Definisi Blog

APAKAH BLOG ITU?

Definisi saya tentang sebuah blog tidak akan terlalu bertele tele ataupun membuat dahi anda berkerut karena harus memikirkan kosakata baru, atau kosakata yang terasa asing bagi anda anda yang akan membaca, mungkin juga tidak membuat anda harus membuka kamus atau buku ensiklopedia demi mencari arti dari kata kata yang akan saya sampaikan. Singkatnya definisi ini akan mudah saja dan mungkin juga jauh dari “ilmiah”, inilah definisi Blog itu…..

  1. Blog adalah sebuah produk dunia maya yang dapat membuat anda menghabiskan waktu berjam jam atau mungkin berhari hari didepan layar komputer anda dengan jari jari menari diatas keyboard komputer, untuk mengisi dan mengedit blog yang anda punyai
  2. Blog adalah sebuah produk menarik dari sistem bernama kapitalisme, dimana anda secara sadar ataupun tidak telah memperkaya pihak lain, atau dengan kata lain anda yang blogging telah memberi keuntungan baik sedikit maupun besar kepada pihak lain. Contohnya, bila anda tidak punya koneksi internet pribadi, maka anda akan menuju warnet untuk membuat, membuka, ataupun mengedit blog yang sudah ada. Secara otomatis anda akan menghabiskan waktu di warnet dimana hal ini berbanding lurus dengan jumlah uang yang harus anda bayarkan kepada pengelola warnet yang dampak langsungnya adalah memberi keuntungan pada pihak warnet itu.
  3. Blog memberi keuntungan bagi penyedia jaringan. Bila anda mempunyai koneksi internet sendiri dirumah, maka aktifitas anda memberi keuntungan pada penyedia jaringan yang anda gunakan, seperti halnya pada sambungan telepon, atau listrik, dimana pemakaian anda terhadap produk tersebut akan dikenai biaya sesuai yang sudah ditentukan.
  4. Blog memberi keuntungan kepada penyedia jaringan listrik. Sebagai satu satunya penyedia listrik di negara Indonesia, Perusahaan istrik Negara (PLN) juga meraup keuntungan dari aktifitas blogging anda, semakin banyak orang blogging, semakin banyak pula orang yang menyalakan komputer, yang lagi lagi berbanding lurus dengan tarif listrik yang akan diraup oleh PLN.
  5. Bagi anda yang menyediakan petunjuk petunjuk yang berguna seperti misalnya tips tips blogging, maka blog anda telah memberi keuntungan kepada orang orang yang sedang dalam proses pembelajaran. Paling tidak, anda telah menambah pengetahuan bagi para pembaca dan pengunjung anda
  6. Blog memberi keuntungan buat orang orang yang memuat tulisan tulisan yang kontroversial, atau yang mengundang komentar dan perdebatan khalayak ramai, keuntungan yang diperoleh penulis atau pemilik blog adalah popularitas dan ketenaran sehingga blog anda akan banyak dikunjungi orang dan diberi komentar. Sedangkan bagi yang mengunjungi dan yang memberi komentar mendapat keuntungan seperti otak yang kemudian jadi berfikir lagi untuk memberi komentar, keinginan kuat untuk membaca dan faham, kesenangan pribadi karena telah mentahbiskan namanya sebagai salah satu pengunjung yang memberi komentar, serta menjadi ajang promosi tidak langsung bagi si pemberi komentar untuk mempromosikan alamatnya sendiri, apalgi jika komentarnya sama kontroversialnya atau komentar yang diberikan mengudang perdebatan yang lebih panjang dan keluar jalur.
  7. Blog memberi kepuasan pribadi bagi setiap individu baik bagi yang membuat dan mengedit blog sendiri, serta bagi yang membaca, dan memberi komentar pada blog orang lain. Keuntungan ini tidak apat ditakar karena sifatnya semu dan pribadi.

Mungkin banyak lagi berbagai versi dan pendapat tentang apa itu blog, namun dari saya pribadi, itulah definisi yang dapat saya cerna dan saya tuliskan sehingga dapat dibaca oleh anda. Segala hal yang tidak sesuai ataupun melenceng dari realita sangat mungkin terjadi pada tulisan diatas hal ini dikarenakan tulisan ini dikelola oleh seorang yang biasa biasa saja, bukan professor ataupun guru besar, bukan pula seorang ahli ataupun peneliti handal. Sekian dan terima kasih.

8 Responses to “Definisi Blog”


  1. 1 tarhee 21 June 2007 at 08:57

    menurut saya pendapat anda mengenai definisi blog sudah bagus dan, ini sangat membantu saya dalam mencari referensi mengenai apa itu blog atau web blog untuk memenuhi tugas praktek saya di kampus dalam laporan mengenai blog atau web blog….

  2. 2 Neo Forty-Nine 21 June 2007 at 16:32

    Ah, thanks kalau ini bisa jadi manfaat

  3. 3 Dela 14 February 2008 at 12:54

    gw lg sedih karena gw baru diputusin sama orang gw cintai…………………………………………………………………………………

  4. 4 Fortynine using Windows Vista!!!! 14 February 2008 at 17:56

    Lho? Kok curhatnya di tema tulisan yang ini Pak/Bu?

  5. 5 Mrs. Fortynine 14 February 2008 at 18:52

    huuu… YMnya gak onlen!

    *ngambek*

  6. 6 Mr. Fortynine 14 February 2008 at 20:13

    @Mrs. Fortynine: Mati lampu! Hotspotnya ikutan K.O

  7. 7 benny 18 October 2009 at 11:37

    tks for your info, saya baru belajar tentang internet, by the way, bagaimana caranya membuat blog sendiri? mohon infonya.

  8. 8 Fortynine 30 May 2010 at 03:11

    Tinggal buka wordpress.com, lantas ikutilah langkah langkah selanjutnya…biasanya dimulai dengan sign up


Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: