Kumpulan Cerita Di Hari Jum’at dan Malam Jum’at, Yang Tidak Diceritakan Di Hari Jum’at

Kisah kisah ini nyata terjadi. Saya alami sendiri, saya liat sendiri, dan saya dengar sendiri, maupun melalui perantara jin, iblis dan syaiton teman teman saya. Simaklah dengan baik dan benar, kemudian berikan pujian komentar sesuai hati nurani, nafsu dan amarah anda masing masing. Terserah anda mau berkomentar menggunakan apa saja, silakan……Ga mau komentar juga silakan, tidak ada paksaan dalam beragama hukum wajib tidaknya berkomentar.

KAPAN JEMAAH MESJID SAAT SHOLAT JUM’AT PENUH?

Menurut pengamatan saya pribadi yang boleh dikatakan survey kecil kecilan, tanggal 20’an keatas setiap bulannya adalah saat dimana Mesjid benar benar dimakmurkan oleh umat umat yang katanya kolom agama di KTP nya adalah Islam. Jangan haraf bisa mendapat tempat di dalam Mesjid kalau anda datang lima sampai sepuluh menit sebelum kumandang adzan. Karena akan menghasilkan posisi luar buat anda. Minimal, datanglah setengah jam sebelum adzan sehingga anda bisa menikmati hembusan angin dari surga kipas yang disediakan oleh panitia Mesjid. Sambil mendengarkan daftar pahala yang biasanya dibacakan oleh pengurus Mesjid.

Bagaimana dengan kecakapan dan kelenturan lidah para penyampai khutbah Jum’at? Apakah tanggal tua juga membuat pengkhutbah juga menaikkan kecepatannya dalam berceramah? Yang ini saya tidak perhatikan. Namun yang saya yakini dengan pasti adalah kedermawanan yang meningkat dari semua pengunjung, pada tanggal 20’an keatas adalah saat dimana pengunjung Mesjid benar benar dermawan, kali ini mereka semua tidak akan segan segan mengisi kotak kotak yang dijalankan dari kanan ke kiri yang biasanya di tanggalan 1 sampai 19’an memiliki kecepatan sampai 90 km/jam, pada tanggalan 20’an ketas biasanya akan bertambah berat sehingga memiliki kecepatan yang kadang kadang hanya 20 km/jam.

Sementara itu juga, setiap Jum’at yang berlangsung setelah Idul Fitri atau Idul Adha, anda juga bisa dengan tenang ke Mesjid, karena tempat yang kosong masih banyak tersedia. Berhubung orang orang biasanya sedang sibuk bersilaturahmi dan makan makan sampai kekenyangan, maka anda pun tak perlu terburu buru untuk melangkahkan kaki anda ke mesjid meski 10 menit setelah adzan (adzan kedua, bagi yang merasa bahwa adzan Jum’at itu harus 2x). Apakah ini sebuah generalisasi? Entahlah, yang jelas inilah hasil observasi dan survey amatiran saya selama ini.

ANAK KECIL

Seorang anak kecil, melaksanakan sholat Jum’at sendiri tanpa ditemani kerabat atau orang tuanya, diantara jamaah jamaah mesjid lainnya. Disampingnya saya yakin bukan ayah atau kakaknya, sementara disamping sebelahnya lagi adalah saya. Yang menarik perhatian saya adalah saat sholat Jum’at telah mencapai taraf salam dan dilanjutkan dengan adu kecepatan komat kamit. Saya sudah merubah posisi duduk saya menjadi bersila, sambil bersiap menuggu datangnya kotak yang saat itu kecepatannya mungkin mencapai kecepatan 70 km/jam. Bisa anda perkirakan sendiri tentunya sekitar tanggal berapa saat itu.

Si anak kebetulan persis disamping kanan saya, sehingga dialah yang berhak lebih dulu memberlakukan pit stop terhadap kotak itu, dan…….ya ampun, anak ini menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dari pada saya ke kotak tersebut. Anggap saja si anak menyemprotkan 10 liter, sementara hanya setengah nya. Padahal, secara kasat mata, sebenarnya saya bisa menyemprotkan bahan bakar jauh lebih banyak daripada si anak, tapi mengapa saya kalah? Dan satu pukulan lagi dilakukannya buat saya yaitu, ternyata ia belum menggeser posisi duduknya dari posisi tahyat akhir, sementara saya-yang katanya sudah dewasa secara fisik yang tentunya juga memiliki kekuatan berbanding terbalik dengan si anak-sudah bersila! Ya Tuhan, siapakah sebenarnya anak itu? Sungguh beruntung orang tua si anak, dan sungguh beruntung pula si anak seandainya ia memiliki seorang gadis cantik dan soleh yang menjadi kakaknya, akan menjadi lebih beruntung bila sayalah kakak iparnya.

MALAM JUM’AT

Malam Jum’at yang lalu. Terjebak di rumah seorang teman, hujan menguyur dengan lebatnya. Jadilah yang kami lakukan hanya bisa menunggu redanya hujan sambil bercerita ngalor ngidul. Hingga sampailah kami pada sebuah cerita menarik saat seorang teman saya yang punya rumah tadi melakukan perjalanan dari Banjarbaru ke Banjarmasin menggunakan angkutan umum.

Menurut teman saya itu. Di saat sedang asyik menikmati musik lewat hp nya yang kebetulan seri walkman, indera pendengarannya agak terusik dengan percakapan beberapa orang yang mengoceh macam macam tentang agama, kebetulan agama yang dikocehnya adalah tentang agama Islam. Kalau tidak salah ada 3 orang aneh yang terus menerus sepanjang jalan membicarakan tentang banyak ulama ulama yang disebut mereka sebagai berhala hidup, mulai dari A A Gymnastiar, Ustad Jefri, (Alm) Guru Zaini Gani, sampai seorang ulama yang cukup terkenal yang kebetulan lokasi geografisnya berdekatan, bahkan dekat sekali dengan tukang tebar pesona trackback ini.

Juga, orang orang aneh tadi mengatakan “Mereka itu semua hanyalah ahli ahli kitab, bukan orang orang yang memiliki kemampuan dan ilmu yang sesungguhnya. Kalau kitab terbakar, habislah pula acuan/ilmu mereka. Sedangkan kami, kami memiliki ilmu itu di sini (sambil menunjuk ke arah dada). Ulama yang saya sebutkan terakhir, malahan menurut teman saya disebut oleh mereka sebagai ulama yang agamanya ga jelas! Kalau saja ada orang Martapura yang kebetulan fanatik yang mendengar ini, dijamin. Halal meng”halal”kan darah pasti terjadi.

Reaksi saya dan teman lainnya? Busyet, orang sudah meninggal ko masih dibawa bawa, sampai sampai di perbincangkan kejelekannya segala. Kalau mau dibilang berhala hidup kek, dibilang cuma modal buku kitab doang kek, ga perduli. Itukan sudah menjadi ciri khas dari umat yang kecanduan agama. Menuhankan ayat, mengkultuskan imam, ulama, mahzab, golongan atau aliran, atau apapun itu namanya. Tapi….ah, itu orang yang sudah almarhum itu tolong jangan lagi dibawa bawa namanya, kasian….beliau sudah beristirahat dengan tenang, kok masih diusik usik segala.

Gimana perasaan anda, misalnya memiliki kerabat yang sudah beristirahat dengan tenang, kemudian ada orang yang mengungkit ngungkit kejelekan atau memperbincangkan sisi gelapnya, apa yang akan anda lakukan? Setidaknya-saya rasa-anda akan merasa terusik juga.

Selingan, yang tidak terjadi di hari Jum’at, dan tidak diceritakan di hari Jum’at (Bah, nulis apa pulang? Kada mengaruan tau)

2 Rekan saya di dunia Maia Estianti yaitu Mr Geddoe dan Antosalafybilang, rupanya sedang resah dan gelisah menunggu kedatangan dari salah satu seleb dari golongan BAhlul Sunnah Wan Jamaah. Bahkan saya disarankan untuk kirimkan ping…..

Asal tau saja, bukan hanya ping yang sudah saya kirimkan tapi juga wanita, makanan, pakaian,tapi juga komentar, yang sampai sekarang masih menjadi Missing Komen. Alias, ada kemungkinan komen saya dihapus, di moderasi, atau mungkin si Antobilangsalafy memasukkan kata Farid, Fourtynine, dan alamat blog saya sebagai salah satu keyword sensor komennya.

Padahal, kurang apa lagi nama saya ya? apa kurang Kearab araban? Avatar terbaru saya saja sudah pakai gambar rokok dari Arab, atau perlu saya kirim gambar wajah saya yang jenggotan? Ups!!!!! Lupa, gambar makhluk bernyawa……kan halom bagi Antobilangsalafy.

Kira kira? apa yang terjadi ya? Apakah memang Antobilangsalafy sedang bertapa di gunung? Tentu tidak! Apakah memang mereka benar benar ingin berhenti berdebat dengan orang jahil? Kalau memang debat dengan orang jahil itu tidak berguna……respon saya adalah, saya bukan orang jahil. Saya orang yang kreatif (*ditimpukin massa pakai kartu nama cewe cewe seksi cantik*). Lantas? Kenapa Debat harus dihentikan?

Apakah tidak berguna? Tidak kan? toh saya bukan orang jahil (*ditimpukin massa pakai kartu nama cewe cewe seksi cantik lagi….*), saya juga tidak sekedar ber”suudzon”. Kenapa harus dihentikan? Bukankah the battle debate is begin?????

34 Responses to “Kumpulan Cerita Di Hari Jum’at dan Malam Jum’at, Yang Tidak Diceritakan Di Hari Jum’at”


  1. 1 sora9n 30 April 2007 at 12:06

    Lho, si Mansup itu aslinya Gambut atau Banjarmasin???😀

    Sungguh beruntung orang tua si anak, dan sungguh beruntung pula si anak seandainya ia memiliki seorang gadis cantik dan soleh yang menjadi kakaknya, akan menjadi lebih beruntung bila sayalah kakak iparnya.

    Maksa… (-_0) Tapi asik juga kalau betul gitu ya?

    (o_0)”\ — garuk2 kepala

    Btw, pertamax ya.😉

  2. 2 Fourtynine 30 April 2007 at 12:10

    Gambut….kan udah saya dan Amd bela belain bilangin di artikel mu. He he

  3. 3 balibul 30 April 2007 at 14:48

    adu panjang amat ni….

  4. 4 hafiz 30 April 2007 at 14:59

    Wuih trekbeknya.. ck ck ck.. lempar kemana2..hehe. tapi bagus karena relevan juga..

  5. 5 Cewek Tomboy (ga login) 30 April 2007 at 15:28

    walah 49, mending cari pacar aja deh drpd ngurusin ginian, kamu itu lho… ah

  6. 6 agorsiloku 30 April 2007 at 16:56

    Barangkali… saya juga sering mendengar hal serupa…. yah… kita maklum saja, tidak setiap kesempatan orang bisa menjadi seterkenal Aa…. jadi wajar saja kalau ada yang merasa lebih pintar. Mungkin juga benar lebih pintar, mungkin juga lebih tidak arif. Tapi yang jelas di angkot itu, dia kan lebih dikenal….

  7. 7 antosalafy 30 April 2007 at 17:47

    link ke blog saya banyak juga ya? namun, saya berlepas diri darinya.

  8. 8 antosalafy 30 April 2007 at 17:47

    link ke blog saya banyak juga ya? namun, saya berlepas diri dari perkataan batil.

  9. 9 manusiasupersalafy 30 April 2007 at 17:56

    Berlepas diri kok ikut ngoment, gimana tokh To.. To..

    Niatmu apa seh? Mau jadi terkenal kaya A’a Gym juga ya..?? Hayooo..

  10. 10 Mr. Geddoe 30 April 2007 at 19:34

    Horee… Pak Abu Maulid datang…😛

    namun, saya berlepas diri dari perkataan batil.

    Likewise, apa sebaiknya saya mulai berlepas diri dari perkataan bahlul?🙄

  11. 11 Fourtynine 30 April 2007 at 20:39

    @Balibul
    Masih banyak yang lebih panjang

    @Hafiz
    Masih banyak artikel dengan trekbek yang lebih banyak, Yang penting trekbeknya relevan kan?

    @Cewe Tomboy (Ga Login)
    (*dijewer sama Bu Evy*)Ampun Bu……… Iya dech, abis ini saya nyari cewe aja. Gimana kalau ama Riri aja?

    @Mas Agorsiloku
    Kayanya, kalau menurut saya, yang di angkot itu lebih edan

    @Antosalafy (yang akhirnya datang)
    Mau menganjingkan?

    @Manusiasupersalafy
    Kayanya memang mau….

    @Mr. Geddoe
    Horeee juga

  12. 12 Aday 30 April 2007 at 21:14

    Rame juga niy,,, Jadi penonton aja deh…

  13. 13 antosalafy 30 April 2007 at 21:15

    Kok, lho…lho…? pada nyambut aku sih. Wah, jadi malu nih. Ya, gak apa-apa deh…Doaku: semoga kita semua ditunjuki jalan yang lurus, yaitu jalannya orang-orang yang dianugerahi nikmat (para salafush shaleh) dan bukan jalannya orang-orang yang dimurkai (Yahudi dan semisalnya) serta jalannya orang-orang yang sesat (Nashrani dan semisalnya). Amin.

  14. 14 peyek 1 May 2007 at 00:22

    Berhala hidup? hahahaha… terus apa mereka disembah-sembah gitu?

  15. 15 deking 1 May 2007 at 01:54

    Jangan2 blog juga jadi berhala baru ya😀

  16. 16 Luthfi 1 May 2007 at 08:53

    maksudnya kecepatan kkotak amat itu pa an sih?

    *lugu*

  17. 17 Luthfi 1 May 2007 at 08:54

    *stlh berpikir 1/1000000000 detik*

    oh i c … smkn cpt kotaknya, smkn jarang orang yg ngisi

  18. 18 Fourtynine 1 May 2007 at 10:24

    @Antosalafy
    Lho? Bukannya panutan anda lebih suka bersama Yahudi dan Nasrani?

    @Peyek
    Yang jelas sich, di “Dewa” kan, semua ucapannya dituruti, ga perduli benar salahnya. Biasanya sich gitu

    @Deking
    Astagfirullahaladzim

    @Lutfi
    Ha ha, bisa aja kamu…

  19. 19 elpalimbani 2 May 2007 at 11:28

    wakakakak…postingannya menarik euy! lucu…menggelitik juga. bisa aja nih ngarangnya. ditempat saya kondisinya mirip mirip kayak gitu deh, he…3x

  20. 20 abagaga 2 May 2007 at 12:19

    Ha..ha..ha..,(dalam hati aja sambil senyum lagi),..kalau enggak malu sama teman sebelah,..bisa keluar ngakak aku..
    Hari Jum’at yang lucu…Farid salam kenal yooo..

  21. 21 Evy palsu 2 May 2007 at 14:28

    hmmm…semoga semua muslim bersatu dalam damai, sama2 umat nabi dan ga usah benci manusia lain sama2 ciptaan Allah, belum tentu yang kita benci itu lebih jelek dan belum tentu kita lebih bagus… di mata Allah hati yang ikhlas dan ketaqwa’an yang di nilai…

  22. 22 dalamhati 2 May 2007 at 20:44

    jadi pengin ngelacak.. siapa tahu anak kecil tersebut punya kakak cewek buat dijodohin ma anda xexexe

  23. 23 Fourtynine 3 May 2007 at 16:37

    @Elipambami
    Kayanya fenomena di seluruh Indonesia ya?

    @Abagaga
    Tertawalah sebelum tertawa dilarang (Ha ha ha ha). Salam kenal kembali….

    @Bu Evy
    Amiiin…..
    Peace, damai bangsaku, damai seluruh dunia.

    @Dalamhati
    Silakan, moga moga tu anak beneran punya kaka cewe. Ha ha ha

  24. 24 abagaga 4 May 2007 at 08:19

    ha,..ha..hi..hi..hu..hu..
    Bagaimana bisa tertawa dilarang,..wong mo tertawa saja sekarang ini mahal costnya..lihat tuh ..Tukul..dan Pulsa mahal enggak seh..

    whuaha..ha..ha..

  25. 25 prim 4 May 2007 at 16:56

    Sungguh beruntung orang tua si anak, dan sungguh beruntung pula si anak seandainya ia memiliki seorang gadis cantik dan soleh yang menjadi kakaknya, akan menjadi lebih beruntung bila sayalah kakak iparnya.

    Wah ini,, intinya cari pacar atau pengalaman pribadi sih, Jangan-jangan anak kecil itu memang adik iparnya ya…!!!

  26. 26 Fourtynine 6 May 2007 at 14:34

    @Prim
    Mudahan aja tu anak kecil emang punya kakak cewe yang cantik dan alim. He he

  27. 27 bymo_vergil 7 May 2007 at 07:00

    MAS FARID. gw mo nanya , menurut mas apa seh agama itu?
    dan apa seh ISLAM itu?

    klo g pengen publikasi, ke email wa aja bymo_dante@yahoo.co.id

    menurut penelitian gw, mas farid waktu jumatan banyak ngamatin orang yah?g tll nyimak khotbah nya dong?
    ^_^

  28. 28 M Shodiq Mustika 7 May 2007 at 09:13

    Pendaftaran Top-Posts Maret-April 2007 telah dibuka.
    Silakan daftarkan postingan Anda di http://muhshodiq.wordpress.com/2007/05/02/pendaftaran-top-posts-maret-april-2007/

  29. 29 joesatch 7 May 2007 at 11:20

    ganyang…ganyang…!!!😛

  30. 30 Fourtynine 8 May 2007 at 11:44

    @bymo_vergil
    Menurutku agama adalah Candu!

    @Shodiq Mustika
    Ga ikutan dech

    @Joesatch
    Ganya sopo joe???

  31. 31 antosalafy 29 May 2007 at 12:19

    ….mengkultuskan imam, ulama, mahzab, golongan atau aliran, atau apapun itu namanya……

    Bantahan:
    http://antosalafy.wordpress.com/2007/05/28/larangan-untuk-taklid-dan-fanatik-golongan/

  32. 32 Fourtynine 30 May 2007 at 11:13

    Ah masa sich?, ntar saya komen ke sana malah komennya ga muncul. Ha ha ha ha

  33. 33 antosalafy 30 May 2007 at 12:44

    Wuakakakakakkk….sebetulnya koment itu pake bahasa yang mudah diterima aja, insya Allah dimuat. Salah sendiri situ pake bahasa slankers…gak paham saya.

  34. 34 Abu Farid Al Ahlul Jannah 30 May 2007 at 12:47

    Ana ga pernah pakai bahasa yang aneh aneh, ana cumha fakai bahasa dari Tuhan. masa Antum ga ngerti????????????????


Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Twitter

  • Laporan kepada @pln_123 , hari ini sdh terjadi pemutusan aliran listrik untuk kesekian kalinya di Banjarbaru dengan durasi yg cukup panjang 3 days ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: