Belum Ada Judul

Beberapa hari ini saya dipusingkan oleh harddisk saya yang mulai bertingkah aneh. Entah kenapa, kali ini saya menemukan sebuah virus sakti yang benar benar telah membuat saya makin sadar akan keterbatasan saya dalam bidang komputer dan antek anteknya.

Urutan kejadiannya dimulai saat beberapa hari setelah Lebaran, dimana komputer saya selalu bertingkah aneh saat masuk pertama kali. Setiap pertama kali masuk Windows, muncul tulisan “You do not have privilege to run this program”. Atau tulisan “Not enough authority to run this program”.

Tulisan tulisan lain yang senada juga muncul. Diiringi tanda aplikasi error yang muncul di taskbar. Intinya, status pengguna yang masuk adalah guest. Dengan kata lain, ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dilakukan karena hanya bertindak sebagai tamu. Bukan pengurus utama komputer (Administrator).

Kegiatan menginstall beberapa program baru tidak jalan. Program lain yang berekstensi exe (*.exe) yang sudah terinstall juga harus diklik atau ditekan enter berkali kali agar bisa jalan. Termasuk saat saya harus mengklik shortcut untuk memulai program Adobe Audition yang selama ini menjadi editor lagu yang handal.

Saya belum curiga, namun saat tindakan saya semakin terbatas, maka sayapun berangkat ke warnet guna mendownload update untuk antivirus AVG 7.5 yang terinstall di pembagian C (Partition C) harddisk saya. Saya mulai curiga ini adalah hasil perbuatan virus.

Balik dari warnet dengan hasil yang diharapkan, yaitu berhasil dapat anti virus. Setelah mendapatkan update, saya mulai mencolokkan flashdisk yang di dalamnya berisi latest update untuk antivirus AVG.

Sayangnya, untuk membuka antivirus bernama AVG itu saja, saya tidak bisa. Setelah berkali kali klik, yang ada hanya….. tidak ada program apapun yang terbuka. Tekan Ctrl+Alt+Delete guna melihat apakah AVG tadi memang benar benar tidak jalan. Ternyata memang benar benar tidak jalan.

Tenang, masih ada NOD32 trial version yang juga baru saja saya download. Klik installation filenya. Hasilnya? Installation filenya hilang tanpa bekas setelah diklik. Jelas virus.

Namun masih ada cara lainnya. Install Ubuntu! Untuk kemudian bersihkan virusnya melalui Ubuntu. Ubuntu terinstall dengan sukses. Saya lanjutkan dengan membuka file file saya di harddisk. Lalu menghapus semua program mencurigakan. Lantas masuk lagi ke Windows XP professional. Hasilnya? Masih terjadi pembatasan kegiatan. Alias masih muncul nada nada tulisan seperti yang saya sebutkan diatas.

Install ulang Windows-nya. Hanya itu cara terakhir yang saya tahu. Namun saya juga masih mempertimbangkan untuk menggunakan ANSAV, antivirus yang katanya tidak perlu diinstall. Atau PC Media, antivirus buatan Indonesia yang konon maha sakti dan sanggup membersihkan semua virus itu.

Akhirnya yang saya lakukan adalah kedua duanya. Windowsnya di install ulang, dan juga saya sekali lagi ke warnet guna bersusah susah untuk mendownload antivirus bernama ANSAV, PC Media dan berbagai cleaner gratis lainnya.

Sebelumnya program bernama Super Utilities yang terinstall di harddisk saya mendeteksi bahwasanya ada gangguan dari makhluk elektronik bernama Netsky. Dengan demikian saya juga mendownload beberapa Netsky cleaner gratisan. Antara lain yang disediakan oleh AVG, dan NOD32.

Oh iya, si program sakti Super Utilities yang sanggup menarik lagi data data yang terhapus dari harddisk itu juga sebenarnya berhasil menangkap si Netsky untuk kemudian menghajarnya. Termasuk membersihkan registry entrynya.

Saktinya, sang virus masih kembali saat komputer saya matikan. Lalu dihidupkan lagi. Maka tindakan selanjutnya yang diambil adalah menon-aktifkan alias mematikan sytem restore dari komputer. Sekali lagi sang Super Utilities menangkap Netsky sekalian menghajarnya beserta membersihkan registry entrynya.

Juga, tidak satupun dari Ansav maupun PC Media yang sanggup membersihkan sang Netsky. Saya juga sudah coba cara manual dari petunjuk yang saya dapatkan dari hasil berselancar di warnet. Hasilnya tetap saja sang virus balik lagi.

Tiga kali sudah install ulang dilakukan, bahkan pembersihan manual melalui Ubuntu Linux juga dilaksanakan. Tetap saja sang program bernama virus balik lagi. Benar benar sakti itu virus.

Akhirnya saya putuskan untuk menghapus saja Windows XP professionalnya. Saya gantikan total dengan Ubuntu Linux. Sialnya lagi, saya mengalami beberapa masalah saat menggunakan Ubuntu.

Pertama. Otak saya memang belum mahir dengan segala macam tetek bengek program yang biasanya digunakan di Windows, namun bagaimanapun juga selaku orang awam saya masih harus menyesuaikan diri dengan beberapa perubahan termasuk perubahan penggunaan shortcut dari keyboard.

Kedua. OpenOffice ternyata tidak senyaman Microsoft Word. Kalau yang ini alasan saya yang malas belajar saja mungkin.

Ketiga. Ubuntu tidak menyediakan alat pemutar berkas yang bentuknya mp3.Hasilnya, bergiga giga MP3 yang mengendap diharddisk pembagian E (Partition E) hanyalah menjadi berkas berkas yang fungsinya hanya bisa dipandangi. Bisa sebenarnya diputar, asalkan saya mengunduh alat pemutarnya, dan itu artinya saya harus menyambungkan Ubuntu dengan internet. Dimana hal ini adalah masalah buat saya.

Keempat. Secara umum, Ubuntu Linux maupun saudara saudara seimannya mungkin memang tidak bersahabat, atau tidak menarik minat orang orang yang fakir koneksi macam saya. Setiap masalah ada jawabannya, namun diperlukan sambungan internet untuk itu. Alias bertanya kepada forum di dunia maya.

Baiklah, kembali lagi soal virus sakti. Cara terakhir untuk membasmi sang virus adalah dengan memformat ulang harddisk saya secara total. Hal ini dikarenakan kesaktian PC Media dan rekan rekannya yang ternyata dikalahkan oleh sang virus.

Sebelum memformat harddisk secara total, saya harus mengamankan data data yang tersimpan di harddisk dulu. Dengan cara membakar berkas berkas yang tersimpan di harddisk kedalam kepingan dvd. Caranya tentu saja melalui Ubuntu. Sayang rencana itu gagal.

Akhirnya komputer dikirim ke toko komputer milik teman saya, dengan berat hati saya merelakan komputer saya digauli orang lain. Dengan sangat saya meminta agar sebelum diformat ulang seluruh harddisknya, agar kiranya isi harddisknya diamankan dulu ke harddisk harddisk menganggur yang bertebaran di tokonya.

Kenapa saya mengirim komputer ke toko? Bukan di perbaiki sendiri. Karena keterbatas program yang ada di rumah. Juga keterbatasan tempat guna mengamankan data data. Juga karena saya memang gagal menginstall lagi Windows XP professional edition setelah tempatnya di pembagian C sebelumnya saya gantikan dengan Ubuntu.

Rupanya sang Windows merajuk sehingga saat akan diinstall lagi, dia meminta semua tempat yang ada di harddisk (80 giga). Alias memberikan perjanjian. Kalau masih mau menggunakan Windows, maka saya harus merelakan semua isi harddisk harus di format!

Berhasil. Komputer berhasil sembuh, data saya juga aman. Hanya sayang yang mengerjakan itu semua bukan teman saya, melainkan anak buahnya di toko. Karena ternyata kepulangan teman saya diluar jadual, akhirnya yang mengerjakannya adalah anak buahnya.

Sebenarnya saya ingin mengawasi langsung proses pemindahan data, kegiatan format ulang harddisk sampai dengan penginstallan kembali Windows. Sayangnya tidak bisa. Dan sesampainya di rumah, saat saya memeriksa isi harddisk. Ternyata bergiga giga berkas MP3 saya telah ludes tanpa sisa!

Syukurlah, saya ahirnya terbebas daripada barang barang bajakan. Paling tidak saya sudah mengurangi penggunaan barang bajakan. Dimana barang barang yang secara umum bisa dikatakan bernama file MP3 merupakan file file yang dapat dari download, bikin sendiri alias direkam manual, dan hasil beli kepingan cd di toko penjual MP3 bajakan.

Yah, sudahlah. Kalau memang hilang. Namun meskipun kalian semua pergi, masih ada yang harus saya lakukan. Mempertanyakan kemanakah perginya barang barang tadi. Sayapun menelepon toko teman saya. Dirinyabelum datang, yang ada masih saja anak buahnya yang berkata bahwasanya saat pembacaan harddisk pertama kali, MP3 yang jumlahnya bergiga giga tadi memang sudah tidak ada atau tidak terbaca lagi sebagai data yang tersimpan di pembagian E.

Apa? Kalau memang tidak terbaca, kenapa permainan permainan yang letak simpanannya sama dengan berkas berkas tadi masih ada dan berhasil dikembalikan ke harddisk?

Entahlah, mungkin itu menjadi rahasia Sang MahaKuasa. Bisa juga diembat oleh mereka. Atau, ah sudahlah. Tidak bagus kalau saya harus berfikiran yang positif. Tidak semestinya saya tidak curiga atau menaruh prasngka yang baik dengan mereka.

Apakah permasalahan sudah selesai? Belum. Program program mentah masih harus dinstall ulang. Dan hasilnya setelah beberapa program terinstall dan komputer di ulang, maka tulisan indah dan memikat hati tadi kembali lagi. Plus, semua file folder dan folder selalu terbuka di jendela baru. Dan tidak bisa dikembalikan melalui folder option.

Saya coba menyalakan semua bentuk ekstensi, biar ketahuan bentuk file yang mencurigakan. Nyalakan juga berkas berkas dewasa macam dekstop dot ini yang tidak seharusnya dilihat dan dibuka oleh anak kecil.

Diketmukanlah file berekstensi dot inf (.inf) yang nampaknya mencurigakan. Diketemukan pada setiap pembagian harddisk. Tidak bisa dihapus, dimatikan read only tapi balik lagi. Dibuka pakai notepad dan dirubah isinya malah menggandakan diri. Diganti ekstensinya juga membuatnya beranak pinak. Benar benar luar biasa.

Nampaknya semua dot exe yang berada disemua harddisk sudah diracuni olehnya. Menjalankan antivirus malah hilang antivirusnya. Hingga akhirnya sampailah saya kepada keputusan akhir.

Format ulang semua harddisk. Tak lupa saya membakar data data menjadi kepingan dvd. Sukses sih. Namun ternayata semua dvd backup data sudah terinfeksi sang virus tadi. Sehingga saat saya kembalikan maka sang virus aktif lagi.

Dahsyatnya, file berbentuk jpg juga ada yang diracuninya. Maka dengan hati riang gembira tulus ikhlas saya lakukan format total. Saya juga ucapkan selamat tinggal kepada semua data yang memang sudah banyak terinfeksi virus sakti tadi. Termasuk foto foto barang antik, foto foto saya, teman teman, termasuk foto foto pemandangan alam hasil petualangan alam liar selama ini.

Tak ketinggalan pula foto para wanita, video video klip. Film AADC yang dibintangi si cantik Dian Sastro, film film konyol, lagu lagu Casiopea baik yang MP3 maupun yang berbentuk AVI. Halaman halaman blog yang selama ini saya kumpulkan. Berbagai jenis dan bentuk program mentah. Berkas berkas pdf yang diantaranya berisi berbagai pelajaran komputer, teknologi komputer, informasi jaringan, dan kisah pendek, serta buku buku macam Alice In Wonderland, Around The World in 80 Days-nya Jules Verne, sampai “Mein Kampf”nya Adolf Hitler.

Begitu pula dengan contoh contoh surat lamaran, puisi puisi basi karangan saya sejak lama. SKRIPSI!!. Berkas milik kedua orang tua. Game game dari yang berat dan besar sampai yang kecil dan ringan. Berbagai aplikasi untuk Nokia. Termasuk ribuan sms yang selama ini saya kumpulkan di harddisk.

Selamat tinggal. Kurelakan kepergian kalian. Semoga kalian berbahagia. Untungnya saya berhasil menemukan dvd berisi beberapa data yang dulu pernah saya buat. Tidak semuanya, namun lumayan, lumayan sedikit dan membuat saya bahagia. He he he.

Eh, kemana bokep bokep berbentuk 3gp, AVI, DAT (format VCD), dan bokep bokep lainnya yang berupa gambar gambar manusia bersetubuh, berdoggy style ria, bergang bang, blow job, sampai foto foto telanjang artis artis Holywood hasil curian paparazzi seperti gambar Britney Spears, Angelina Jolie, Paris Hilton, hingga Asia Carera, atau Maria Azawa? Atau pose pose setengah bugil dan bugil sepenuhnya dari artis artis kampungan lokal dam international? Kemana pula gambar gambar dan video lokal macam videonya Maria Eva, gambar telanjang berbagai artis yang nampakmnya hasil modifikasi itu?

Yang itu semua sudah sejak lama saya musnahkan. Bukan karena saya sok alim atau anti bokep. Tapi karena saya memang sudah bosan dan sejak dahulu, gambar gambar atau video telanjang dan orang berhubungan sex itu membuat sesak harddisk. Makanya saya Ctrl+Shift+Delete gambar gambar dan video video surga dunia itu.

Pertanyaanya

  1. Kalau saya menemui lagi kejadian macam virus sakti tadi, apa yang harus saya lakukan?
  2. Adakah yang bisa membantu saya mereinkarnasi bergiga giga data saya yang sudah terformat bersama harddisk?
  3. Apa antivirus paling handal jika saya temui lagi kejadian yang sama. At least yang bisa memusnahkan tanpa saya harus berkata goodbye pada data data di harddisk saya?
  4. Bagaimana menjaga keamanan komputer saya dari gangguan makhluk makhluk manis dan menyenangkan bernama virus tadi?
  5. Bagaimana cara manual untuk mengenali virus, lalu bagaimana cara menghajar mereka?

Sekian. Semoga anda anda yang memiliki jawaban atau berbagi pengalaman, maupun berbagi saran dan kesan. Percayalah, anda sudah melakukan hal yang benar dan bermanfaat kok. Terima kasih. Oh iya, buat rekan rekan yang sudah banyak membantu, saya ucapkan terima kasih banyak atas semua bantuan kalian.

Orang orang yang saya mintakan dan harapkan bantuannya untuk berbagi:

Orang orang diatas, menurut saya mampu menjawab pertanyaan dan berbagi dengan saya. Yang tidak terkena kiriman, mohon maaf. Bukan saya menganggap anda tidak mampu, namun saya tidak tahu link anda.

31 Responses to “Belum Ada Judul”


  1. 1 anas fauzi rakhman 25 October 2007 at 16:51

    Hmm teman saya pernah kena itu, mau ngebantu tapi takutnya disalah gunakan. Tobat dulu mas.
    He he he

  2. 2 fertobhades 25 October 2007 at 18:58

    uh, saya nggak terlalu ngerti kalau soal virus. waktu terakhir kena virus Mr. Coolface saya juga bingung….🙂

    tapi sejak kasus itu, saya jadi sedikit paranoid kalau soal keamanan komputer. segala macam e-mail, flash disk, cd, dlsb selalu saya cek berkali-kali dengan anti virus yg berbeda sampai saya merasa hakul yakin kalau isinya tidak bervirus.

    anti virus yg saya pakai itu cuma Norman, PCMAV dan AnSAV. Tapi yang saya tahu Netsky bisa dibersihin secara manual, kalau nggak salah ada di Vaksin.com

    untuk balikin data harddisk yg kena format ? kalau cuma di Shift+Del masih bisa dikembalikan pake Undelete Plus. Nggak tau kalau sdh di format…

    kalau nemuin kasus yg dicurigai virus, jangan menjalankan program apa-apa dulu [katanya]. scan dgn anti virus yg portabel [jangan yg residen], trus cek virusnya apa. dan kemudian hubungi warnet terdekat untuk cari obat penawarnya, manual jg nggak apa-apa.

    system restore jg kadang berfungsi dgn baik [ON/OFF], tapi ada jg virus yg bisa ngakalin sys restore.

    sorry kalau nggak bisa membantu….

  3. 3 cK 25 October 2007 at 22:23

    ah saya nggak dimintai tolong… *ngambek*

    *padahal emang ga bisa*

  4. 4 chiw 25 October 2007 at 22:46

    Maafkan aku sayang, kalo aku nggak bisa bantu banyak.

    dan entah ada hubungannya atau tidak… sikapmu berubah…

    kamu nggak kayak dulu lagi.
    kamu nggak sehangat dulu lagi.
    kamu nggak perhatian kayak dulu lagi.
    kamu nggak humoris kayak dulu lagi.

    kenapa sayang? sibuk? bosan?

    jujur aja, aku merasa asing dengan dirimu yang saat ini

    maaf kalo jadi curhat.

    thankz

    aku kangen kamu…😥

  5. 5 fertobhades 25 October 2007 at 23:49

    *ehm….liat komen diatas*

    anda butuh konseling perkawinan/pacaran ? silakan hubungi saya…. dijamin…:mrgreen:

    ayo…ayo…. nggak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan…!!!

  6. 6 hoek 26 October 2007 at 09:30

    ah, maafkan saia kawand, saia emang fake kubuntu, sodarana ubuntu, tafi saia cuma ndak ngerti sama sekali, afa ferlu saia tanyakeun sama adminnya soal virus pervirusan?
    skali lagi maafkanlah…ku tak bisaaaaa……

  7. 7 Fadil 26 October 2007 at 13:48

    *lirik koment nomer 5*



    *Berlalu sambil siyul-siyul*

  8. 8 Fortynine 26 October 2007 at 13:58

    @anas fauzi rakhman: Kalau tobat ngebokepnya sich udah Mas.

    @fertobhades: Terima kasih Bang Fertob. Jawaban anda sudah banyak membantu kok.

    @cK: Tuh kan beneran ga bisa bantu. kekekeke

    @chiw: lho? kok malah curhat? virusnya gimana?

    @fertobhades: Saya yakin suatu saat saya akan butuh konseling dengan anda

    @hoek: Tidak apa apa nak. tapi kalau dirimu berminat dan sempat menanyakan dan kemudian berbagi info. Kenapa tidak?

    @Fadil: *Ikutan siyul siyul*

  9. 9 calonorangtenarsedunia 26 October 2007 at 14:40

    @Chiw
    Siwi, farid nakal ya?

    Tabok aja.

    @Farid
    Siwi kesian tuh!!Dasar laki2!!di mana2 sama aja tabiatnya!

    Virus itu pasti gara2 kualat!!

  10. 10 Fortynine 26 October 2007 at 14:55

    @calonorangtenarsedunia: Kualat sama Siapa Hana?

  11. 11 Si Nyonya Farid 26 October 2007 at 15:55

    #Hana
    iya, Farid nakal!

    #Farid
    kualat sama aku. Makanya, jadi suami itu kudu nurut sama istri!

  12. 12 antogirang™ 26 October 2007 at 16:04

    @ swiwi
    kok gitu? istrinya yang mbeling kok suami disalahin…

  13. 13 Mihael "D.B." Ellinsworth 26 October 2007 at 16:28

    Sejujurnya virus itu selalu setia dengan ekstensi .exe, .inf, .bat, dan lainnya.

    Selama ini saya selalu mengandalkan PCMEdia dan AVG. Tetapi rumus sederhana agar tidak terkena virus adalah tidak menggunakan SAMBUNGAN INTERNET DI RUMAH. Selama ini ‘kan saya tidak pernah ON di ruma. Palingan begadang di sembarang tempat. Untungnya, dengan begitu virus yang baru tidak akan masuk ke dalam PC. Paling banter ke dalam fd, dan itupun masih bisa dihajar oleh Antivirus.😀

    Transfer data cukup dengan FD berukuran 2 GB.😀

  14. 14 Fortynine 27 October 2007 at 09:15

    @ Mihael “D.B.” Ellinsworth: Saya juga ga onlen di rumah. Entah virusnya masuk darimana. Dan Sayangnya flasdis saya cuma 256 MB. Flasdisk butut soalnya

  15. 15 Mrs. Neo Forty-Nine 27 October 2007 at 09:22

    itu dari file zip yang diekstrak asal…
    makanya, dibaca donk…itu inbox…

  16. 16 Fortynine 27 October 2007 at 09:33

    @Mrs. Neo Forty-Nine: Kok marah?

  17. 17 Siw 27 October 2007 at 09:47

    sapa yang marah?

  18. 18 danalingga 27 October 2007 at 09:57

    Gue ternyata tidak diharapkan bantuannya.😦

  19. 19 Fortynine 27 October 2007 at 10:04

    @danalingga: Bukan gitu mas. Tapi…..

    Yang tidak terkena kiriman, mohon maaf. Bukan saya menganggap anda tidak mampu, namun saya tidak tahu link anda.

  20. 20 sora9n 27 October 2007 at 17:59

    *baru dateng*

    Hmm, coba jawabnya sepengalaman saya aja ya…

    1. Kalau saya menemui lagi kejadian macam virus sakti tadi, apa yang harus saya lakukan?

    Langkah pertama biasanya system restore; bisa diakses lewat Control Panel. Kalau itu udah diblok ya, terpaksa update antivirus/cari removal tool. Biasanya sih ada di internet kalau virusnya udah lumayan terkenal (e.g. mrcoolface, brontok, dsb). (CMIIW) (o_0)”\

    2. Adakah yang bisa membantu saya mereinkarnasi bergiga giga data saya yang sudah terformat bersama harddisk?

    Setahu saya sih memang ada beberapa program undelete, tapi saya lupa nama persisnya apa (nggak pernah make, soalnya😛 ).

    Tapi ada kelemahannya. Kalo datanya disimpan di partisi windows (misal: drive C:), biasanya file yang bisa dmunculin lagi itu bakal corrupt.

    *ceritanya panjang*

    3. Apa antivirus paling handal jika saya temui lagi kejadian yang sama. At least yang bisa memusnahkan tanpa saya harus berkata goodbye pada data data di harddisk saya?

    Kalo virus lokal (biasanya keliatan dari nama dan pesan2nya), saya rasa PCMAV cukup bagus. Saya sendiri pake Avira Antivir sampai sekarang, dan rasanya belum ada masalah yang berarti banget.😕

    4. Bagaimana menjaga keamanan komputer saya dari gangguan makhluk makhluk manis dan menyenangkan bernama virus tadi?

    Ada beberapa cara pencegahan buat virus yang lewat flashdisk. Pertama, bikin file kosong bernama autorun.inf di flashdisk tsb. File virus biasanya memakai file itu buat jalan otomatis, waktu flashdisk dipasang ke windows. sejauh ini belum ada yang bisa meng-overwrite-nya sih.

    Kedua, selalu search isi flashdisk sebelum dibuka pake explorer. Searchnya file2 *.inf, *.exe, *.bat, sama *.pif. Kalau ada file yang mencurigakan, mendingan delete langsung aja.😛

    Jangan lupa “include hidden files and folders” diaktifin pas melakukan search itu.😉

    Kalo buat virus yang dari e-mail, biasanya udah di-scan sama penyedia layanannya (e.g. Yahoo, GMail, dkk). Tapi mendingan hati-hati, jangan buka e-mail dari orang asing yang ada attachment-nya.

    5. Bagaimana cara manual untuk mengenali virus, lalu bagaimana cara menghajar mereka?

    Biasanya virus-virus ini pakai atribut hidden file buat menyembunyikan diri. Itu yang paling dasar sih; jadi kalo kita selalu “show hidden files” dan mendadak ada file yang mencurigakan, kemungkinan itu memang virus.

    Kalau menghajarnya, biasanya repot. Biasanya sih harus utak-atik registry dan sistem filenya Windows (saya sendiri juga belum nguasain dua bagian itu). Masih lebih mudah menjaga PC dari virus daripada mengobatinya sih, IMHO. (o_0)”\

    Tapi, yang paling penting selalu update antivirus. Biasanya setelah beberapa minggu/bulan sebuah virus udah ditemuin patch-nya; kalo udah ada ya tinggal pasang aja.🙂

    itu kalo program antivirusnya nggak ikut diblok lho ya

    ……

    Kurang lebih gitu sih. Mungkin ntar ditambahin lagi kalo ada yang kelupaan.😉

  21. 21 Fortynine 28 October 2007 at 22:45

    @sora9n: Terima kasih atas informasi anda.

  22. 22 caplang™ 29 October 2007 at 11:56

    pake sopwer task manager tambahan yg bisa jalan lewat DOS
    trus matiin bekgron yg mencurigakan

    mmm mbantu gak ya?🙄

  23. 23 Fortynine 29 October 2007 at 12:58

    @caplang™: Membantu kok mas. Sangat membantu. Terima kasih banyak atas informasi tambahan yang anda berikan

  24. 24 cK 29 October 2007 at 16:07

    saya bantu doa aja.:mrgreen:

  25. 25 muh andre raberta 4 November 2007 at 22:43

    pernah hilang juga? wah..

    gimana menurut kawan cara menempa diri yang paling baik, ah ga usah dipikirkan, thanks udah koment di tulisan ku, penggiat alam terbuka jika kita punya ketulusan saat bertindak, dalam kondisi terjepitpun alamlah yang menolong kita, aku percaya itu…

    salam lestari…

  26. 26 Fortynine 6 November 2007 at 17:04

    @muh andre raberta: Pernah juga tersesat. Tapi tidak selama yang anda alami. Salut buat anda. Salam Lestari!

  27. 27 vend 8 November 2007 at 18:31

    maaf waktu itu jawabnya telat..😕
    lelaki memang tidak diciptakan untuk multitasking:mrgreen:

    kalo aku, yang pake dual-booting ubuntu-XP, buat melindungi XP-ku, cukup pake free-AVG, dan rajin2 update..

    Alhamdulillah belum pernah kena virus aneh2 tu..
    brontox dari share2an aja ndak mempan:mrgreen:
    yang jelas, ati2 sama flashdisk dan jaringan..🙄

    sepanjang pengetahuanku (yang emang sempit), kalo udah diformat ya udah ndak bisa diapa2in lagi..

    btw, kalo pas scan virus ndak terdeteksi, coba scan di safe-mode🙂

  28. 28 t4kwin 20 February 2008 at 15:18

    Pertanyaanya

    1. Kalau saya menemui lagi kejadian macam virus sakti tadi, apa yang harus saya lakukan?
    2. Adakah yang bisa membantu saya mereinkarnasi bergiga giga data saya yang sudah terformat bersama harddisk?
    3. Apa antivirus paling handal jika saya temui lagi kejadian yang sama. At least yang bisa memusnahkan tanpa saya harus berkata goodbye pada data data di harddisk saya?
    4. Bagaimana menjaga keamanan komputer saya dari gangguan makhluk makhluk manis dan menyenangkan bernama virus tadi?
    5. Bagaimana cara manual untuk mengenali virus, lalu bagaimana cara menghajar mereka?

    jawaban

    1. Membantainya sampai abis
    2. Ada dan banyak apalagi bila anda menggunakan windows yah salah satunya tools “Get Data Back For FAT” anda cari sendiri y…
    3. Maaf kayanya g adah tuh malah kadang2 antivirus membawa virus itu sendiri n saya termasuk yang g mengandalkan antivirus bikin lama.
    4. Janagan ceroboh bila membuka files apabila dari warnet.
    5. coba anda kunjungi ke blog saya takwin.wordpress.com mudah2n cara ini bisa, tapi selama saya melakukan cara ini berhasil, kalau anda kuarang puas kirim email anda ke t4kwin@yahoo.com nanti saya kirimkan tools2 bantuan untuk mempermudah kalau saja cara manual anda gagal.

  29. 29 edy suharyanto 16 December 2009 at 23:08

    ah, mboh ju virus2. virus tak akan pernah musnah. ngerti rak?

  30. 30 edy suharyanto 16 December 2009 at 23:12

    mau kamu2 semua aku kirimin 2360 koleksi virus yang paling joss matikan hp jenis symbian dan computer kamu semua??????? dijamin gak sampe 1/2 menit semua akan rusak total… gimana…… mau…….


  1. 1 Ghillie Suits » Belum Ada Judul Trackback on 25 October 2007 at 16:02

Wanna leave your comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Monthly Archives

RSS Artikel Orang

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 219 other followers

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 219 other followers

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

::::::

blogarama - the blog directory

::::::

IP

::::::

 Subscribe in a reader


%d bloggers like this: