger sama optimis atau pesimis emang nyambung?
    yang jelas saia ini sudah pesimis dengan negeri yang saia tinggali…lha wong tinggal nunggu ancurnya aja ko…huahuahuahua…ke-pesimis-an saia bisa diliat di blog saia aja?
    huehuehuehue, skalian prmosi negh…

  21. 21 Generasi Biru 17 August 2007 at 22:21

    @Hoek: Saya cuma mau mereka untuk gondrong. Yang kecil aja dulu… ga usyah yang muluk

    @Mihael “D.B.” Ellinsworth: Bukan pesimis Nak…. realistis….

    @cK: Ya ya ya….bentar lagi juga potong rambut. Kan belum merdeka untuk gondrong :D

  22. 22 hoek 17 August 2007 at 22:46

    jadi gondrong itu suatu keharusan atau keinginan mas?huehuehue….whateper de…skarang buwat saia, gondrong ga gondrong, nuthing problem ko.yang penting khan kapasitas dan kecepatan proses simpan, olah dan transfer data di balik rambut…apapun modelnya…sbagai contoh saia ini rambutna saia pirang, tapi cara bpikirna ko ga kya orang barat yah…tidak kreatip gitu, tetep aja otak saia otak indonesia…lemoth…huahuahuahua….maaf kalo OOT

  23. 23 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 23:00

    ha ha ga papa…. Ga bikin blog Nak?

  24. 24 hoek 17 August 2007 at 23:12

    sudah pak (halah….) liat ja di hoek.wordpress.com <– (masi nulis alamat, alnya belum tau cara mbikin link…huehuehue

  25. 25 Neo Forty-Nine 17 August 2007 at 23:23

    Klik here. Untuk panduan ngeblog di wordpress

  26. 26 hoek 17 August 2007 at 23:41

    ew, tq guidena.kalo bisa koreksi saia juga dunk? kali aja tulisan-tulisan saia nanti ada yang ngacho (emang c baru satu doank)

    (bginilah contoh manusia indonesia, dikasi ati minta jantung, rempela, usus, uda gitu nasi nya minta tambah…)huahuahua

  27. 27 La An 17 August 2007 at 23:54

    weleh…
    weleh…
    kok pada pesimis sih :(

    klo bukan kita yg bngun bangsa ini biar merdeka sepenuhnya
    trus sapa donk?
    kita suruh jepang dan amerika? :lol: :lol:

  28. 28 hoek 18 August 2007 at 00:16

    wah, teori semangat yang patut ditiru…

  29. 29 andalas 18 August 2007 at 00:32

    sok lah… saya ikutan merdeka juga…
    menuju kemerdekaan yang sesungguhnya!!!

  30. 30 anker 18 August 2007 at 02:25

    merdeka… kayaknya hanya status.. mari mulai memerdekan diri, tapi tetap dengan tanggung jawab.. :-)

  31. 31 Neo Forty-Nine 18 August 2007 at 03:05

    @hoek :D

    @La An
    Bukan pesimis… realistis..

    @hoek
    *semangat!*

    @andalas
    Amin

    @anker :D
    Oke…. Mulai! he he he

  32. 32 evelyn pratiwi yusuf 18 August 2007 at 10:05

    Merdeka dari penjajahan, itu sudah pasti. Tapi menjadi tidak pasti adalah masih banyaknya campur tangan luar negri yang secara implisit atau eksplisit mencampuri Indonesia. IMF misalnya.

    Merdeka dari kebebasan berpendapat yang dulunya sempat dikekang, tapi menjadi tidak karena sekarangpun media tetep aja dipegang dan dikontrol oleh orang2yang punya kuasa aja.

    Oh ya lam kenal ye…
    Optimis bahwa kemerdekaan Indonesia yang ke62 tahun ini akan membawa sedikit dan hanya secercah harapan untuk kita bersama, karena disini, hanya di sini di Indonesiaku * kok kayak iklannya Gudang Garam Ya ;) *

  33. 33 pram 18 August 2007 at 11:00

    MErdeeKAA…!!! bon l’aniversaire IndoneSIAku..walo entah bagemanapun yg trjADI bangSA kita saaT Ini..kitA hrUS te2p cintA IndoNESIAAA…!!! lam kenal ..thnx

  34. 34 Neo Forty-Nine 18 August 2007 at 11:36

    @evelyn pratiwi yusuf
    Salam kenal juga

    Yah… perubahan menjadi lebih baik dan menjadi negara yang mandiri. itulah yang tidak atau belum bisa kita capai sekarang. soal merdeka dari penjajahan…ya memang baru sebatas itu. :D

    @pram
    Merdeka! minimal merdeka berkomentar… :D
    Sala kenal juga…

  35. 35 Mihael "D.B." Ellinsworth 18 August 2007 at 12:53

    Bukan pesimis Nak…. realistis….

    Lha, kata – kata saya di komentar tadi juga realistis kok. :mrgreen:

    Kalau nanti pesimis, untuk apa ada blogger, yang (mungkin) bisa menjadi perubahan untuk bangsa yang lebih baik ? :D

  36. 36 Dimashusna 18 August 2007 at 16:03

    Manusia yang memiliki kebebasan sejati cuma orang Gila, Orang waras minimal akan tunduk kepada Tuhan, hati Nurani dan akal.
    Begitulah yang dikatakan Gus Mus (Mustofa Bisri)
    Saya tidak mau dijajah oleh seni, dijajah oleh kata-kata, oleh komposisi warna atau hal-hal lainnya. Saya hanya senang dijajah Oleh ALLOH.

  37. 37 Neo Forty-Nine 18 August 2007 at 17:02

    @Mihael “D.B.” Ellinsworth
    *manggut manggut*

    @Dimashusna
    Tapi kayanya Beliau ga suka menjajah tuh mas…. :D

  38. 38 mataharicinta 18 August 2007 at 21:11

    hiks…hiks…
    biar udah merdeka tapi kita masih aja tetep dibilang negara dunia ketiga, gak enak banget sih:(
    tapi………….

    merdeka!

  39. 39 Heri Heryadi (Gak Login) 18 August 2007 at 23:21

    Empat tigax :D
    Puisi oh puisi..
    Enol-Empat-Sembilan tuh jurusan ke Tanah Abang yah?! :D
    *Langkah sejuta*

  40. 40 Dimashusna 19 August 2007 at 10:17

    Ya…. maksudnya Menjajah dgn Cinta, Rahmat dan Kasih-NYA

  41. 41 Neo Forty-Nine 19 August 2007 at 17:01

    @mataharicinta
    Semoga kelak bisa bersaing menjadi negara dunia kesekian
    Merdeka (entah dari apa?) :neutral: :neutral: :neutral:

    @Heri Heryadi (Gak Login)
    Bukan. jurusan Kota Intan. he he he… :neutral: :neutral: :neutral:

    @Dimashusna
    Kalau itu mah.. Setuju. :neutral: :neutral: :neutral:

  42. 42 Joerig™ 21 August 2007 at 13:21

    bahkan Land of the free – Home of the brave pun belum merdeka …

  43. 43 Neo Forty-Nine 21 August 2007 at 14:12

    Ga usyah jauh jauh. buat saya, untuk menjadi diri saya sendiri saja saya tidak merdeka…..

  44. 44 Joerig™ 21 August 2007 at 14:15

    kemerdekaan kan harus diperjuangkan …

    kemerdekaan diri sendiri cuma kita yg bisa memperjuangkan … men-utopia-kan negara tugas semua orang yg merasa WNI …
    :)

  45. 45 anagustini 22 August 2007 at 17:01

    Ya Rob aku lelah, penat semua tidak usai menuju pintu bahagia, semua selalu semu,
    Pahit dan kelu seolah rutinitas lapang adalah kuncinya,
    Tidak berani menimbun pengharapan tidak membiarkan hati ke atas langit,
    Diatas angin akan sangat kencang menghantam bumi, terkapar dan mati konyol,

    Bungkus semua lara, semua syahdu, semua redup.
    Alam nan cerah masih mencercah.
    Kedamaian menjadi lirik hati, kebebasan menjadi pembuka belenggu, diri kitalah yag bisa memerdekakan, memenangkan, mempertahankan, membuka jendela, membiarkan cahaya sempit terbuka lebar.
    Menemui langkah yang jenjang beraturan meninggalkan kesemuan dan ilusi.
    Merdekakanlah diri kita….

  46. 46 CY 30 August 2007 at 09:46

    Kalo masalah kemerdekaan berpendapat dan berkarya seni saya rasa di negara2 lain juga dibatasi kok (tapi gak kentara), hanya level toleransinya berbeda-beda, relatiflah…, terutama isu-isu yg sudah menyangkut pemerintahan apalagi dinas intelijennya pasti diberangus diam2.

    Alamiah kan kalo seorang manusia itu takut boroknya diangkat kepermukaan? :D

  47. 47 kasih 12 December 2007 at 13:30

    kemerdekaan yang telah kita miliki kita harus tetap menjaganya ‘cos’ pertahankannya

  48. 48 Mifka 21 January 2008 at 18:56

    :) Salam hangat

  49. 49 nurul.ch.nst 18 June 2008 at 14:57

    halo..masih ada ya orang yang membuat pantun indonesia kayak gini..
    biasanya adanya orang buat pantun untuk nembak orang..
    yang masih di bawah umur..yang belum pasti mengerti apa artinya karena masih terlelu kecil
    aku salut ma kalian!!:)

  50. 50 nurul 18 June 2008 at 14:59

    hai…:(

  51. 51 nurul 18 June 2008 at 15:00

    halo semua:p

  52. 52 S A YAsmen 280398 (tanggal Lahirku) 23 October 2008 at 21:34

    hooeek!!

  53. 53 hapiz 30 October 2008 at 20:37

    Ha,,,sALAm kenal buat smua
    emang males seh ngomongin kemerdekaan
    tpi lo masih ada semangat 17an kan

  54. 54 roni cdr 13 May 2010 at 00:51

    apa yang dikatakan dgn hidup?untuk memilihkah,atau untuk sebuah kebebesan,atau mungkin pula sebuah keinginan,itu bisa kt jwp tampa hrs untuk belajar dr sebuah kehidupan.hidup itu bagaikan air selalu bersih walau berada di tempat kotor.aku butuh hidup,hidup tu ada

  55. 55 Herizal Alwi 19 December 2011 at 02:23

    izan share gan

  56. 56 Sumiyati 13 June 2012 at 23:45

    follow saya @NurainiAfi

  57. 57 Sumiyati 13 June 2012 at 23:48

    Follow gue @NurainiAfi , Makasih :)

  58. 58 perangin angin 5 February 2013 at 16:54

    euh…..trlalu lebay kt2.a,,,


  1. 1 Makna Kemerdekaan kita: Suatu Tinjauan Kimia « manusia biasa Trackback on 17 August 2007 at 03:59
  2. 2 Merdeka, Bung! « antobilang Trackback on 17 August 2007 at 17:55
  3. 3 Merdeka « Chaos_Region.html Trackback on 17 August 2007 at 20:40
  4. 4 Harapan Itu Ada « JalanMenujuKetenaran Trackback on 18 August 2007 at 13:26
  5. 5 Joerig mode [2] … « Jurig Bageur Trackback on 20 August 2007 at 15:18
  6. 6 Bulan Puasa Puisi « cK stuff Trackback on 30 August 2007 at 09:05
Comments are currently closed.



Monthly Archives

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 170 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 170 other followers

Twitter

  • I Know no-one read this tweet, cause they got too much update in their timeline.... hihihihi 1 day ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: