Apakah anda senang memotret? Atau punya ponsel berkamera dengan resolusi tinggi dan merasa hal itu adalah mubazir untuk dilewatkan? Ditambah lagi anda adalah seorang blogger yang kebetulan suka memotret terutama juga melakukan pemotretan ala paparazzi untuk membunuh karakter. Maka flickr adalah salah satu jawaban sebagai lumbung hasil foto anda. Layanan ini gratis kok. Tak perlu bayar domain atau bayar hosting untuk mendaftarkan akun anda.

Anda cukup memiliki alamat imel di yahoo. Ah, masa sih ga tau caranya dan ga punya akun di yahoo?? Pasti sudah punya. maka anda tinggal sign in ke yahoo. Lantas anda dengan ajaibnya juga sudah tergabung dalam flickr.

Langkah selanjutnya adalah mengatur flickr anda. Saya yakin dengan modal sedikit pengetahuan English pun, anda sudah tak perlu repot untuk melakukan setting pada akun flickr anda.

Kalau yang ingin bernarsis ria bisa mengedit profilnya untuk dibubuhi gambar anda yang paling menjijikkan keren supaya ketika anda mengomentari gambar pajangan orang anda bisa dengan mudahnya dikenali.

Anda juga tinggal mengatur berapa banyak gambar yang akan ditampilkan dalam satu halaman. Bisa juga memberikan tags dan grouping pada gambar gambar yang anda upload di flickr. Namun yang paling membuat layanan ini ciamik adalah kerjasama canggihnya dengan wordpress.com alias blog gratisan di wordpress.

Untuk melakukan upload di flickr. Anda tinggal klik link upload di bagian YOU yang berada di barisan bawah flickr anda. Lantas ikuti instruksi selanjutnya. Jangan lupa untuk tidak mengesetnya menjadi foto pribadi kalau masih ingin memamerkannya pada orang lain.

Ada dua cara mencantumkan hasil upload foto anda di flickr untuk ditampilkan di wordpress.com anda. Yang pertama adalah dengan cara membuka dashboard wordpress, tampilan, widget, lalu melakukan drag menu flickr untuk mencantol di sidebar. Jangan lupa isi alamat rss flickr anda, atur juga berapa banyak foto yang akan di pajang. Hasilnya anda bisa lihat pajangan foto anda memenuhi sidebar sekaligus mengesalkan para fakir benwit ketika mengunjungi blog anda.

Yang kedua; buka dashboard wordpress, tampilan, widget, lalu drag menu rss, lantas isikan alamat rss flickr anda. Jangan lupa juga mengatur berapa banyak daftar judul foto yang akan anda tampilkan di seidebar. Hal ini terkesan lebih manusiawi ketimbang cara pertama karena yang akan muncul hanyalah judul judul dari koleksi foto foto mesum dan narsis anda sehingga para fakir benwit tidak perlu membuang banyak waktu berharga mereka hanya untuk meloading blog anda.

Oh iya. alamat rss flickr anda bisa anda temukan di bagian bawah flickr. keterlaluan deh kalau sampai anda ga kenal apa itu rss dan ga nemu alamat rss flickr anda sendiri. Ini contoh alamat rss flickr saya. Yasudah, saya anggap saja anda keterlaluan karena tidak punya pengetahuan soal rss flickr. RSS flickr anda warnanya orange, lantas anda sorot tulisan latest, copy link location-nya. Maka itulah alamat rss untuk flickr anda. Selamat mencoba.