Bahan Acuan

Hiperbola

Suatu pernyataan yang dilebih lebihkan untuk memberikan kesan tertentu. Contoh: Air mata membanjiri wajahnya

Ironi

Cara pengungkapan maksud dengan pengungkapan kebalikan dari apa yang sebenarnya terjadi. Ironi bertujuan untuk menyindir lawan. Contoh: Lho? Kamu ini, baru pukul 12 siang baru saja bangun!

Satir

Silakan baca sendiri di sini

Bahan acuan lain bisa diliat di sini. Atau silakan menghabiskan waktu menjelajahi Wikipedia dan sejenisnya. Semoga tulisan ini bisa sedikit memberikan penjelasan terhadap tulisan saya sebelumnya tentang doraemon.

14 Responses to “Bahan Acuan”


  1. 1 agorsiloku 25 December 2007 at 15:00

    Lho… kalau narsis belum ada… artinya apa tuh? Itu juga kan penting jadi acuan..
    Pertaminaax😀

  2. 2 chiw Lagi di Lab 25 December 2007 at 16:34

    mungkin yang satir perlu dijelaskan lagi Sayang…
    tapi njelasinnya jangan pake satir juga ya?😀

    nggak mau bikin yang lebih panjang lagi?
    tumben banget postingannya singkat kayak gini…
    😀

    luv u…

  3. 3 Neo Fortynine 25 December 2007 at 17:45

    @agorsiloku: he he he. Saya bukan ahli narsis soalnya Mas

    @chiw Lagi di Lab: 1. Lagi malas. 2. Kurang bahan acuan

  4. 4 Xaliber von Reginhild 25 December 2007 at 18:05

    Masih banyak yang ‘ketipu’ dengan gaya bahasa itu ya, mas?🙂

  5. 5 rozenesia 25 December 2007 at 23:22

    Kesal ya mas?:mrgreen:

  6. 6 cK 26 December 2007 at 01:17

    ga ada soal majas totem pro parte sama totem pro toto ya?
    *inget pelajaran bahasa indonesia*

  7. 7 Amed 26 December 2007 at 11:04

    *Ngakak guling-guling*

  8. 8 alief 26 December 2007 at 13:45

    satir termasuk majas gak ya?🙂

  9. 9 Neo Fortynine 26 December 2007 at 16:55

    @Xaliber von Reginhild: Iya. Makanya perlu diberikan sedikit pencerahan

    @rozenesia: Tidak juga, sedikit berbagi saja

    @cK: Ada. cuma kurang pas kalau diangkat dalam tema ini

    @Amed:😛

    @alief: Iya. kan sudah saya sebutkan dalam artikel diatas

  10. 10 purmana 6 January 2008 at 23:21

    hehehe…

    Artikel tentang gaya bahasa. Sudah lama saya tidak menjumpainya lagi setelah terus berkutat dengan jenis bacaan gaya menghitung😀

    Gaya bahasa yang bisa diangkat kan ada banyak. Apa cuman 3 ya yang cocol eh cocok ?

  11. 11 Neo Fortynine 8 January 2008 at 20:33

    @ purmana: Bukan Mas. Ini cuma sekedar bahan acuan untuk sebuah posting. Bukan seluruhnya mengenai kebahasaan kok


  1. 1 Sekuel: Trik Jitu Sejuta Pengunjung dan Komentar « all hail rozenesia™ Trackback on 6 January 2008 at 03:29
  2. 2 Out of Order « Deathlock Trackback on 22 January 2008 at 01:22
  3. 3 Sekuel: Trik Jitu Sejuta Pengunjung dan Komentar | Gunawan Rudy dot Com Trackback on 15 December 2008 at 12:15

Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: