Avatar, Komentar dan Gentleman Berambut Panjang

Sudah liat avatar saya yang baru? Gimana? Bagus? Atau mau langsung menghujat dan memvonis bahwa itu adalah kafir? Dari sini juga saya mohon maaf apabila ada pihak pihak yang bakalan merasa tersinggung atau merasa tidak enak dengan avatar saya yang baru. Terutama saya sungguh sungguh tidak nyaman mengingat saya pernah berkomentar di blog yang saya kagumi milik mas Agorsiloku. Contohnya di sini, di sini, dan di sini. Begitu juga dengan komentar saya di sini, di blog milik ressay. Kalau gambar saya di blognya manusiasuper atau Med mah saya ga peduli, dari dulu juga mereka sudah tau dan bisa membaca fikiran saya.

Alasan saya mengganti avatar adalah: Pertama, karena lambang itu adalah lambang ideologi komunisme, sampai sekarang ada beberapa hal yang saya kagumi dari komunisme. Misalnya seperti yang saya gambarkan di sini, dan sifatnya yang berbanding terbalik dengan kapitalisme yang sudah terbukti jelas menyengsarakan rakyat Indonesia.

Kedua, karena ada salah satu oknum yang berkeberatan bila ada yang berkomentar di blognya dengan gambar (hidup apa bernyawa ya?). Saya haraf dengan gantinya avatar saya ini, komentar saya selanjutnya tidak akan dihapus lagi. (Catatan, saat saya menulis ini, saya baru saja mendapat sms dari Amd bahwasanya komentar saya di artikel ini telah dihapus).

Ketiga, terlepas dari makna avatar itu, coba anda cermati avatar itu dengan baik. Dan menurut saya, dari sudut pandang seni, avatar itu sangatlah bagus dan artistik.

Dalam masalah komentar mengomentari ini memang perlu sedikit penjelasan dan perdebatan. Jadi begini, bagi sebagian orang blog adalah milik pribadi, termasuk otoritas untuk menghapus komentar komentar yang masuk di blog. Tidak salah, tapi pendapat ini setidaknya berbenturan dengan pendapat bahawasanya komentar dapat menjadi pencerahan, ataupun bahan introspeksi diri, juga sebagai fasilitas yang memang sudah seharusnya dimaksimalkan sehingga harus terus ditampilkan alias tidak dihapus, tanpa mengindahkan baik buruknya suatu komentar, tidak peduli komentar itu menyudutkan ataupun menyanjung. Ada yang berkomentar tidak sedap bagi kita itu belum tentu tidak sedap bagi orang lain mengingat kebenaran di dunia lebih banyak yang palsu.

Contohnya begini. Seorang manusiasuper, saya tau bahwasanya dia tidak suka dengan komentar komentar saya di blognya, seperti halnya saya yang tidak suka komentar komentar manusiasuper di blog saya, namun baik manusiasuper maupun saya berusaha realistis, bahwasanya komentar kami sebenarnya saling mendukung. Sehingga kami tidak saling menghapus komentar. (Ya Tuhan, ampuni aku atas dosa dosa dan kebohonganku saat menuliskan dua kalimat terakhir) (*sebentar ya, saya mau muntah dulu habis menulis 2 kalimat terakhir*).

Tentang komentator dengan gambar hidup (bernyawa) sebagai avatar (seperti misalnya milik Joesatch), saya tidak pernah mengharamkan ada avatar makhluk hidup atau makhluk bernyawa yang bakalan nangkring disini. Karena tumbuhan itupun belum tentu bukan makhluk bernyawa, siapa tau tumbuhan juga sebenarnya bernyawa? Mengingat tumbuhan juga adalah makhluk hidup.

Kalau memang konteksnya itu. Sangatlah tidak bermutu kalau sampai menjadikan gambar bernyawa untuk dijadikan alasan buat mendelete komentar. Karena sejauh yang saya tau dalam Islam, menggambar itu tidak haram, selama bentuknya tidak sama persis dengan makhluk hidup seutuhnya, dan dari bentuk gambar tersebut, objek gambar tidak mungkin hidup. Misalnya saya menggambar manusia, maka cukup digambar sebatas pinggang atau dada nya, tanpa kedua belah tangannya, karena tidak mungkin ada manusia yang bisa hidup dengan kondisi sepeti itu.

Avatar saya yang lama saya rasa sudah cukup representatif dan komunikatif untuk memberi komentar di semua blog, karena saya hanya
memakai bagian kepala dari pesepakbola idola saya, dengan pose yang seolah olah bahwa gambarnya benar benar berkomunikasi dengan pembaca. Serta, gambar itu bukan gambar makhluk bernyawa seutuhnya.

Sedikit saja lagi tentang komentar, yaitu. Adalah tidak gentle bagi seorang pria untuk menghapus komentar yang masuk ke blognya, dan adalah tidak ladies bagi seorang wanita bila menghapus komentar yang masuk ke blognya. Apalagi, ini wordpress Bung! Ini wordpress Mba! Komentator adalah raja yang merepotkan, zalim, serta mengesalkan di sini. Kalau mau tidak ada komentar, mending bikin situs porno aja sekalian, tutup lobang kemaluan komentar, dan dijamin tidak akan ada lagi komentar yang masuk, karena para pengunjung sudah sibuk mendownload dan menikmati gambar atau video porno yang anda buat.

Selanjutnya. Kalau kelak karena tulisan ini atau karena avatar saya ada yang berniat menghalalkan darah manusiasuper atau Amd saya. Saya tidak berkeberatan, saya samasekali tidak takut! Tapi tolong baca ini dan ini dulu.

Sudah? Kalau sudah baca tapi masih menganggap menumpahkan darah sesama Muslim manusia itu halal, maka orang yang berpendapat seperti demikian bukan lagi manusia biasa, tapi sudah sampai pada taraf manusiasuper, maksud saya manusia superedan, atau manusia superdungu. Yang
mengatasnamakan nafsunya diatas segalanya. Atau lebih sopannya sebut saja mereka pecandu agama.

Iklan. Ada dua artikel yang hampir segaris di sini dan di sini

24 Responses to “Avatar, Komentar dan Gentleman Berambut Panjang”


  1. 1 agorsiloku 30 March 2007 at 12:32

    Terutama saya sungguh sungguh tidak nyaman mengingat saya pernah berkomentar di blog yang saya kagumi milik mas Agorsiloku —>
    Walah Mas 49, aku sungguh bingung deh.. apa yang tidak nyaman?, kenapa dengan avatar, kenapa kafir?, kok pikiran saya nggak bisa nangkap sama sekali. Emang apa salahnya?, apa kelirunya?… Apa karena wajah saya di Avatar lebih ganteng dari gambar Mas 49 sehingga menjadi begitu minder dan harus ganti Avatar. Saya nggak cakep-cakep amat kok Mas, Piye toh… 🙂

  2. 2 Fourtynine 30 March 2007 at 12:37

    @Mas Agor
    Saya merasa kurang nyaman karena mungkin sekali sebagian orang yang beragama menganggap avatar itu Bid’ah, apalagi kalau harus nongol di blog Islami nya Mas Agor. Peace!!!

  3. 3 Evy 30 March 2007 at 13:40

    Ini sahabat AMD dan manusia super ya… lha kok di terus2in to.. mas, wis to..

  4. 4 agorsiloku 30 March 2007 at 14:10

    Oh… begitu, ganti avatar. Itu terpulang pada masing-masing. Setahu saya, Allah SWT nggak akan ndeso seperti ciptaanNya, Dia adalah Dzat yang Mahamengerti dan Mahakuasa, Mahamengetahui hati setiap manusia.

    Juga, lihat tuh, Pak Raib (RajaIblis), biar dari golongan setan, dia berkerudung. Bahkan pernah Pak Raib membalas komentar saya dengan menyebut saya Oom. Saya nggak pernah merasa punya ponakan Raib🙂.

    Dan kemudian, memang harus juga agor jujur. Dalam hal bermain kata, Agor benar-benar hindari benar kalau menyangkut Allah SWT dan Rasul-rasulNya dalam bentuk, meng-apasaja-kan (meskipun tujuannya baik). Lebih memilih yang terang dan jelas saja. Mencoba menghindari kemungkinan terpeleset persepsi dan ungkapan. Dan itu menyangkut seluruh nilai kehidupan ini. Takut.

  5. 5 manusiasuper 30 March 2007 at 14:18

    6 kali nama saya disebut dan di-link…

    *terharu..*

  6. 6 joesatch 30 March 2007 at 14:20

    yang menghujat kamu kafir, rid…adalah orang2 “bodoh” yang nggak tau bedanya atheis sama komunis🙂

  7. 7 Mr. Geddoe 30 March 2007 at 15:48

    Ateis sama komunis beda! Bikin bannernya!😮

  8. 8 ressay 30 March 2007 at 19:09

    terus terang aku gak bisa menangkap maksud dari tulisan Anda di atas ini. hehehe…

  9. 9 joesatch 31 March 2007 at 20:44

    jangan ditangkep, mas yasser. tapi dibaca aja. kalo ditangkep memang sulit, ekekekeke

  10. 10 Fourtynine 31 March 2007 at 21:52

    @manusiasuper
    makasih……
    @Evy
    benar, memang saya dan manusiasuper serta Amd memiliki hubungan badan batin
    @Agorsiloku
    Mas agor memang penuh pengertian
    @Joe and Mr Geddoe
    Terima kasih anda bisa membedakan antara atheis dan komunis
    @ressay
    Anda juga benar benar orang yang pengertian, bisa membedakan dengan baik mana komunis mana atheis. sekali lagi terima kasih. Peace! untuk semuanya

  11. 11 ressay 31 March 2007 at 23:02

    kok Anda tau saya bisa membedakan mana komunis, makan atheis?

  12. 12 rajaiblis 1 April 2007 at 12:01

    @agorsiloku
    kalo yg di avatar aNE … itu bukan kerudung tapi jilbab …

    wakakkakaaaa …

    btw …
    aNE panggil eNTE oom karena eNTE emang bakal jadi oom …
    gak tau kalo kepengen jadi tante … kalo mau … tak usulin !

  13. 13 rajaiblis 1 April 2007 at 12:01

    @Fourtynine
    avatarmu itu koq mirip penis sama vagina ya ?

  14. 14 ressay 1 April 2007 at 13:17

    @Rajaiblis
    pikiranmu hanya sebatas daerah selangkangan yach?

  15. 15 rajaiblis 1 April 2007 at 13:48

    @ressay
    iblis gak perlu berpikir karena tidak punya pikiran !

    dan … mengapa eNTE sampai berpikir bahwa iblis hanya bisa berpikir seperti apa yg sudah barusan eNTE pikirkan soal selangkangan ?

    wakkakakkaaa …

  16. 16 Fourtynine 1 April 2007 at 16:32

    @raja iblis
    busyet!palu arit terlihat mirip alat kelamin dilihat dari sudut pandang iblis
    Ressay
    Saya kan selalu mendahulukan prasangka baik kepada orang lain

  17. 17 ressay 1 April 2007 at 21:29

    oh ya yah iblis kagak punya pikiran. terus punyanya apa raja iblis?

    @fourtynine
    Sip…!!

  18. 18 grandiosa12 2 April 2007 at 04:33

    lg trend ganti avatar nih keliatannya.. selama atas avatar barunya..

  19. 19 Fourtynine 2 April 2007 at 15:03

    @grandiosa
    makasih

  20. 20 masagielmuna 5 April 2007 at 07:02

    mmm sayah pake avatar apa ya? *mikir mo ganti avatar juga*

  21. 21 Fourtynine 5 April 2007 at 15:24

    waduh, nda berani nyarinin, soalnya semuanya adalah keputusan pribadi.


  1. 1 Social Disobedience « Generasi Biru Trackback on 7 April 2007 at 10:31
  2. 2 Mana Yang Lebih Layak Untuk Dibenci? Komunisme Atau Kapitalisme? « Generasi Biru Trackback on 1 December 2007 at 23:14
  3. 3 Social Disobedience « Generasi Biru Trackback on 6 December 2007 at 11:19

Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Twitter

  • Laporan kepada @pln_123 , hari ini sdh terjadi pemutusan aliran listrik untuk kesekian kalinya di Banjarbaru dengan durasi yg cukup panjang 3 days ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: