Catatan Perjalanan I

Kali ini, berangkat ke Kahung guna melaksanakan Latihan Dasar susulan. Alias Latihan Dasar ke 10 versi 2 untuk angkatan Elang Gunung. Setelah versi 1 menghasilkan 3 anggota muda. Kali ini ada enam orang calon peserta yang berangkat.

Kamis. 17 Januari 08

Kegiatan dimulai di Tiwingan. Yaitu untuk acara Prusiking Apseling. Sebagaimana biasanya pada Latdas terdahulu, acara Prusiking Apseling memang biasanya dilakukan di sini. Berhubung di daerah hutan kahung tidak ditemukan tebing yang proporsional untuk kegiatan Apseling, maka Apseling juga dilakukan di sini.

Setelah itu, sekitar pukul 16:30 WITA, kami berangkat menyeberang ke Desa Belangian menggunakan klotok. Perjalanan memakan waktu sekitar satu setengah jam. Desa Belangian adalah desa pertama sekaligus satu satunya yang bisa ditemui jikalau kita ingin bepergian ke hutan Kahung.

Di sana, ada beberapa panitia lain yang sudah berangkat lebih dahulu. Termasuk Klatau sang kordinator lapangan alias korlap. Setelah segala sesuatunya dipersiapkan, acara penyambutan pun dimulai.

Kali ini, lagi lagi ada satu peserta yang hatinya Luluh Lantak sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri. Dari awal sebenarnya saya sudah meyakini bahwasanya dirinya memang tidak siap dan tidak sanggup. Bukan fisiknya, melainkan hatinya. Benteng pertahanan terakhirnya memang sudah tidak ada.

Saya mencoba menerapkan filsafatnya Terminator “Anger is better than despair”. Sayangnya, peserta satu ini sudah putus asa luar biasa. Disinggung keimanannya dan eksistensinya sebagai manusia saja dia pasrah saja, apalagi cuma harga diri dan rasa gengsinya. Dan akhirnya memang dirinya bukan untuk kami.

Acara dilanjutkan dengan sisa 5 peserta: (sesuai nomor irutan) Tiung, Tekukur, Betet, Pipit J, dan Jalak Srimbi. 3 wanita dan 2 pria. Pesrta urutan terakhir adalah manusia hutan gunug duluan sehingga benar benar kelebihan tenaga. Setelah pelantikan peserta, acara yang biasanya melelahkan sekaligus menegangkan tapi juga menyenangkan dilaksanakan. Jurit malam 1. melelahkannya adalah mendatangi pos dengan berjalan kaki. Saya rasa yang ini semua panitia setuju.

Menegangkannya bagi yang percaya hantu, pasti merasa ketakutan selama menunggu peserta, buat saya hal yang satu ini tereleminasi karena selama ini saya belum pernah merasa tegang karena hantu. Eksistensi manusia sebagai makhluk dengan derajat tertinggi dan termulia mengeleminasi rasa takut ini. Meski tidak semua panitia merasakan hal ini.

Menyenangkannya adalah, dalam kegiatan ini. Akan terlihat kapasitas otak masing masing panitia dan peserta. Karena disinilah kemampuan penguasaan materi dilihat. Dengan catatan, masing masing panitia berada pada pos sesuai dengan materi masing masing. Dan kali ini, saya akui saya memang kalah. Sepanjang sejarah menjadi panitia Latdas, inilah untuk pertama kalinya saya berada pada pos SAR dan PPGD. Selain ORAD,RC dan Tali Temali, Caving dan Speleologi, serta Peta Kompas. Inilah materi yang paling sedikit saya ketahui.

Beda dengan Mountaineering, Packing, Navigasi Darat, Bivack dan Survival yang selama ini sering menjadi materi yang saya pelajari. Bukan merasa paling tahu, bukan merasa paling hebat, apalagi merasa paling pintar. Namun kalau diluar materi tadi. Alias diluar materi Hutan. Saya memang kurang menguasai, dan saya tidak malu untuk mengakui itu. Karena itulah saya memutuskan untuk lebih banyak jalan jalan ke pos lain. Sambil melihat kondisi peserta.

Seusai jurit malam, acara selanjutnya adalah tidur. Saya dan Ketum memutuskan untuk tidur berpisah, karena base camp sudah penuh dan harinya hujan lebat.

11 Responses to “Catatan Perjalanan I”


  1. 1 Goenawan Lee 22 January 2008 at 20:53

    Mbuh, nama-nama daerahnya aku ga kenal. Pertama kali denger.

    Pakai klotok? Wah, lumayan terpencil tuh kayaknya.

  2. 2 Chiw sudah tidak menjanda lagi 22 January 2008 at 21:01

    yayaya… yang penting saya sudah lega…

    “Hal itu” tidak terjadi…😀

  3. 3 cK 22 January 2008 at 22:29

    cuma sehari perginya?? apa ntar masih ada lanjutannya??😕

  4. 4 anna 23 January 2008 at 08:55

    Cape ngga sih??? Capek banget kayaknya.. Dulu juga suka ikutan acara semacam itu.. tapi sekarang dah pensiun😦

  5. 5 itikkecil 23 January 2008 at 10:10

    sudah pulangkah?

  6. 6 Dekisugi 23 January 2008 at 12:15

    kok ndak ada fotonya? jadi kurang terbayang ini…

  7. 7 Neo Fortynine 23 January 2008 at 12:48

    @Goenawan Lee: Iya terpencil. 2 jam perjalanan air

    @Chiw sudah tidak menjanda lagi: Apa yang tidak terjadi?

    @cK: Iya, ada lanjutannya

    @anna: Luar biasa letih. Pensiun? wah rugi, acara gitu kan rame

    @itikkecil: Iya Bu. Sudah kembali ke peradaban

    @Dekisugi: Saya tidak bawa kamera digital. Adanya hasil jepretan foto jaman batu, kan harus di scan dulu

  8. 8 Chiw sudah tidak menjanda lagi 23 January 2008 at 15:12

    yang tidak terjadi?

    ya, hal itu.
    yang pesananku supaya diabadikan pake kamera itu lho…

  9. 9 suandana 23 January 2008 at 16:51

    Jadi pengen…😥

  10. 10 ardianzzz 18 March 2008 at 16:09

    yoi! salam kenal & salam rimba, tebing, gua & Jeram…


  1. 1 Iman dan Logika « Generasi Biru Trackback on 3 March 2008 at 21:19

Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Twitter

  • Laporan kepada @pln_123 , hari ini sdh terjadi pemutusan aliran listrik untuk kesekian kalinya di Banjarbaru dengan durasi yg cukup panjang 3 days ago

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: