Nomor Dalam Sepakbola

Bingung mau menulis apa. Terpaksa bongkar bongkar berkas berkas di harddisk. Kemudian menemukan tulisannya Sora tentang Nomor 9 di Arsenal. Di baca ulang berikut dengan rentetan komentarnya. Maka, kali ini saya mencoba memancing jiwa sok reporter olahraga saya.

Nomor 9

Identik dengan nama nama penyerang. Ada Gabriel Omar Batistuta sang dewa Fiorentina. Berikut pula Ronaldo, tercatat dalam ingatan, hanya saat berada di kota Milan sajalah dirinya tidak memakai nomor 9. yaitu di kala kedatangannya pertama kali di Internazionale Milan. Kemudian saat dia balik lagi ke kota Milan untuk bermain dengan kostum AC Milan.

Filippo Inzaghi. Striker yang secara statistik goal sudah menjadi deretan penyerang terbaik di Eropa. Jumlah goalnya kalau tidak salah sampai saat ini sudah menyamai rekor goalnya legenda Jerman Gerd Muller.

Mantan duet mautnya Chile Ivan Zamorano-Marcelo Salas. Hanya saja karena kalah tua, saat Piala Dunia 1998 Salas harus mengalah memakai nomor punggung 11. Sementara di klub masing masing mereka adalah pemakai nomor terakhir dalam bilangan satu digit tersebut.

Keunikan terjadi di klub Chelsea, dimana nomor punggung tersebut sempat dipakai oleh pemain bertahan Khalid Bouhlaruz. Mungkin gara gara dia adalah pemain yang terlambat datang, sementara nomor tersebut sebelumnya dipakai oleh Hernan Crespo yang pindah. Catatan: saya tidak terlalu yakin dengan yang ini, jadi kalau salah mohon maafkan saya.

Nomor 10

Konon katanya, para legenda dan pemain terbaik di posisinya dan di tempat belaannya adalah pemakai nomor ini. Sebut saja nama Edson Arantes Do Nascimento. Diego Armado Maradona, hingga yang terakhir adalah Zineddine Yazid Zidane.

Begitu pula dengan pemain pemain terbaik di klub. Seperti misalnya Alessandro Del Piero di Juventus. Francesco Totti si pangeran diving dari ibu kota Italia. Roberto Baggio dan Giuseppe Signori pada setiap klub yang dibelanya. Hingga Adriano ketika dirinya masih bermain bagus di Internazionale Milan.

Masih dalam postingannya Sora, ada komentar yang mengatakan bahwasanya tidak semua klub mengkultuskan nomor 10. Sangat bisa jadi. Liat saja contoh contoh diatas. Nampaknya hanya terbatas pada klub klub Italia.

Salah satu contoh klub Inggris yang memberikan nomor 10 kepada pemain andalannya mungkin adalah Liverpool kepada Michael Owen, atau Manchester United saat ini, dimana mereka mempercayakan nomor pertama dalam bilangan dua Digit kepada pemain yang konon hebat yaitu Wayne Rooney.

Membahas kemungkinan di sektor klub mungkin terlalu lebar dan luas. Maka untuk lebih mempersingkat dan mempermudah, sebaiknya menggunakan negara negara juara dunia saja.

Negara dan Nomor 10

Brazil. Sejak dulu, negara yang menjuarai Piala Dunia paling banyak ini selalu mempercayakan nomor tersebut kepada pemain pemain terbaik mereka di zamannya. Edson Arantes Do Nascimento, Romario, Rivaldo Vitor Barbosa, hingga yang terakhir yaitu Ronaldinho.

Argentina. Yang ini juga nampaknya selalu mempercayakan nomor 10 kepada pemain hebat. Diego Maradona dan Ariel Ortega contohnya. Sayangnya, Maradona adalah juara dunia terakhir Argentina saat mengenakan kostum nomor 10.

Prancis. Sejak Michael Platini hingga Zidane, dewa negara mereka selalu mengenakan kostum dengan nomor punggung ini.

Italia. Sayangnya, karena kebanyakan pemain hebat dengan nomor punggung 10, setiap turnamen, satu nomor tersebut selalu menjadi rebutan. Seperti misalnya Alex Del Piero dan Roby Baggio (PD 1998). Lalu Del Piero versus Fancesco Totti (Euro 2000). Untuk PD 2006 yang lalu, seingat saya tidak ada polemik. Soalnya Alex memang tidak sedang dalam performa terbaiknya, sementara Totti sedang bagus bagusnya bersama AS Roma.

Jerman. Lothar Matthaus adalah pemakai setia nomor ini di timnas. Namun sejak Lothar Matthaus pensiun dari timnas. Nomor ini bukan lagi diperuntukkan buat pemain terbaik. Bahkan saat Euro 1996 dan 2004, serta PD 2002 dan 2006, pemain timnas Jerman berkostum 10 bukanlah pemain inti. Lagipula, pencetak gol terbanyak buat Jerman di Piala Dunia pun bukanlah pemakai nomor 10 melainkan 13.

Inggris. Berhubung Inggris adalah juara dunia palsu. Maka saya tidak tertarik membahasnya.

Uruguay. Juara dunia yang satu ini juga terlalu jadul. Sehingga data yang terkumpul sangatlah minim

Demikianlah liputan sok reporter olah raga dari saya. Sekian dan terima kasih banyak atas kesediaan anda membacanya.

25 Responses to “Nomor Dalam Sepakbola”


  1. 1 Mrs.Neo Fortynine 21 December 2007 at 22:28

    eh, nomor 10 juga NRP-ku waktu masih kuliah d jurusan lama lho…πŸ˜€

  2. 2 Mrs.Neo Fortynine 21 December 2007 at 22:30

    Ternyata nggak hanya bangsa kita aja yang percaya tahayul ya Sayang?πŸ˜€

  3. 3 Neo Fortynine 21 December 2007 at 22:40

    Iya. Tapi kayanya tahayulnya adalah 13 di Inggris dan 17 di Italia. itu semua dipercaya sebagai angka sial. dan hanya dipakai oleh orang orang macam Fabio Cannavaro dan Karl Heinz Riedle

  4. 4 Mrs.Neo Fortynine 21 December 2007 at 22:57

    Maksutnya, dipakai oleh orang orang yang kebal mitos, gitu?

    aku tau maksud selanjutnya mengenai saudara kembarmu itu kok Mas…

    gausah dibilang deh…entar bikin yang lain sakit perut…πŸ˜†

    i love u!πŸ˜‰

  5. 5 Neo Fortynine 21 December 2007 at 23:04

    Bukan. Maksudnya yang dipercaya sebagai nomor sial adalah angka keberuntungan bagi sebagian pemain

  6. 6 Mrs.Neo Fortynine 21 December 2007 at 23:08

    yayaya… percaya aja deh.
    dasar nyebelin!πŸ˜€

  7. 7 Fortynine 21 December 2007 at 23:14

    Nyebelin kenapa Sayang?

  8. 8 Mrs.Neo Fortynine 21 December 2007 at 23:17

    ya nyebelin aja.
    kamu kan emang nyebelin…
    πŸ˜‰

  9. 9 almascatie 22 December 2007 at 00:23

    no 9 sama no 10 selalu jadi legenda yah…
    btw untuk kiper nomer legenda ada ga sih?πŸ˜†

  10. 10 Hoek Soegirang 22 December 2007 at 00:43

    nah, kalo begidu, kosongempatsembilan itu nomer afa???

  11. 11 cK 22 December 2007 at 01:25

    saya sih cinta ama nomer 8 dari liverpool!!!😳

  12. 12 alief 22 December 2007 at 01:27

    bikin Kaleidoskop-Blogβ„’ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/πŸ™‚

  13. 13 rezco 22 December 2007 at 10:53

    Paraguay belum pernah jadi juara dunia. Maksudnya Uruguay kali
    :mrgreen:

  14. 14 Neo Fortynine 22 December 2007 at 16:18

    @almascatie: Kiper? kayanya tetap angka 1 yang tertulis di punggung

    @Hoek Soegirang: Itu nomor anggota saya di organisasi pecinta alam

    @cK: Sayang cinta mu tak berbalas wahai perawan tua…*ditimpuk*

    @rezco: Betul. Terima kasih banyak, sudah saya edit

  15. 15 n0vri 22 December 2007 at 18:34

    kok Belanda gak ikut dibahas sih, Bro…
    btw, seingatku, Robby Baggio waktu di Milan pake nomor 18 karena nomor 10 udah dipake yang lain, either Dejan Savicevic ato Zvonimir Boban; Betul gak?

  16. 16 extremusmilitis 22 December 2007 at 18:54

    Iya curiga, nomor 49 itu apa yaks?πŸ™„

  17. 17 Amed 22 December 2007 at 19:21

    Nomor 6 gak dibahas???

  18. 18 laila69 22 December 2007 at 20:23

    Saya nomor 9 bila diurut dari yang keluar dari rahim ibu sayaπŸ˜‰

  19. 19 aris khomeini 22 December 2007 at 23:09

    nomor 13 “lucky number”

  20. 20 lucky 22 December 2007 at 23:20

    dulu punya ide mo nulis tentang nomer di bola…tapi ga jadi, jadi numpang disini ya…;p

    biasanya no 1 kiper utama (belakangan ada kiper utama tapi ogah pake nomer 1), no 2 bek kanan, no 3 bek kiri, 4 dan 5 biasanya centerback. kadang2 centerback yang jago, berpengaruh dan bisa jadi libero pake no 6 (hierro? baresi? CMIIW). no ini juga kadang dipake untuk gelandang bertahan. No 7 biasanya sayap kanan, no 8 gelandang, tapi bukan untuk tipe gelandang kreatif, melainkan gelandang pekerja. no 9 striker, dan agak aneh kalo bukan striker (meskipun ada). No 10 biasanya untuk pemaen terhebat, tapi kalo di jerman ya, dulu2 sih, biasanya untuk pemaen tengah yang jadi der spielmacher (effenberg, moeller, mattheus juga sebelum jadi libero pernah? CMIIW) dalam skema 3-5-2. No 11 buat sayap kiri.

    beberapa nomer yg remarkable: 14, nomernya johan cruyff. Di timnas belanda juga no 14 buat pemaen yg kreatif (robben, misalnya). 21, dipake Vieri waktu jaya. 23, beckham. Zidane pake 5 waktu di Madrid. No zamorano di inter dulu 1+8 (tanda + nya ada di jersey-nya), waktu ronaldo dtg dan merebut no 9, sementara zamorano ga rela…hehehe.

    emang unik ya bola, ampe nomer2nya pun..

    salam kenal, nice writing…

  21. 21 Melly 23 December 2007 at 17:18

    keren lah, lumayan juga jadi tau ada apa di balik nomer2 pemain sepak bola. Salam kenal aja buat I’m just slankersnya.

  22. 22 zal 23 December 2007 at 19:03

    ::farid kamu emang nyebelin… ???
    *ngebelain siwi*πŸ˜†

  23. 23 sora9n 23 December 2007 at 19:16

    BTW, 4 itu katanya angka sial juga lho (kalau di Jepang). Angka 13 sih jelas.πŸ˜•

    Tapi di Arsenal kayaknya nggak berlaku. Cesc Fabregas (#4) sama Alex Hleb (#13) dua2nya jago tuh. ^^;;

  24. 24 dnial 25 December 2007 at 00:41

    Yah…
    Aku seh biasanya kebagian nomor satu…πŸ˜€
    Soalnya Posisinya biasanya kiperπŸ˜€

  25. 25 Neo Fortynine 25 December 2007 at 12:29

    @n0vri: Boban yang makai 10 kalau ga salah. Mungkin 18 dipilih Baggio karena mirip dengan nomor 10

    @extremusmilitis: Liat komen yang ini.

    @Amed: Lupa. itu nomor yang dipensiunkan dari Milan kan?

    @laila69: Wow! Banyak benar saudaranya?

    @lucky: Salam kenal juga. Terima kasih banyak atas tambahan yang anda berikan

    @Melly: Salam kenal juga. dan terima kasih banayak saya ucapkan

    @zal:πŸ˜›

    @sora9n: Yap. seperti komen saya yang ini

    @dnial: Mau mencoba nomor lain buat kiper?


Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: